Inilah 10 Dessert Khas Hongaria yang Manis dan Lezat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Agustus 2021

Jika kamu selama ini lebih mengenal kue-kue dari negara-negara yang berada di Eropa Barat, seperti Prancis, Belanda, Belgia, Inggris, atau Swiss, waktunya untuk berkenalan dengan kuliner negara-negara Eropa Tengah. Negara-negara tersebut di dunia cukup terkenal karena memiliki makanan manis dan kue kering yang lezat. Salah satu negara dari Eropa Tengah ini adalah Hongaria.

Negara yang menjadi salah satu tuan rumah untuk Euro 2020 ini memiliki dessert yang mungkin tidak terlalu familier jika dibandingkan dengan makanan penutup dari Prancis. Namun negara ini mempunyai banyak makanan manis yang lezat yang dijual di kafe atau toko kue yang dikenal dengan istilah “cukrászda.” Berikut ini adalah beberapa pilihan dessert khas Hongaria terbaik.

1. Palacsinta

Palacsinta

Sudah familier dengan crepes dari Prancis? Nah, dessert khas Hongaria yang satu ini merupakan crepes versi Hongaria. Palacsinta dibuat dari adonan tepung, susu, dan telur dan dibuat di atas permukaan panas. Kue ini disantap dengan isian manis ataupun gurih. Walaupun crepes dikenal berasal dari Prancis, tapi orang Hongaria memiliki sentuhannya sendiri.

Pertama-tama dari cara penyajiannya. Palacsinta Hongaria tidak dilipat, tapi digulung dan biasanya diberi taburan gula bubuk. Kedua untuk isiannya, yaitu selain diisi dengan selai/confiture tradisional atau Nutella, orang Hongaria menggemari palacsinta yang diberi isian keju turo serta keju cottage yang lembut dan kering yan rasanya antara manis dan asam.

Isian tradisional lainnya yaitu kayu manis, ceri asam serta biji poppy. Salah satu jenis palacsinta yang khas yaitu Gundel palacsinta. Sajian ini terkenal dihidangkan oleh keluarga Gundel yang legendaris, yaitu palacsinta yang diisi dengan krim rum-walnut dengan ditambah tetesan saus cokelat di atasnya.

Sementara itu Hortobagyi palacsinta diberi isian dengan daging cincang dan sayuran serta disiram saus paprika yang kaya rasa. Palacsinta sangat mudah ditemui di mana saja di Hongaria. Saat ada festival atau parade, dessert khas Hongaria akan dengan mudah didapatkan.

2. Somlói galuska

Somlói galuska

Namanya jika diterjemahkan jadi dumpling somló. Dessert khas Hongaria yang klasik ini sebenarnya berupa trifle cake yang dibuat dari beberapa lapis sponge cake dan krim custard serta diberi taburan kismis yang sudah direndam dalam rum maupun anggur tokaji Aszú yang rasanya manis. Di atasnya akan diberi krim kocok.

Ditemukan pada 1950-an, somlói galuska pertama kali tercetus idenya oleh Károly Gollerits, yang kemudian menjadi kepala pelayan di restoran Gundel yang terkenal di Budapest, lalu dibuat jadi sajian oleh master pastry chef Gundel, József Béla Szőcs, yang kuenya jadi pemenang penghargaan pada Brussels Pameran Dunia di tahun 1958.

Dengan berjalannya waktu, walaupun kue ini sudah dibuat ulang dan dimodernisasi oleh banyak orang, dan beberapa tempat bahkan sudah membuat versi khas mereka sendiri, somlói galuska tetap jadi salah satu favorit sepanjang masa di Hongaria.

3. Dobos Cake

Dobos Cake

Toko penjual makanan manis di Hongaria sering jadi tempat pemberhentian selama tur jalan-jalan di Budapest. Toko-toko ini penuh dengan kue, kue kering serta muffin yang lezat. Umumnya makanan tersebut dibuat oleh confectioners Hongaria yang terkenal, seperti József Dobos, yang merupakan Bapak pembuat dobos cake yang terkenal.

Dia menjual kue buatannya di kota-kota terbesar di daerah Eropa pada abad ke-19. Kue ini memiliki resep yang unik karena mengandung mentega, tapi resepnya tersebut membuat kue buatannya tidak cepat asam seperti kue lainnya. Dessert ciptaannya adalah berupa kue buttercream rasa cokelat, dengan lapisan kue sponge dan di atasnya diberi karamel yang mengeras

Untuk mendapatkan lapisan karamel dengan konsistensi yang sempurna adalah sebuah tantangan tersendiri bahkan untuk pembuat roti yang berpengalaman sekalipun. Dobos cake yang ideal yaitu yang tidak terlalu lembut, tidak terlalu renyah maupun terlalu tipis. Kue itu harus meleleh begitu  masuk ke dalam mulut.

4. Zserbó

Zserbó

Dikenal juga dengan nama kue Gerbeaud Hongaria, dessert ini adalah salah satu yang paling terkenal di negara tersebut. Zserbó berupa kue lapis homemade dengan kenari dan diberi isi selai aprikot, lalu dilapisi dengan lapisan cokelat yang mengkilap.

Kue ini ini sering dibuat oleh keluarga-keluarga Hongaria untuk acara-acara perayaan, misalnya Natal dan Paskah. Namun kamu bisa mencicipinya di toko kue setiap saat sepanjang tahun. Makanan penutup diberi nama sesuai dengan penemunya, yaitu Emil Gerbeaud.

Dia adalah confectioner Prancis ternama yang tinggal dan bekerja di Hongaria juga pemilik dari Gerbeaud Café di Vörösmarty Square. Namun karena kepopuleran resep ciptaannya, maka ejaan namanya “Gerbeaud” akhirnya berubah jadi lebih Hongaria. Karena itulah mengapa sekarang ejaan namanya menjadi “Zserbó”.

5. Túrógombóc

Túrógombóc

Túrógombóc bisa di terjemahkan menjadi dumpling keju cottage. Dessert khas Hongaria ini merupakan dumpling keju cottage turo yang berbentuk bundar. Hidangan ini dimasak dalam air panas lalu dilapisi dengan remah roti panggang dan dihidangkan saat masih hangat dan lembut.

Rasa seperti vanila atau kulit lemon bisa ditambahkan pada campuran keju turo. Kemudian dicampur dengan putih telur dan kuning telur untuk membuat kue tersebut menjadi ringan dan mengembang. Kue ini tidak mengandung gula karenanya diberi taburan gula di atasnya.

Hidangan ini enak untuk dinikmati bersama dengan buah-buahan segar serta sesendok krim asam, yaitu bahan lain yang sangat disukai oleh orang Hongaria. Túrógombóc bisa dinikmati di restoran dan ukurannya bisa besar atau kecil. Terkadang diberi topping berbasis krim asam lainnya. Hidangan penutup ini sempurna untuk orang-orang yang suka dessert yang tidak terlalu manis.

6. Esterházy torta

Esterházy torta

Dessert khas Hongaria dekaden ini disebut sudah dibuat oleh confectioner dari Budapest pada abad ke-19. Makanan ini namanya diambil dari nama anggota dinasti Esterházy, Pangeran Paul III Anton Esterházy de Galántha. Dia seorang bangsawan dan diplomat dan juga pecinta makanan yang sangat terkenal.

Umumnya Esterházy torta terdiri dari beberapa lapis meringue almond serta buttercream vanila yang diberi cognac. Namun dalam versi modern, terkadang almond sering diganti dengan kenari maupun hazelnut. Esterházy torta diberi topping dengan icing fondant putih dan diberi hiasan cokelat dengan gaya jaring laba-laba atau chevron.

Sekarang kue ini tidak hanya menjadi salah satu makanan penutup paling terkenal di Hongaria, tapi juga di negara Austria dan beberapa negara Eropa Tengah lainnya.

7. Kürtős kalács

Kürtős kalács

Kürtős kalács tak hanya merupakan dessert khas Hongaria, tapi juga makanan penutup dari Transylvania dan Sekler. Kue ini berupa potongan panjang adonan manis yang dililitkan di batang berbentuk cerobong kemudian dipanggang di atas arang. Beberapa sumber mengatakan kalau asal mula makanan penutup inidari masa penaklukan Hongaria.

Dipercaya bahwa saat suku-suku Hongaria yang menyerang mengumpulkan tepung dan telur, mereka membuat adonan kemudian menggulungnya di atas tanduk yang mereka bawa dan memanggangnya di atas api.

Akan tetapi ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa kue cerobong diberi nama sesuai dengan pipa kompor tempat kue itu dibuat karena pipa itu disebut "kürtőcs" di Transylvania. Namun dari manapun asalnya, Kürtős kalács sekarang merupakan makanan kaki lima yang populer yang biasanya dijual pada festival dan pasar Natal.

8. Krémes

Krémes

Dessert ini merupakan versi Hongaria dari cremeschnitte yang populer dengan nama krémes, yang artinya krim. Kue ini menggabungkan dua lapisan puff pastry yang kemudian disatukan dengan krim pastry yang lembut yang jumlahnya banyak.

Walaupun resepnya sudah berubah menjadi modern, krim pastry krémes klasik tetap bentuknya harus ringan dan mengembang. Sementara bagian atasnya umumnya ditaburi gula tabur. Krémes adalah kelezatan dengan tekstur yang empuk yang pastinya disukai orang-orang penyuka makanan manis.

Meskipun asal usulnya masih bisa diperdebatkan. Beberapa sumber mengatakan bawa kue ini berasal dari kota Szeged, tapi orang Prancis mengklaim sudah membuat kue ini menjadi seperti sekarang. Krémes terkenal di Prancis dan makanan penutup serupa yang disebut 'franciakrémes' dibuat sebagai buktinya. Tak diragukan lagi ini adalah dessert yang lembut dan mengenyangkan.

9. Rákóczi túrós

Rákóczi túrós

Rákóczi túrós merupakan kue keju dadih dari Huongaria. Basisnya berupa kue shortcrust tipis yang dilapisi dengan keju cottage dan diberi rasa dengan kulit lemon, vanilla serta kismis. Kemudian di atasnya diberi merengue manis yang lembut.

Sesudah matang, kue ini dinginkan dan potong-potong, kemudian diberi topping selai aprikot. Terdapat kesalahpahaman umum yang beranggapan kalau dessert khas Hongaria ini namanya diambil dari nama pejuang kemerdekaan Hongaria, Ferenc Rákóczi II.

Sebenarnya kue keju cottage ini namanya diambil dari nama pâtissier kerajaan, yaitu János Rákóczi yang bekerja di restoran terbaik Eropa dan pada tahun 1958 menciptakan makanan penutup ini untuk World Expo di Brussels. Makanan penutup menjadi hit dengan cepat dan kue ini bisa ditemukan di hampir tiap toko kue di Houngaria.

10. Szilvásgombóc

Szilvásgombóc

Szilvásgombóc adalah makanan manis yang berasal dari Hongaria. Ini adalah dumpling yang dibuat dari kentang diisi dengan buah prem kemudian dicelupkan ke dalam gula kayu manis. Dumpling rebus ini lalu digulingkan dalam tepung panir goreng dan kemudian ditaburi gula halus.

Hidangan ini sangat terkenal di kalangan anak-anak bahkan ada sebuah lagu mengenai makanan ini. Lagu tersebut ditulis untuk “A padlás”, musikal Hongaria yang terkenal pada tahun 1988. Ada varian lain dari dumpling rebus ini dalam masakan Hongaria yang disebut Túrógombóc.

Túrógombóc berupa dumpling yang terbuat dari keju cottage yang dimaniskan, kemudian diberi lapisan dengan remah roti goreng dan diberi topping dengan krim asam dan gula bubuk.

Itulah 10 dessert khas Hongaria yang merupakan salah satu negara tuan rumah untuk Euro 2020. Mungkin nama-nama makanan penutup ini cukup asing di telinga tak seperti makanan dari negara Eropa lainnya tapi jangan diragukan kelezatannya.

Untuk penyuka makanan manis, sepertinya Hongaria bisa jadi negara tujuan wisata kuliner. Bagaimana? Tertarik untuk berburu makanan manis di Huongaria?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram