Keluyuran di Kawasan Braga Bandung yang Penuh Sejarah

Ditulis oleh Riastri Herliana

Braga merupakan jalan utama di Kota Bandung yang sudah dikenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Jalan Braga menjadi maskot dan ciri khas bagi Kota Bandung. Kawasan ini dikenal dengan julukan “Parijs van Java” yang berarti Paris-nya Jawa. Sepanjang Jalan Braga terdapat pertokoan dengan arsitektur kuno yang tetap dipertahankan sejak zaman Belanda.

Pada awal tahun 1900-an, Jalan Braga merupakan jalan kecil di sekitar pemukiman yang sunyi dan terkenal cukup rawan. Hingga akhirnya mulai muncul pengusaha dari Belanda mendirikan toko, bar, dan tempat hiburan di sekitar Jalan Braga. Kemudian di tahun 1920 – 1930 dibangun toko dan butik yang menjual pakaian yang berkiblat ke Kota Paris sebagai model pakaian di dunia.

Kawasan Braga sempat mengalami renovasi dengan tanpa mengubah bentuk aslinya, dimana bangunan-banguna kuno tetap berdiri. Sepanjang Jalan Braga menggunakan paving blok yang menguatkan jalan ini mirip seperti di Kota Paris. Sampai saat ini Jalan Braga tidak pernah sepi pengunjung baik pada hari biasa maupun hari libur, terlebih karena lokasinya berada di pusat kota Bandung.

Ketika wisata ke Bandung, kurang lengkap jika tidak mampir ke Kawasan Braga dan berfoto di daerah yang menjadi Parijs van Java ini. Simak artikel ini sebelum berkunjung ke Kawasan Braga, ya! Ada informasi tentang spot menarik hingga hotel di sekitar Braga. Berikut informasinya.

YouTube video

Spot Populer di Kawasan Braga

Jalan-jalan di Kawasan Braga, tak hanya bisa menyusuri Jalan Braga yang memiliki kesan unik dan nyaman saja. Kamu bisa foto-foto dengan latar bangunan kuno khas Eropa yang tertata cantik.

Di sini pengunjung bisa melihat bangunan megah sepanjang Jalan Braga yang bersejarah. Tak heran jika Braga menjadi salah satu tempat paling ramai dikunjungi di Bandung. Berikut ini spot yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Braga

Taman Braga terletak di ujung Jalan Braga, lokasinya di perempatan antara Jalan Braga dengan Jalan Naripan, tepat di samping Bank BJB Naripan. Taman Braga menjadi ikon bagi Kawasan Braga dengan adanya artwork bertuliskan “BRAGA” dan biasa menjadi spot foto menarik bagi setiap pengunjung yang datang.

Taman Braga bisa menjadi tempat untuk santai sambil menikmati lalu lintas di pusat Kota Bandung, dimana taman ini dilewati kendaraan yang hendak menuju Jalan Asia Afrika dan Alun-Alun Kota Bandung.

2. Pasar Antik Cikapundung

Senang mengoleksi barang-barang antik? Di Kawasan Braga, tepatnya di Pasar Cikapundung, Jalan ABC, terdapat pasar yang menjual barang-barang antik. Pasar Antik Cikapundung menyediakan radio zaman dulu, hiasan dinding, peralatan masak, peralatan makan, kamera antik, dan masih banyak lagi barang antik yang bisa kamu pilih.

Pasar Antik Cikapundung tepat dikunjungi oleh kolektor barang-barang antik karena barang yang dijual sangat lengkap. Masuk ke Pasar Antik Cikapundung mengajakmu masuk ke era zaman dulu yang belum modern seperti saat ini.


3. Braga City Walk

kawasan braga 9

Jalan-jalan di Kawasan Braga, kamu bisa lho ‘ngadem’ di Braga City Walk, satu-satunya mall di Jalan Braga. Braga City Walk menjadi salah satu tempat favorit untuk santai bagi pengunjung yang datang ke Kawasan Braga. Seperti halnya mall pada umumnya, Braga City Walk menjadi pusat perbelanjaan, hingga tempat menonton bioskop.

4. Gedung Gas Negara

Gedung Gas Negara merupakan salah satu gedung bersejarah di Jalan Braga yang bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Gedung Gas Negara saat ini bukan hanya menjadi tempat wisata sejarah, melainkan sudah menyediakan café & resto dengan konsep bangunan tidak mengalami perubahan. Jadi kamu bisa foto dan ngopi bergaya vintage.

5. Societit Concordia Bandung

Societit Concordia BandungSumber: eaerc.com

Societit Concordia Bandung merupakan gedung bersejarah yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda, tahun 1895. Pada tahun 1946 – 1950 yaitu saat Periode Negara Pasundan, gedung ini dijadikan sebagai Gedung Pertemuan Umum, dan pada tahun 1954 menjadi tempat Konferensi Asia Afrika.

Societit Concordia Bandung kini menjadi salah satu bangunan bersejarah dimana kamu bisa mempelajari sejarah Kota Bandung, dan saat ini lebih dikenal dengan nama Gedung Merdeka. Gedung ini mulai ditetapkan sebagai penyelenggaraan peringatan ke-25 Konferensi Asia Afrika pada tahun 1980.

6. De Majestic

De Majestic merupakan bioskop pertama di Kota Bandung yang dibangun pada masa pemerintaha Hindia Belanda. De Majestic dibangun dengan gaya art deco yang pada tahun 1920-an menjadi tren arsitektur. Awal mulanya, De Majestic diberi nama Concordia Bioscoop, hingga akhirnya diubah menjadi nama yang saat ini dikenal adalah De Majestic.

De Majestic sebagai bioskop pertama di Kota Bandung, menjadi saksi keberhasilan film Loetoeng Kasaroeng yang merupakan film Indonesia pertama, dirilis pada tahun 1926. De Majestic sempat dijadikan sebagai Asia Africa Cultural Centre (AACC) pada tahun 2002, dan saat ini difungsikan sebagai gedung pertunjukan.

7. Gedung Bersejarah dan Spot Lainnya

Selain keenam spot di atas, masih ada salah satu gedung bersejarah di Braga, yakni Gedung Lembaga Kantor Berita Antara. Gedung ini dirancang oleh AF Albers dan dibangun di tahun 1930-an silam. Dulu, gedung ini dipakai untuk Kantor Bala Keselamatan. Kini, sebagian dari bangunannya masih digunakan sebagai Kantor LKBN Antara Biro Jawa Barat.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram