Taman Film, Taman Tematik di Bandung untuk Pencinta Film

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung punya beragam taman tematik yang menarik. Satu di antaranya yang layak dikunjungi adalah Taman Film. Taman yang diresmikan pada 15 September 2014 ini memiliki konsep perpaduan taman terbuka dan bioskop. Taman ini sekarang masih dikelola Dinas Pertamanan Kota Bandung bersama Komunitas Film Bandung.

Taman ini disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Tak seperti taman lainya, pembangunan taman ini tidak memakai APBD sama sekali. Tetapi, memakai dana CSR dari beberapa perusahaan.

Adapun total dana yang dipakai buat membangun taman ini adalah Rp. 1,1 miliar. Desain yang ada taman ini dibuat oleh salah satu perusahaan konsultan arsitek di Jakarta. Penasaran bagaimana sih Taman Film Bandung itu? Simak ulasannya berikut ini!

Aktivitas yang bisa Dilakukan di Taman Film

Aktivitas yang bisa Dilakukan di Taman Film

* sumber: tempatwisatadibandung.info

Saat di Taman Film nanti, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru yang pasti nggak akan kamu dapat di tempat lain. Dua di antaranya adalah:

1. Menonton Film dan Pertandingan Sepakbola

Yang namanya Taman Film pasti menyajikan film-film layak tonton. Dan kegiatan wisata yang harus dilakukan di sana tentu menonton film. Beragam film tersaji di taman ini. Mulai dari film lokal, Hollywood, Bollywood, K-Film, hingga film independen Bandung. Film-film itu nantinya ditayangkan di sebuah layar Videotron berukuran besar.

Sayangnya, kegiatan ini tidak bisa dilakukan tiap waktu. Kamu hanya bisa menonton film-film di taman ini di waktu-waktu tertentu saja. Untuk waktu penayangan film, akan kami jelaskan di subjudul “Harga Tiket dan Jam Operasional”.

Selain film, taman ini juga lazim menayangkan pertandingan sepakbola. Khususnya, pertandingan Persib ataupun Timnas. Kalau kamu lagi cari tempat nobar yang pas, rasa-rasanya Taman Film bisa menjadi pilihan tepat.

2. Bersantai

Jika tidak sempat nonton film, bersantai adalah pilihan tepat selama di taman ini. Taman Film sendiri sudah dilengkapi fasilitas yang bikin momen bersantaimu terasa makin nikmat.

Dimulai dari tempat duduknya yang dilapisi rumput sintetis, hingga lampu-lampu neon yang begitu indah kala malam tiba. Untuk kedua fasilitas ini, akan kami bahas secara detail di subjudul “Fasilitas di Taman Film”.

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Film

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Film

* sumber: www.genpi.co

Taman Film tidak menerapkan harga tiket masuk. Jadi, kamu bisa datang ke taman ini tanpa perlu membayar tiket. Walau begitu, kamu harus tetap membawa sejumlah uang. Terutama, untuk membayar tiket ataupun jajan.

Untuk parkir, kamu mesti membayar Rp1.500 untuk motor, dan Rp3.000 buat parkir mobil. Taman Film bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam.

Walaupun bernama Taman Film, bukan berarti taman ini bakal menyiarkan film selama 24 jam. Taman Film hanya akan menayangkan film di jam-jam tertentu saja.

Adapun jam tayang tersebut adalah Senin s.d. Jumat pukul 18.30 – 21.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 17.00 – 22.00 WIB.

  • HTM : Gratis.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam.
  • Jam Penayangan Film : Senin s.d. Jumat pukul 18.00 – 21.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 17.00 – 22.00 WIB.

Fasilitas di Taman Film

Fasilitas di Taman Film

* sumber: belindomag.nl

Taman Film dilengkapi beberapa fasilitas menarik yang bikin pengunjung tertarik kesini dan nyaman berlama-lama nongkrong di sini. Berikut ini fasilitasnya:

1. Layar Videotron

Merupakan berukuran 4×8 yang menayangkan beragam macam film. Mulai dari film Indonesia, Korea, Hollywood, Bollywood, hingga film independen Bandung.

Layar ini dilengkapi dengan sound system dan listrik berdaya 33 ribu watt. Di waktu-waktu tertentu, layar ini juga lazim menanyangkan pertandingan sepakbola.

2. Tempat Duduk Lesehan

Merupakan tempat yang dialasi rumput sintetis, serta memakai konsep sengkedan a la petakan sawah. Hal itu membuat tempat duduk ini berbeda dengan tempat duduk di taman-taman lainnya.

3. Lampu Neon

Fasilitas lampu yang berwarna-warni dan terlihat cantik saat malam hari tiba. Di bagian bawah lampu ini, terdapat amphitheater yang dihiasi lampu selang. Saat malam tiba, amphitheater itu bakal membantu lampu terlihat lebih indah.

4. Fasilitas Lainnya

Masih ada beragam fasilitas lainnya. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah sinyal Wi-Fi yang bisa diakses secara gratis, MCK, dan tempat parkir.

Alamat dan Akses Transportasi Taman Film

Alamat dan Akses Transportasi Taman Film

* sumber: cakrawalatour.com

Taman Film berada persis di Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. Tepatnya, berada di bawah jembatan Pasupati. Kamu bisa ke taman ini dengan kendaraan apa pun. Entah kendaraan umum, maupun pribadi.

  • Kendaraan Umum

Taman Film lokasinya cukup strategis. Hal itu bikin taman ini bisa diakses dengan beragam kendaraan umum.

Ada banyak kendaraan umum yang bisa kamu kendarai untuk bisa sampai ke tempat ini. Bus Leuwipanjang – Dipatiukur, dan angkot Abdul Muis – Ledeng adalah dua di antaranya.

  • Kendaraan Pribadi

Taman Film bisa diakses dengan kendaraan pribadi apa pun. Entah itu motor maupun mobil.

Kalau mau kendaraan pribadi, ambilah rute Jalan Banda ataupun Jalan Layang. Dua rute itu bisa membantumu sampai di Taman Film dengan estimasi waktu sekitar 13 menit.

  • Alamat : Taman Film berada persis di Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116
  • Telepon : 085780800181.

Hotel Dekat Taman Film

Hotel Dekat Taman Film

* sumber: www.pikiran-rakyat.com

Bagi kamu yang ingin menginap sebelum atau setelah ke Taman Film, ada kabar baik untukmu. Saat ini, sudah ada beberapa hotel yang tidak jauh dari taman tematik ini.

Hotel-hotel itu adalah:

  • Vio Hotel Cihampelas, Jalan Cihampelas No. 108, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. 360 meter dari Taman Film.
  • Hotel Serela Cihampelas, Jalan Cihampelas No. 147, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40131. 630 meter dari Taman Film.
  • Ottenville Boutique Hotel, Jalan Dr. Otten No. 6, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171. 900 meter dari Taman Film.
  • Ivory Hotel Bandung, Jalan Bahureksa No. 3, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115. 990 meter dari Taman Film.

Tempat Wisata Sekitar Taman Film

Tempat Wisata Sekitar Taman Film

* sumber: ayobandung.com

Selain dekat dengan hotel, Taman Film juga dekat dengan tempat-tempat wisata lainnya. Siapa tahu mungkin kamu mau mengunjungi salah satu di antaranya, sebelum atau sesudah dari taman film nanti.

Tempat-tempat wisata itu adalah:

  • Taman Jomblo, Jalan Tamansari No. 66, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132. 4,7 km dari Taman Film
  • Taman Dago, Jalan Ir. H. Juanda No. 79, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132. 5 km dari Taman Film.
  • Balubur Town Square, Jalan Tamansari No.P-2, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. 4,6 km dari Taman Film.
  • Kebun Binatang Bandung, Jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat 40132. 3,2 km dari Taman Film.

Taman Film adalah salah satu taman tematik di Bandung. Di taman ini, kamu bisa menonton film-film menarik, atau sekadar bersantai ria.

Jangan ragu untuk menjadikan taman ini sebagai destinasi wisatamu nanti. Sekian artikel soal Taman Film ini.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi, bila nanti tertarik ke Taman Film. Bila ada rekomendasi tempat wisata yang ingin kami bahas, silakan beri tahu kami di kolom komentar artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *