12 Makanan Khas Korea Utara yang Enak dan Wajib Dicoba

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 29 Juli 2020

Bukan hanya makanan khas Korea Selatan saja yang menarik, ternyata, makanan khas dari 'negara tetangga', Korea Utara juga unik-unik. Bahkan terkadang tak kalah ekstrim. Nah, pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membahas mengenai makanan khas Korea Utara, spesial buat kamu.

Kira-kira, apa sajakah makanan khas dari negara yang saat ini dipimpin oleh presiden Kim Jong-Il tersebut? Berikut daftarnya!

1. Raengmyeon

Naengmyeon

* sumber: www.maangchi.com

Yang petama ada Raengmyeon. Kalau di Korea Selatan, makanan ini dikenal dengan nama Naengmyeon. Ramyeon atau Naengmyeon ini adalah hidangan mie dingin khas Korea Utara. Mie yang digunakan sebagai bahan utama hidangan ini sangat tipis dan terbuat dari soba atau gandum hitam.

Biasanya, Raengmyeon disajikan dengan ayam, bunga kol, lobak sampai timun dan telur. Hidangan unik ini juga diberi tambahan mustard, kecap dan cuka agar cita rasanya semakin mantap. Adakah di antara kamu yang sudah mencoba mie yang diberi julukan Pyeongyang Cold Noodle ini?

2. Injo Gogi Bab

Kacang kedelai

Ternyata, di tahun 90-an silam, Korea Utara pernah dilanda bencana kelaparan. Dan warganya berinisiatif untuk membuat daging artifisial yang terbuat dari minyak dan pasta kacang kedelai. 'Daging' tersebut kemudian digunakan untuk menggulung nasi. Kemudian, nasi gulung daging tadi diberi tambahan saus cabai.

Makanan khas ini diberi nama Injo Gogi Bab. Percaya atau tidak, kamu nggak bakal menemukan makanan ini di negara lain, bahkan di Korea Selatan. Ya, Injo Gogi Bab ini hanya bisa kamu temukan di negara asalnya, Korea Utara.

Di sana, Injo Gogi Bab ini masuk ke dalam deretan makanan paling favorit yang dijual dengan harga terjangkau. Kamu bisa menemukan makanan ini hampir di seluruh wilayah di Korea Utara. Tertarik untuk pergi ke sana dan mencicipi seporsi Injo Gogi Bab yang kabarnya nggak kalah enak dari daging asli ini?

3. Dan Gogiguk

dangogiguk makanan khas korea utara

* sumber: www.merdeka.com

Dan Gogiguk adalah sup berbahan utama daging anjing. Sup daging anjing ini dianggap bisa membantu meningkatkan vitalitas pria dewasa, Dan Gogiguk dimasak dengan cara direbus dengan bahan-bahan seperti gochujang atau pasta cabai korea, dwaenjang alias bubuk kedelai, daun bawang, bunga randa tapak (dandelion) dan juga daun perilla.

Nah, biasanya hidangan sup daging anjing ini dibubuhi bubuk mint Korea (Agastache Rugosa) sesaat sebelum disantap. Kabarnya, orang Korea sendiri sudah menyantap makanan berbahan daging anjing sejak zaman dahulu.

Selain di Korea Utara, makanan ini juga sebenarnya bisa ditemukan juga di Korea Selatan. Di Negeri Ginseng, sajian ini dikenal dengan nama Boshintang. Tidak semua orang Korea menyukai hidangan ini karena tergolong ekstrim.

4. Seafood khas Pesisir Korea Utara

Ikan Tuna dan Salmon

Kita semua tahu bahwa seafood merupakan makanan favorit hampir semua orang di seluruh dunia. Tak terkecuali orang Korea Utara. Di negara yang sangat tertutup ini, masyarakatnya gemar mengonsumsi seafood.

Seafood merupakan makanan pokok orang Korea Utara, terutama mereka yang tinggal di kota-kota yang berada di wilayah pesisir. Masyarakat di Korea Utara bukan hanya menikmati aneka hidangan seperti kerang BBQ yang sudah dimasak sebelumnya, tapi juga hidangan seafood mentah.

Aneka seafood yang menjadi makanan khas dan favorit dari pesisir Korea Utara adalah ikan kod, salmon mentah, ikan pollock Alaska dan gurita. Nah, kalau suatu hari nanti kamu berkunjung atau berlibur ke Korea Utara, jangan lupa mampir ke daerah-daerah pesisir untuk mencicipi lezatnya hidangan laut yang ada di sana.

5. Aneka Daging

bulgogi

 

Serupa dengan seafood, daging memang banyak dijumpai di mana saja. Karena itulah, daging memang tak bisa dibilang sebagai makanan khas Korea Utara juga, tetapi ada hal unik yang menyebabkan hidangan daging menjadi sangat khas dan spesial di sana.

Ya, warga Korea Utara hanya bisa mengonsumsi jatah makanan dari pemerintah yang berupa daging yang terdiri dari daging kelinci, kambing dan babi saat ulang tahun para pemimpin terdahulu, yakni Kim Jong-Il dan Kim Il-Sung. Jadi, konsumsi daging di Korea Utara tergolong langka.

Apalagi pemerintah Korea Utara melarang konsumsi daging sapi secara besar-besaran. Warga negara tersebut hanya diizinkan untuk mengonsumsi daging sapi dalam jumlah sedikit dengan intensitas yang tidak terlalu sering.

6. Sinseollo

sinseollo makanan khas korea utara

Selanjutnya, ada Sinseollo. Sinseollo sendiri termasuk hidangan mewah di Korea Utara. Sinseollo adalah hot pot yang berisikan aneka makanan seperti jamur, sayuran, bakso sampai jeonyueo atau perkedel ikan ala Korea yang dimasak dengan kaldu yang kaya rasa.

Hidangan ini berukuran cukup besar dan umumnya disantap beramai-ramai saat jam makan malam di kedai makanan. Selain makanan-makanan yang disebutkan di atas, Sinseollo biasanya juga diberi tambahan makanan lain seperti daging ikan, babi atau ayam.

7. Pansangi

pansangi

* sumber: www.youngpioneertours.com

Pansangi adalah hidangan makan siang khas Korea Utara, tepatnya dari wilayah Kaesong yang berada tak jauh dari Zona Demilitarisasi atau perbatasan wilayah antara Korea Utara dan Selatan. Hidangan ini juga termasuk hidangan mewah yang biasa disantap oleh royal family pada zaman Dinasti Goryeo.

Kini, hidangan yang satu ini bisa disantap oleh siapa saja. Pansangi sendiri terdiri dari mangkuk-mangkuk ukuran kecil berisi aneka hidangan seperti daging, tahu, kimchi sampai sayuran. Kabarnya, semakin banyak jumlah mangkuk silver yang dihidangkan di meja, maka semakin tinggi status sosial seseorang.

8. Kimchi

Kimchi

* sumber: www.platingsandpairings.com

Kalau Kimchi sih, memang sudah menjadi makanan pokok bagi warga Korea Selatan maupun Korea Utara. Biasanya, warga Korea Utara lebih sering menggunakan kol ketimbang lobak untuk bahan pembuatan kimchi.

Nah, bahan utamanya kemudian dicampur dengan cabai, bawang putih, jahe dan bawang merah. Sayuran yang difermentasi ini biasa disantap sebagai side dish saat makan. Berdasarkan penuturan dari koryogroup, Kimchi di Korea Selatan lebih pedas Ketimbang di Korea Utara.

9. Duck BBQ

duck bbq

*Sumber: https://youtu.be/98HwUdJNXqo sumber: www.youtube.com

Bukan hanya warga Korea Selatan saja yang suka barbecue-an, melainkan warga Korea Utara juga. Korean BBQ ini pun sangat amat populer di kalangan masyarakat dunia sebagai makanan khas Korea yang sangat enak.

Jika di Korea Selatan rata-rata warganya menggunakan daging sapi atau babi untuk BBQ, di Korea Utara malah daging bebek dan domba yang dijadikan bahan utamanya. Hayo, siapa yang mau mencoba BBQ ala Korea Utara?

10. Juk

maize porridge

Jika kita, orang Indonesia sering menikmati bubur yang terbuat dari nasi, orang Korea Utara senang mengonsumsi bubur jagung sebagai menu sarapan atau bahkan camilan. Bubur jagung ini rasanya sangat gurih, lho. Selain bubur jagung, orang Korea Utara juga gemar mengonsumsi telur rebus dan yoghurt saat sarapan.

11. Dubu Bab

Tofu-skin

Selain injo gogi bab, dubu bab juga merupakan makanan khas Korea Utara yang tercipta saat bencana kelaparan di tahun 1994-1998 melanda negara tersebut. Dubu sendiri berarti tahu dan bab adalah nasi.

Jadi, dubu bab ini adalah tahu (biasanya kulitnya) yang diisi dengan nasi putih dan diberi tambahan saus diatasnya. Sajian sederhana ini menjadi santapan favorit anak-anak di Korea Utara.

12. Air Koryeo Burger

air-koryo-burger

Jika mendengar kata burger, Anda pasti akan langsung teringat pada negara Barat seperti Amerika, tempat di mana makanan enak itu berasal. Namun, apa yang Anda pikirkan bila mendengar nama Air Koryeo Burger?

For your info, Air Koryeo Burger ini adalah hidangan dari maskapai Korea Utara, Air Koryeo yang sangat khas dan amat populer. Mengapa? Karena burger ini hanya terdiri dari daging yang tak terlihat seperti daging, keju yang telah diolah, selada dan saus. Terkadang, makanan yang menyerupai daging patty di dalam burger tersebut digantikan dengan tomat.

Makanan ini kabarnya kerap kali disajikan dalam kondisi dingin dan rasanya tak seperti burger pada umumnya. Air Koryeo Burger ini mendapat gelar makanan pesawat terburuk yang pernah ada. Hmmm... kira-kira, gimana rasanya, ya? Apakah benar-benar tidak enak seperti yang dikatakan banyak orang?

Nah, itulah daftar 12 makanan khas Korea Utara yang harus kamu ketahui. Dari semua makanan yang masuk dalam daftar, adakah salah satu yang ingin kamu coba cicipi?

Oh ya, kalau kamu punya informasi mengenai makanan khas Korea Utara lainnya, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar. Tapi, kalau Anda ingin tahu banyak soal Korea Utara, sebaiknya baca juga artikel 10 Fakta Korea Utara ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram