Inilah 10 Pantai di Malang yang Wajib Banget Dikunjungi!

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak pulau. Dengan begitu, maka tak heran kalau Indonesia juga memiliki banyak pantai di penjuru pulau, mulai dari sabang hingga marauke. Salah satunya adalah pantai yang berada di Kota Malang.

Ketika kamu mengunjungi daerah Jawa Timur, salah satu tujuan untuk berwisata tentunya di Kota Malang. Kota ini memiliki banyak tempat wisata liburan, yang paling terkenal adalah Jatim Park dan Museum Angkut. Tidak hanya itu, Malang juga mempunyai banyak pantai yang tak kalah pesonanya dari Bali atau Raja Ampat.

Pantai-pantai di Malang ternyata mempunyai pesona kekayaan alam yang wajib kamu kunjungi. Kira-kira pantai apa saja? Mari simak ulasannya berikut ini!

1. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep

Ingin menikmati pantai dengan banyak batu karang seperti di Raja Ampat? Nampaknya kamu wajib mengunjungi Pantai Ngliyep. Pantai ini berada di Desa Kedungsalam, Donomuyo, sekitar 62 km dari pusat Kota Malang.

Selain mempunyai batu karang, Pantai Ngliyep juga mempunyai tebing-tebing curam serta hutan tropis yang cukup rimbun. Untuk menikmati pantai yang lebih indah kamu bisa melihatnya dari atas tebing. Panorama alamnya pun akan menyuguhkan lautan yang berwarna biru dan pasir pantai yang bersih.

  • Alamat: Desa, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp15.000

2. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati

* sumber: www.manusialembah.com

Dalam bahasa Jawa, bajul memiliki arti kata buaya. Dilihat dari segi sejarah, pantai ini pertama kali ditemukan karena ada buaya mati di pantai ini. Maka dari itulah pantai ini dinamakan Bajul Mati.

Pantai Bajul Mati ini juga memiliki karang yang indah dan pasir pantai yang bersih. Pantai yang berada di Desa Gajahrejo tidak hanya menyuguhkan ombak laut saja, tapi juga beberapa wisata lainnya. Seperti Jembatan Bajul Mati, Legenda Bajul Mati, hingga karang yang berbentuk buaya.

  • Alamat: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Malang
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000

3. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina

Tidak jauh dari Pantai Bajul Mati, kamu bisa menemukan Pantai Goa Cina. Panorama di pantai ini tentu tak kalah menarik dari Pantai Bajul Mati. Pantai Goa Cina ini memiliki tiga pulau karang di pesisir pantai, yang bernama Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

Pantai Goa Cina masuk ke dalam gugus Pantai Selatan, artinya mempunyai arus laut yang cukup deres. Akan tetapi, hal tersebut memberikan keunikan untuk Pantai Goa Cina sendiri. Contohnya, Pantai Goa Cina ini mempunyai arus laut dari tiga arah, timur, selatan, juga barat yang saling bertabrakan di antara ketiga pulau karang tadi.

  • Alamat: Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Malang
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000

4. Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter

* sumber: www.reresepan.com

Selanjutnya ada Pantai Watu Leter yang mempunyai batuan karang dan pesisir pasir yang lembut. Mempunyai panorama yang asri, Pantai Watu Leter ini juga dipergunakan untuk budidaya penyu abu-abu. Tentunya selain menikmati keindahan pantai, kamu bisa melihat lebih dekat habitat dari penyu abu-abu ini.

Di Pantai Watu Leter ini juga memiliki Hutan Bakau yang bisa dinikmai menggunakan perahu. Selain itu, kamu juga bisa merasakan suasana malam hari di pantai ini dengan berkemah. Apakah kamu yakin akan melewatkan Pantai Watu Leter ini?

  • Alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000

5. Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono

Mungkin sudah biasa jika ke pantai untuk berenang atau menikmati senja. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika ke pantai tapi untuk memancing? Nah, kamu bisa menemukan hal tersebut di Pantai Lenggoksono.

Dengan kekayaan alam yang melimpah, Pantai Lenggoksono menjadi salah satu pantai yang bisa dinikmati sambil memancing. Pantai yang kaya akan keindahan alam ini juga menjadi tempat habibat dari lobster mutiara, lobster pasir, dan lobster batu.

Tak hanya itu, Pantai Lenggoksono juga mempunyai ombak yang tinggi sehingga cocok digunakan untuk berselancar. Kamu juga bisa melakukan snorkeling dan menikmati air terjun yang jatuh ke laut. Seru banget kan?

  • Alamat: Puwordadi, Tirto Yudo, Purwodadi Kidul, Malang
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000

6. Pantai Mbehi

Pantai Mbehi

* sumber: destinasi.id

Selanjutnya ada Pantai Mbehi yang mempunyai suasana alam cukup tenang dan air laur yang jernih. Hal ini dikarenakan Pantai Mbehi berada di balik hutan lindung yang tentunya juga akan menjaga keasrian dari pantai ini.

Selain mempunyai pasir dan air laut yang bersih, Pantai Mbehi juga mempunyai Teluk Bidadari. Jaraknya pun hanya cukup jalan kaki sekitar 15 menit saja. Air di Teluk Bidadari ini mempunyai gradasi warna biru kehijauan. Bahkan, teluk ini kerap dibilang mirip dengan Angle’s Billabong Bali.

  • Alamat: Sumber Rejo, Bandungrejo, Bantur, Malang
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp100.000 maksimal untuk 10 orang

7. Pantai Kondang Buntung

Pantai Kondang Buntung

* sumber: blogkulo.com

Bagaimana jadinya jika mengelilingi hutan bakau di pantai? Nampaknya kamu bisa merasakan hal tersebut ketika mengunjungi Pantai Kondang Buntung. Hutan rimbun dan mangrove tropis menjadi pelengkap keindahan Pantai Kondang Buntung.

Nah, kamu cukup menyewa kano dengan harga Rp25.000 untuk menyelusuri hutan bakau di area Pantai Kondang buntung. Selain itu, kamu tetap bisa menikmati hutan bakau dengan berjalan kaki karena sudah ada jalan setapak yang disediakan. Kalau kamu pilih yang mana untuk menikmati hutan bakau dan pantai sekaligus?

  • Alamat: Desa Tembakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Malang
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000

8. Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok

* sumber: www.idntimes.com

Pantai Banyu Anjlok menjadi salah satu tempat bertemunya air tawar dan asin. Kamu bisa merasakan hal tersebut dengan air terjun yang langsung bertemu dengan ombak pantai. Kamu akan mempunyai pengalaman berbeda ketika mengunjungi Pantai Banyu Anjlok ini. Kamu bisa bermain air dengan nyaman sambil menikmati keindahan lautan lepas!

  • Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp10.000

9. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

* sumber: www.superadventure.co.id

Menikmati lautan dengan warna biru bersih sudah biasa, bagaimana dengan tiga warna sekaligus? Kamu bisa menemukan hal tersebut di Pantai Tiga Warna ini. Ya, pantai ini memiliki 3 warna, yaitu merah, hijau, dan biru.

Tentu dengan keindahan alamnya membuat Pantai Tiga Warna mempunyai hal unik sendiri. Lautnya jernih dan ombak yang tenang pun bisa bikin kamu semakin seru bermain di Pantai Tiga Warna.

  • Alamat: Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp10.000

10. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang mempunyai nuansa alam dan ketenangan yang sangat menyegukan. Pasirnya yang putih dan ombak yang sedang membuat Pantai Balekambang bersahabat dengan para wisatawan. Selain itu, pantai ini juga kerap dikenal sebagai Tanah Lot Bali. Apakah kamu juga menyadarinya?

  • Alamat: Jalan Balekambang, Srigonco, Kec. Bantur, Malang
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000

Nah, itulah pantai-pantai yang berada di Malang yang bagus untuk kamu kunjungi. Punya kekayaan alam yang berlimpah menjadikan Pantai Malang sebagai surga dunia ya! Kalau kamu punya rekomendasi tempat wisata menarik yang mesti dikunjungi di Malang, tulis di kolom komentar bawah ini ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *