Yuk, Kunjungi 10 Pantai Terindah di Jawa Tengah Ini!

Ditulis oleh Riastri Herliana

Satu lagi pantai eksotis di Kebumen. Pantai Pecaron masih masuk ke dalam wilayah kecamatan Ayah. Pantai dengan nuansa perbukitan alami yang mengelilingi area pantai memberikan suasana sejuk dipandang mata. Selain itu, di pinggir pantainya terdapat pepohonan yang bisa kamu gunakan untuk berteduh.

Perjalanan dari Kota Kebumen ke Pantai Pecaron cukup jauh. Kamu perlu menempuh 40 km menggunakan kendaraan bermotor. Sesampainya di Pantai Pecaron, kamu bisa bersantai di bawah pepohonan rindang tepi pantai, atau berfoto di sisi timur pantai yang terdapat tebing besar. Unik dan sangat menarik!

  • Alamat : Hutan, Srati, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.500/orang

7. Pulau Cilik

Pulau Cilik

* sumber: panduanwisata.id

Sudah pernah menjelajah Karimun Jawa? Pulau yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang cantik nan eksotis, mampu membuat siapa saja yang datang merasa betak dan ingin kembali ke sini. Salah satu pulau yang eksotis di Karimun Jawa adalah Pulau Cilik. Sesuai dengan namanya, pulau ini berukuran kecil, luasnya hanya sekitar 2 hektar saja.

Pulau Cilik bisa kamu akses menggunakan speed boat dari dermaga Karimun Jawa dengan waktu tempuh antara 60 – 90 menit. Sesampainya di sini, kamu akan disambut dengan pulau yang sepi dan tak berpenghuni. Buat kamu yang suka dengan aktivitas bawah laut, jangan lewatkan untuk snorkeling hingga freediving di sini. Serasa pulau milik sendiri!

  • Alamat : Kemujan, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Penyeberangan : Rp28.500 – Rp70.000/orang

8. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

* sumber: piknikasik.com

Jepara tidak hanya memiliki pulau-pulau nan eksotis juga, namun memiliki pantai-pantai di sekitar kota yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang populer di Jepara adalah Pantai Bandengan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari dalam dan luar kota Jepara, terutama pada libur akhir pekan.

Pantai Bandengan memiliki pasir putih dengan garis pantai yang panjang dan luas. Di sini pengunjung bisa mencoba water sport, berenang, hingga bermain voli. Pada waktu tertentu, Pantai Bandengan digunakan sebagai tempat diselenggarakannya event festival rutinan yang diadakan setiap tahun. Menyaksikan festivalnya, akan menambah keseruan liburanmu!

  • Alamat : Bandengan, Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

9. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

* sumber: rubrikwisata.com

Jika mendengar kata Nusa Kambangan, apa yang ada di pikiranmu? Pulau yang dijadikan sebagai Lembaga Pemasyarakatan paling mengerikan. Namun, disamping itu, Nusa Kambangan menyimpan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi lho. Keindahan pantainya tak kalah dengan pantai lainnya di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Salah satu pantai yang cantik di Nusa Kambangan adalah Pantai Karang Pandan. Menuju ke sini, kamu perlu menyeberang selama 10 menit. Lalu setelah itu, kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit untuk sampai di pantai, atau menggunakan odong-odong/kendaraan tradisional. Perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan cantiknya Pantai Karang Pandan.

  • Alamat : Tambakreja, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

10. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono

* sumber: www.altundo.com

Satu lagi pantai eksotis di Wonogiri. Pantai Pringjono masih satu kawasan dengan Pantai Nampu. Bisa dijadikan sebagai alternatif bila ingin liburan ke pantai yang lebih sepi. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu perlu memarkirkan kendaraan di Pantai Nampu, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 5 menit.

Berbeda dengan Pantai Nampu, Pantai Pringjono belum dilengkapi dengan fasilitas wisata. Bahkan, karena letaknya yang tersembunyi, pantai ini masih belum banyak diketahui orang. Pantai Pringjono yang berukuran kecil dan masih sepi ini cocok dikunjungi untuk kamu yang tidak suka tempat ramai. Jika Pantai Nampu terlalu ramai, pantai ini bisa dijadikan alternatif.


  • Alamat : Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Demikian informasi tentang 10 pantai terindah di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburanmu. Jadi, liburan kali ini mau keluyuran ke pantai mana?

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram