Yuk, Cobain Kuliner Surabaya "Rawon Setan Embong Malang"

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 12 April 2020

Jalan-jalan ke kota Surabaya rasanya kurang lengkap kalau ngga sekalian icip-icip kuliner khas kota atlas ini. Ya, traveling dan kuliner memang satu paket yang tidak bisa dipisahkan, bukan?

Selain dikenal karena memiliki tata kota yang rapi dan teratur, ternyata Surabaya juga memiliki ragam kuliner lezat yang siap memanjakan lidah, mulai dari nasi pecel, sate kelapa, lontong balap, hingga yang paling terkenal dan banyak dicari yaitu rawon.

Nah, ngomong-ngomong soal rawon, di Surabaya sendiri ada satu tempat makan rawon yang paling terkenal dan selalu ramai pengunjung. Nama tempatnya adalah Rawon Setan.

Kenapa bisa dinamakan Rawon Setan? Apa karena rasanya yang super pedas? Ternyata bukan. Konon katanya, pada awal mula berjualan, tempat makan rawon ini hanya buka pada malam hingga dini hari dimana pada jam tersebut adalah waktu “para setan” berkeliaran.

Namun, karena semakin hari peminat rawon setan semakin ramai. Akhirnya Rawon setan ini pun merubah jam operasionalnya dan mulai berjualan dari pagi hingga malam hari. Lucu, ya?

Nah, karena penasaran, akhirnya tim Keluyuran pun datang dan mencicipi langsung kelezatan si kuah hitam khas Jawa Timur yang tersohor ini. Kamu juga penasaran? Yuk simak ulasan lengkap tim Keluyuran tentang Rawon Setan berikut ini.

Menu dan Harga Rawon Setan Embong Malang

Rawon Setan Embong Malang

Menu di warung makan Rawon Setan Embong Malang ini sebenarnya tidak hanya ada nasi rawon saja, tetapi ada juga nasi osek, nasi campur, nasi campur dan nasi bali daging. Namun, sesuai namanya, menu utama dari rawon setan ini tentu adalah rawon daging yang disajikan bersama nasi putih.

Nah, untuk cara penyajian nasi rawon di sini ada dua pilihan, yaitu dipisah atau dicampur. Tim Keluyuran pun mencoba keduanya untuk sekalian cari tahu, apa sih perbedaan si rawon yang dipisah dan dicampur. Dan akhirnya terjawab sudah. Letak perbedaannya ada pada porsi dan harganya.

Rawon Setan Embong Malang

Untuk harga satu porsi rawon campur adalah Rp 30 ribu saja. Sedangkan rawon pisah dibanderol sedikit lebih mahal yaitu Rp 40 ribu rupiah karena memang porsi rawonnya lebih banyak, terutama potongan dagingnya yang besar-besar.

Untuk kamu yang ingin puas menikmati empuknya daging rawon, tim keluyuran sarankan untuk membeli rawon pisah, meskipun yang porsi campur sudah pas dan bikin kenyang lho. Jangan lupa tambahkan perasan air jeruk nipis dan sambal, agar rasanya semakin segar dan mantap. Hmmm, jadi bikin ngiler!

Rawon Setan Embong Malang

Oh ya, sebagai pelengkap nasi rawon, di sini juga disediakan berbagai topping tambahan supaya hidangan rawon setan menjadi lebih spesial. Nanti, pelayan akan ikut serta menyajikan sepiring hidangan tambahan seperti telor asin, tahu tempe, sate-satean yaitu sate usus, sate kerang, dan sate telur puyuh, ditambah lagi ada paru, empal, dan juga tidak lupa ada beberapa jenis kerupuk yang sudah stand by di setiap meja.

Beralih ke minuman, biasanya sih nasi rawon ini paling cocok dengan teh tawar hangat. Tapi buat kamu yang memang doyan minuman dingin, di sini juga menyediakan minuman lain seperti es jeruk, es degan, es blewah, es beras kencur, es sinom, es kolang kaling, kopi dan yang selalu pasti ada adalah es teh manis. Wah, banyak juga ya pilihannya!

Tapi sayangnya, karena tim Keluyuran datang jam 10 malam, jadi minuman yang paling pas memang teh tawar hangat. Selain itu, harga teh tawar hangat juga yang paling murah, yaitu Rp 3 ribu saja.

Dari segi harga dan cita rasa yang diberikan Rawon Setan Embong Malang ini, harga yang ditawarkan sudah sangat worthed sekali. Bagaimana tidak? Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 50 ribuan saja untuk dapat menikmati rawon daging yang enak ini. Atau siapkan pecahan uang Rp 100 ribu jika ingin mencicipi dan menambahkan banyak topping.

Tempat dan Suasana

Rawon Setan Embong Malang

Rawon Setan Embong Malang ini merupakan warung makan yang tempatnya masih sangat sederhana. Berbentuk rumah, tidak begitu luas dan penuh diisi oleh meja dan kursi.

Bisa dibilang tempat makan ini memang hanya untuk makan saja, lalu pulang. Karena jika kamu ngobrol atau nongkrong berlama-lama di sini akan terasa risih karena pengunjung tidak berhenti berdatangan dan kursi kosong selalu jadi rebutan.

Jadi jangan berharap bisa kongkow cantik atau mencari spot instagramable dengan dekorasi kekinian yang warna-warni, karena bukan di sini tempatnya.

Rawon Setan Embong Malang

Tempat makannya sendiri ada yang berada di dalam, dan ada juga yang berada di teras luar. Baik di dalam maupun di luar, keduanya sama-sama cepat sekali terisi. Wah, kebayang kan bagaimana larisnya rawon ini?

Oh ya, ada satu spot menarik di warung makan ini. Di sepanjang dinding rumah makan ini dipasang foto-foto orang terkenal yang pernah berkunjung ke Rawon Setan, mulai dari artis, pejabat, hingga pemain bola nasional. Melihat-lihat jajaran foto ini cukup menarik sambil menunggu hidangan rawon datang.

Biasanya warung makan ini memang paling ramai di malam hari, karena mengingat cuaca di Surabaya yang lumayan panas, jadi orang-orang lebih senang keluar rumah di malam hari. Apalagi di tempat makan ini tidak menggunakan AC, tapi hanya kipas angin saja.

Dan jika sedang ramai, kamu yang membawa kendaraan pribadi apalagi mobil mungkin akan sedikit kesulitan mencari tempat parkir. Tapi tenang, karena sebelah kanan kiri Rawon Setan adalah warung makan juga, jadi selalu ada tukang parkir yang siap mengarahkan kendaraan kamu.

Lokasi Rawon Setan Embong Malang

Rawon Setan Embong Malang

Beruntungnya, lokasi Rawon Setan Embong malang ini berada di tengah kota Surabaya sehingga mudah dijangkau. Dan bagi kamu yang baru pertama kali ke Surabaya pun pasti dapat dengan mudah menemukan warung makan ini.

Berada di pinggir jalan utama, patokan untuk menuju tempat ini adalah di sebrang Hotel JW Marriot tidak jauh dari Tunjungan Plaza Mall 6. Habis jalan-jalan dan belanja keliling mall, asyik juga kalau makannya di Rawon Setan Embong Malang ini.

Oh ya, di sekitaran Rawon Setan juga terdapat beberapa tempat makan lainnya yang juga lumayan ramai. Jadi dari luar kejauhan kamu sudah bisa melihat keramaian pengunjung.

  • Lokasi : Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60261
  • Jam Operasional : 10.00 pagi sampai dengan 11 malam
  • Telepon: 0851-0098-3811

Dan kalau kamu malas untuk datang langsung tapi ingin mencicipi rawon setan ini, kamu bisa membelinya dengan cara pesan online di aplikasi gojek ataupun grab. Mudah, bukan?

Nah, itulah review Rawon Setan Embong Malang ala Keluyuran. Bagi kamu yang sedang mampir atau liburan di kota Surabaya, wajib datang dan mencoba masakan khas Jawa Timur ini ya! Jika kamu juga mempunyai pengalaman makan rawon enak di tempat lainnya di Surabaya, boleh bagikan di kolom komentar di bawah ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram