Keluyuran / Kuliner Korea / 9 Restoran Indonesia di Korea yang Punya Cita Rasa Lokal

9 Restoran Indonesia di Korea yang Punya Cita Rasa Lokal

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Korea memang punya tempat makan yang menyajikan masakan khas di sana. Namun, kadang kala tak semua masakan yang mereka sajikan sesuai dengan lidah kita dan itu membuat kita kangen masakan Indonesia dengan sendirinya.

Kalau kamu kebetulan di Korea dan kangen masakan Indonesia, kamu berada di artikel yang tepat. Di sini, kamu akan mendapatkan sejumlah rekomendasi restoran Indonesia di Korea. Jadi, kalau kamu ke Korea, tinggal datang aja deh ke restoran-restoran berikut ini.

9 Tempat Makan Indonesia di Korea

1. Warung Pojok

Warung Pojok

* sumber: alowisata.com

Ini adalah rekomendasi pertama restoran Indonesia di Korea. Pelbagai menu khas Indonesia tersaji di sini, mulai dari pecel, lele goreng, hingga sambal goreng telur. Menariknya, restoran satu ini tidak dirintis oleh orang Indonesia asli, melainkan oleh wanita Korea yang sempat lama tinggal di Indonesia. Restoran ini bisa kamu temui di kawasan Gimhae, Korea Selatan.

2. Warung Barokah

Warung Barokah

* sumber: brilicious.brilio.net

Kalau tempat makan satu ini letaknya persis di daerah Ansan, Korea Selatan. Bisa dibilang kalau Ansan merupakan daerah bagi para pendatang (termasuk dari Indonesia) selain daerah Gimhae. Warung Barokah sendiri menyediakan banyak masakan khas Indonesia yang enak dan murah harganya. Dan kabar baiknya, semua makanan di sini juga halal, lho. Jadi, buat kamu yang ingin menyantap makanan halal dan khas Indonesia, silakan datang saja ke restoran satu ini.

3. Warung Mbok Mumun

Warung Mbok Mumun

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Selain Warung Pojok, masih ada restoran Indonesia lainnya yang ada di Bunseong-ro 335beon-gil, Dongsang-dong, Gimhae, Gyeongsangnam-do, South Korea, adapun restoran tersebut adalah Warung Mbok Mumun. Di sini, kamu bisa menyicipi pelbagai masakan dan minuman khas Indonesia, seperti bakso, nasi goreng, gurame bakar, dawet, susu jahe, dsb.

4. Siti Sarah

Siti Sarah

* sumber: www.kholic.id

Kalau kamu lagi di Seoul dan ingin menyantap makanan Indonesia, maka Siti Sarah adalah restoran yang harus kamu kunjungi. Pelbagai menu khas Indonesia tersaji di sini. Tak hanya itu, menu-menu dari Melayu dan Tanah Arab pun juga ada di sini. Wah, variatif banget ya menunya?

Oh ya, pemilik restoran ini ternyata orang Indonesia tulen, lho. Jadi, kamu nggak usah sungkan-sungkan deh untuk makan sambil silaturahmi dengan pemiliknya. Adapun alamat lengkap restoran ini adalah di Seoul-si Youngsan-gu Itaewon-dong 137-48.

5. Bali Bistro

Bali Bistro

* sumber: www.idntimes.com

Masih di kota Seoul, ada satu restoran Indonesia lainnya yang wajib kamu kunjungi. Restoran tersebut tak lain adalah Bali Bistro. Berbagai menu khas Indonesia dan bahkan Asia bisa kamu rasakan di sini. Adapun menu-menu  yang menjadi gacoan di sini adalah mie goreng dan nasi gorengnya yang lezat.

Kedua menu ini begitu diandalkan dan menjadi favorit, lantaran rasanya yang lezat dan Indonesia banget. Hal ini tergolong wajar, mengingat bahan-bahan dari kedua masakan tersebut asli dari bahan-bahan yang diimpor dari Indonesia.

Selain rasa makanannya yang Indonesia banget, interior di restoran ini juga kaya akan nuansa khas Indonesia. Ini terbukti dengan banyaknya pernak-pernik khas Indonesia, serta lukisan-lukisan bergambar suasana Nusantara yang tersebar di seantero area dalam restoran.

Lokasinya sendiri cukup strategis. Restoran ini dekat sekali dengan sejumlah kampus top di Korea Selatan. Maka tak heran, bila restoran di sini juga sering disambangi sejumlah mahasiswa, selain oleh wisatawan Indonesia tentunya. Silakan datang ke kawasan Sinchon, Nogosan-dong, Mapo-gu, Seoul 121-806, bila ingin bersantap ria di restoran tersebut.

6. Warung Kita

Warung Kita

* sumber: www.trazy.com

Sama seperti Warung Barokah, restoran satu ini juga letaknya ada di daerah Ansan. Tepatnya, di kawasan Gyeonggi-do, Ansan-si, Danwon-gu Wongokdong 746-18. Nasi goreng, soto ayam, dan rawon adalah beberapa menu andalan di sini. Semua menu tersebut tergolong murah harganya. Jadi, kamu pun bisa bersantap ria di sini, tanpa takut dompetmu jebol.

Sama seperti beberapa restoran Indonesia di Korea lainnya, restoran ini juga punya interior khas Indonesia di dalamnya. Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya sejumlah ornamen wayang di dalam ruangan restoran ini.

Ada satu hal yang unik serta khas dari restoran ini, yakni dari penyajian menunya. Jadi, kalau kamu makan makanan khas Indonesia di sini, kamu akan mendapatkan banchan alias lauk-lauk khas Korea yang disajikan dalam piring-piring kecil. Banchan tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis alias cuma-cuma, lho.

7. Warung Batavia

Warung Batavia

* sumber: alowisata.com

Ini adalah restoran Indonesia lainnya yang ada di kawasan Ansan. Dari namanya saja kita sudah yakin kalau tempat makan ini menyajikan makanan khas Indonesia. Uniknya, restoran ini juga mini market yang isinya barang-barang/keperluan asli Indonesia.

Jadi, selain makan-makan, kamu pun bisa belanja barang-barang yang sekiranya kamu butuhkan selama di Korea nanti. Berminat untuk ke sini? Langsung saja datang ke kawasan Gyeonggi, Ansan-si, Danwon-gu, Wongok-dong, Damunhwa 1-gil, Korea Selatan.

8. Warung Makan Borobudur

Warung Makan Borobudur

* sumber: tituchio.wordpress.com

Kalau ingin ke restoran ini, kamu bisa datang via kereta yang menuju stasiun Gasan. Sesampainya di Gasan, kamu tinggal melakukan perjalanan selama 100 meter ke gedung Fashion Island dan masuklah ke lantai B1. Nah, di situlah restoran Indonesia ini berada.

Pelbagai masakan dan minuman Nusantara tersaji di sini, mulai dari gado-gado hingga teh tarik. Semua menu tersebut dibuat oleh juru masak asli Indonesia. Jadi, kamu nggak usah khawatir soal cita rasa makanan dan minuman di restoran ini. Sayangnya, harga menu-menu di sini tergolong mahal. Jadi, kamu harus punya kocek yang dalam, jika ingin makan di restoran ini.

9. Bali Lilin

Bali Lilin

* sumber: www.liputan6.com

Nuansa Bali akan kamu dapatkan saat masuk ke resoran ini. Bagaimana tidak, interior di restoran ini dibuat sedemikian rupa, sehingga mirip suasana di Bali (khususnya di daerah Ubud). Bukan cuma interiornya saja, piringnya pun juga dibuat semirip mungkin dengan piring yang dipakai restoran Bali di Indonesia.

Walaupun kaya akan nuansa Bali, namun masakan di sini tak hanya menyajikan menu Bali saja. Sejumlah menu khas Indonesia pun tersaji di sini, mulai dari bakso hingga nasi goreng. Adapun salah satu andalan di sini adalah Seafood Kari yang khas lagi enak rasanya. Restoran ini juga menyediakan menu halal dan non halal di dalamnya. Jadi, kamu yang hendak mencari dua jenis makanan tersebut, bisa datang ke restoran ini.

Restoran ini sering sekali dikunjungi wisatawan Indonesia atau orang Indonesia yang kebetulan bekerja/sekolah di Korea. Bahkan, orang Korea sendiri juga sering makan di sini. Sayangnya, tempat makan ini agak kecil dan tempat duduknya terbatas. Maka tak heran, bila antrean panjang selalu terjadi di restoran satu ini.

Walau begitu, restoran ini tetap recommended untuk kamu kunjungi. Mau ke sini? Langsung saja datang ke kawasan Yeounnam Gong, Mapo-Gu, Seoul, Korea Selatan.

Nah, itulah sejumlah rekomendasi restoran Indonesia di Korea yang bisa kamu kunjungi nanti. Semoga bisa mengobati rasa kangenmu pada masakan Indonesia, ya! Tapi, kalau kamu punya saran atau rekomendasi lainnya, silakan beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Oh iya, jika Anda berencana untuk liburan di Korea dan masih bingung soal harga makanan di Korea, maka kamu bisa cek artikel Harga Makanan di Korea sebagai referensi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar