Tebing Citatah Padalarang, Gunung Kapur yang Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika mendaki gunung sudah dianggap sebagai hal yang terlalu mainstream, bagaimana dengan mendaki tebing kapur? Di Kabupaten Bandung Barat, terdapat perbukitan yang terbentuk dari gunung kapur, sehingga bukit ini terlihat beda dan tentunya unik. Tebing Citatah namanya.

Tebing ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Tebing Citatah 48, Citatah 90, dan yang terbesar ada Tebing Citatah 125. Nama ketiga tebing tersebut diambil dari ukuran ketinggiannya. Tebing Citatah memiliki karakter batu kapur yang aman untuk dipanjat, sehingga tak jarang pengunjung datang ke sini untuk mendaki gunung kapur dan menikmati pemandangan dari ketinggian.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Tebing Citatah Padalarang? Simak dulu informasinya berikut ini ya!

Spot Populer di Tebing Citatah Padalarang

Spot Populer di Tebing Citatah Padalarang

* sumber: ksmtour.com

Gunung kapur di Padalarang terdiri dari tiga bagian dimana letak ketiganya tidak dalam satu lokasi yang sama, tetapi berdekatan. Tiga gunung kapur ini memiliki karakteristrik dan pesona yang berbeda. Meski sama-sama dinamakan Tebing Citatah, kenali perbedaannya yuk!

1. Tebing Citatah 48

Tebing Citatah 48

* sumber: news.detik.com

Pertama ada Tebing Citatah 48. Tebing dengan ketinggian paling rendah di antara dua tebing lainnya ini memiliki ketinggian sekitar 40 – 50 meter dari permukaan tanah. Karenanya, gunung kapur yang satu ini diberi nama Tebing Citatah 48. Nama asli dari Tebing Citatah 48 adalah Gunung Manik. Tebing ini berada di bawah pengawasan Kopassus Batu Jajar.

Gunung Manik terdiri dari batuan karst atau batu kapur yang memiliki 25 jalur panjat dengan kesulitan yang berbeda. Pada puncak tebing, terdapat tugu berbentuk pisau belati yang menancap. Tugu pisau belati di puncak menjadi ciri khas dari Tebing Citatah 48. Jika kamu ingin memanjat tebing ini, harus mendapat izin khusus dari Pusdiklat Kopassus Batu Jajar.

2. Tebing Citatah 90

Tebing Citatah 90

* sumber: www.superadventure.co.id

Tebing Citatah 90 berada di ketinggian 90 meter dari permukaan tanah. Tebing yang memiliki nama asli Gunung Pabeasa ini terletak di sekitar pabrik penambangan batu karst. Di antara dua tebing lainnya, Tebing Citatah 90 memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, dengan 5 jalur panjatan yang berbeda.

Meski pemanjatannya terbilang sulit, Tebing Citatah menjadi salah satu tempat favorit bagi pencinta wall climbing. Namun kamu perlu ekstra hati-hati untuk memanjat tebing ini karena permukaannya cenderung rapuh dibandingkan tebing lainnya.

3. Tebing Citatah 125

Tebing Citatah 125

* sumber: www.superadventure.co.id

Terakhir ada Tebing Citatah 125 yang merupakan gunung kapur tertinggi di Citatah. Tebing ini memiliki nama asli Gunung Singgalang. Berada di ketinggian 125 meter dari permukaan tanah, Tebing Citatah 125 terdiri dari batu andesit dan batu marmer, serta menjadi pusat pelatihan sekolah panjat tebing di Bandung Raya.

Tebing Citatah 125 memiliki banyak jalur panjaran dengan karakteristik yang berbeda berdasarkan tingkatan kesulitannya. Dua jalur yang populer untuk memanjat tebing ini adalah jalur Elang dan jalur Hanoman. Sebagai tempat latihan panjat tebing, Tebing Citatah 125 merupakan tebing yang paling populer dan sering dikunjungi baik oleh pemula maupun professional.

Fasilitas di Tebing Citatah Padalarang

Fasilitas di Tebing Citatah Padalarang

* sumber: pengentraveling.com

Aktivitas panjat tebing menjadi hal ekstrim yang menarik untuk dicoba. Jika kamu suka dengan tantangan, dan tertarik untuk belajar panjat tebing agar bisa mendaki Puncak Carstensz yang menjadi puncak tertinggi di Indonesia, maka bisa dilakukan di Tebing Citatah. Berikut ini fasilitas yang akan didapatkan ketika memanjat Tebing Citatah.

1. Hammock

Lelah memanjat tebing yang tinggi dan curam, akan terbayarkan saat menikmati pemandangan Padalarang dari ketinggian. Tebing Citatah menyediakan hammock yang bisa digunakan untuk bersantai di puncak tebing. Hammock diikat di antara dua tebing yang aman dan dapat menampung dua sampai tiga orang.

2. Alat Panjat Tebing

Tebing Citatah menyediakan alat panjat tebing yang aman untuk setiap pengunjung. Alat panjat yang disediakan mulai dari tali webbing, hingga helm untuk keselamatan. Jangan lupa memakai sepatu yang nyaman dan tidak licin untuk mengurangi cidera dan celaka.

3. Pemandu

Kamu masih pemula dan ingin mencoba panjat tebing? Tak perlu khawatir, di Tebing Citatah sudah sedia pemandu yang akan mengajarkanmu untuk panjat tebing, mendampingi dan memastikan pemanjat aman dan selamat sampai puncak, hingga turun kembali ke bawah. Jadi aktivitasmu akan amat dan terkendali.

4. Tempat Istirahat

Lelah setelah manjat dan turun tebing, saatnya istirahat di saung yang sudah disediakan sekitar tebing. Tebing Citatah menyediakan tempat istirahat yang sederhana dan nyaman untuk para pemanjat.

5. Warung

Di saung tempat istirahat, sudah disediakan warung yang menjajakan makanan dan minuman yang akan melepaskan dahagamu setelah lelah memanjat Tebing Citatah.

6. Lahan Parkir

Tebing Citatah menyediakan lahan parkir untuk motor dan mobil yang aman dan cukup luas.

7. Fasilitas lainnya

  • Toilet

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Tebing Citatah Padalarang

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Tebing Citatah Padalarang

* sumber: www.beritasatu.com

Tebing Citatah Padalarang tidak mematok harga tiket masuk, alias gratis. Waktu operasional Tebing Citatah mulai jam 08.00 – 17.00 WIB. Bagi yang akan memanjat Tebing Citatah 48 wajib izin kepada Pusdiklat Kopassus Batu jajar, sedangkan bagi yang akan memanjat Tebing Citatah 90 dan 125 dapat melakukan perizinan ke ketua RT dan pengurus setempat.

Alamat dan Akses Transportasi ke Tebing Citatah Padalarang

Alamat dan Akses Transportasi ke Tebing Citatah Padalarang

* sumber: blog.airyrooms.com

  • Alamat

Tebing Citatah 48 : Citatah, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0857-9411-5815

Tebing Citatah 90 : Cibodas Cinangsi, Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0822-1972-8392

Tebing Citatah 125 : Bojong Loa, Cipatat, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0922-1780-1309

Tebing Citatah 48, 90, dan 125 terletak di lokasi yang berbeda-beda tetapi masih dalam satu wilayah yang sama, yaitu Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Berikut ini akses transportasi yang bisa membawamu ke Tebing Citatah.

  • Mobil Pribadi dari arah Bandung / Cimahi

Terletak di Padalarang, akses termudah dari Bandung atau Cimahi adalah melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Padalarang. Lalu dilanjutkan ke arah Ciburuy – Cianjur. Setibanya di daerah Citatah, bisa memilih antara Tebing Citatah 48, 90, atau 125. Selengkapnya dapat dilihat di Google Maps.

  • Mobil / Motor Pribadi dari arah Cianjur

Kabupaten Bandung Barat berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bagi pengunjung yang datang dari arah Sukabumi atau Bogor, bisa melewati Kabupaten Cianjur, dilanjutkan ke Cipatat, kemudian sampai di Citatah.

  • Motor dari arah Bandung / Cimahi

Wisatawan yang datang dari Bandung / Cimahi menggunakan motor, rute yang bisa dilalui adalah melewati Jalan Jenderal Sudirman, dilanjutkan ke Jalan Amir Mahmud Cimahi, Jalan Gadobangkong – Cimareme, kemudian melewati daerah Ciburuy, dan sampai di Citatah.

  • Transportasi Umum

Jika menggunakan transportasi umum dari Bandung, kamu bisa pakai bus Alun-Alun – Ciburuy, turun di Terminal Ciburuy, kemudian dilanjutkan dengan ojek pangkalan setempat. Bisa juga pakai bus Bandung – Sukabumi atau Bandung – Cianjur dan turun di pemberhentian terdekat dari Tebing Citatah 48, 90, atau 125.

Hotel Sekitar Tebing Citatah

Di sekitar Tebing Citatah masih sangat minim penginapan. Tidak ada penginapan yang terlalu dekat dengan destinasi ini. Namun sebagai alternatif, bisa menginap di hotel yang ada di Kota Baru Parahyangan, Padalarang. Berikut ini dua hotel yang bisa dipilih.

1. Sugiaman Villa & Homestay

Jl. Pita Candra No.3, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0821-2077-7937

2. Mason Pine Hotel

Jl. Raya Parahyangan No. 1.8, Kota Baru, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 6803 778

Memanjat tebing kapur dan menikmati pemandangan dari puncaknya sangat menyenangkan. Bagaimana? Apakah tertarik untuk liburan ke Tebing Citatah? Menurutmu di antara tiga Tebing Citatah yang sudah dijelaskan di atas, mana yang menjadi favoritmu? Yuk, ajak teman-temanmu ke Tebing Citatah Padalarang!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *