10 Tempat Makan di Setiabudi Bandung yang Bikin Ketagihan!

Ditulis oleh Syuri

Daerah Bandung atas seperti Jalan Setiabudi merupakan kawasan wisata, sehingga baik warga lokal maupun orang dari luar kota gemar sekali datang ke sana. Ada tempat wisata anak, factory outlet, dan juga tempat makan yang lezat-lezat di Setiabudi. Ingin tahu di mana saja tempat makan di Setiabudi Bandung yang recommended? Keluyuran ke tempat-tempat di bawah ini, deh!

1. Waroeng Setiabudhi

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Surabi paling enak seantero Bandung ya di Waroeng Setiabudhi. Surabi di sini porsinya besar, makan satu saja sudah kenyang, apalagi kalau Anda pakai topping yang mengenyangkan seperti telur dan sosis, misalnya. Selain porsinya, surabi di sini tuh empuk banget, matangnya merata tapi kadang gosong bagian bawahnya jadi keras dan tidak bisa dimakan.

Anda harus coba: Surabi Telur Ayam Mayo (ayamnya 'gak pelit, banyak banget!), Surabi Abon Mayo, Surabi Telur Oncom dll. Untuk yang manisnya ada Surabi Polos Susu Keju, Surabi Fla Durian, Surabi Pisang Keju Susu dll. Minumannya ada bandrek, bajigur, susu hangat dan masih banyak lagi. Eh, selain surabi, di sini juga menjagokan Bakso Kampung, loh.

Cara memesan di Waroeng Setiabudhi adalah dengan mengambil lembar order di kasir, lalu pilih menu yang diinginkan, nanti panggil karyawannya atau datang lagi ke kasir. Sayangnya, di sini lama banget servisnya, apalagi kalau Anda datang saat weekend. Kondisi meja kursi pun kurang dibersihkan. Hmm, semoga nanti ada peningkatan, ya, Waroeng Setiabudhi!

Waroeng Setiabudhi

  • Alamat: Jalan Dr. Setiabudi No. 175, Gegerkalong, Kec. Sukasari, 40153
  • Jam Buka: Setiap hari jam 3 sore–12 malam
  • Telepon: (022) 2017895

Waroeng Setiabudhi 2

  • Alamat: Jalan Cihampelas No. 159 A, Cipaganti, Kecamatan Coblong, 40131
  • Jam Buka: Setiap hari jam 3 sore–12 malam
  • Telepon: (022) 82023162

2. Ma' Uneh

* sumber: gastronomy-aficionado.com

Ma' Uneh telah menyenangkan perut wargi Bandung dengan resep-resep aslinya yang dibuatnya sejak lima dekade lalu. Kini, orang-orang dari luar kota pun tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mengunjungi restorannya di Bandung.

Masakan Sunda memang tampak lebih sederhana jika dibandingkan dengan masakan Padang, bisa dilihat dari jumlah bumbu yang digunakan, teknik memasak dan bahan yang membuat masakan terlihat rich banget yaitu santan. Tapi, bukan berarti masakan Sunda gampang dibuat. Anda akan tahu bedanya jika sudah pernah makan di Ma' Uneh dan makan di warung nasi yang asal-asalan.

Ma' Uneh merancang resep tradisional mereka karena sangat memahami semua rasa dari manis, gurih, hingga pedas yang pas untuk masakan Sunda. Ma' Uneh memulai bisnis masakannya pada tahun 1960-an dengan hanya menjajakkan lotek dan rujak. Seiring waktu, pelanggan request aneka topping untuk ditambah ke atas piring mereka. Akhirnya kini ada aneka masakan ala Ma' Uneh mulai dari telur, daging, hingga seafood.

Ma' Uneh Setiabudi 

  • Alamat: Jalan Dr. Setiabudi No. 159, Gegerkalong, Kec. Sukasari, 40153
  • Jam Buka: Setiap hari jam 7 pagi–10 malam
  • Telepon: (022) 2011859

Ma' Uneh Riau

  • Alamat: Jalan L.L.R.E Martadinata No. 157, Cihapit, Bandung Wetan, 40114
  • Jam Buka: Setiap hari jam 7 pagi–10 malam
  • Telepon: (022) 7218132

Rumah Makan Ma' Uneh

  • Alamat: Jalan Pajajaran No. 48 A, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, 40171
  • Jam Buka: Setiap hari jam 7 pagi–4 sore, hari Jumat tutup
  • Telepon: (022) 4202568

3. Saka Bistro & Bar

*Sumber: https://www.instagram.com/p/B7j4PBEBQpt/

Tempat yang simpel dan bikin betah, Saka Bistro & Bar. Semi-outdoor kafe ini menyediakan makanan Barat yang sangat lezat. Waktu terbaik datang ke sini adalah untuk makan siang dan malam. Tapi, nongkrong sambil mencicipi snack dan 3D coffee latte-nya juga seru, kok. Anda bisa request bentuk foam kopinya mau jadi apa pun bisa!

Untuk makanannya ada masakan Nusantara dan Western. Anda bisa mencoba Oxtail Soup, aneka pasta dan steak. Untuk saladnya mereka menggunakan sayuran organik yang fresh. Daaaan, tidak pakai MSG sama sekali untuk semua masakannya.

  • Alamat: Jalan Karangsari No. 2 (dekat pom bensin Setiabudhi), Pasteur, Kec. Sukajadi, 40161
  • Jam Buka: Weekdays jam 11 siang–11 malam, Weekends jam 11 siang–12 malam
  • Telepon: (022) 2039651, 0812 2155 3558

4. The Heritage Kitchen & Gallery

* sumber: www.tripadvisor.com

Sesuai namanya, The Heritage Kitchen & Gallery mengusung tema warisan Nusantara. Mulai dari interiornya yang bernuansa Bali era 70-an. Menunya tentu banyak sekali masakan Indonesia. Tapi, di sini juga ada kopi dan masakan Italia!


  • Alamat: Jalan Dr. Setiabudi No. 276 A, Ledeng, Kec. Cidadap, 40143
  • Jam Buka: Setiap hari jam 8 pagi–10 malam
  • Telepon: (022) 82001036

5. Saisan Japanese Cuisine

* sumber: gedeinperut.com

Ingin mencoba masakan Jepang yang premium? Sensasi masakan yang dimasak di depan mata oleh chef asli orang Jepang? Saisan Japanese Cuisine ini akan menjawab keinginan Anda. Begitu masuk ke restorannya Anda akan merasa seperti diterbangkan ke negeri sakura, karena interiornya Jepang banget!

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram