10 Tempat Wisata di Buleleng dengan Alam yang Memesona

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 26 Desember 2020

Buleleng merupakan salah satu kabupaten di Bali yang terkenal sebagai daerah penghasil pertanian. Tidak hanya Kuta dan Ubud, Buleleng juga memiliki beragam tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi, lho. Menariknya, daerah ini memiliki tempat wisata dengan harga tiket terjangkau.

Penasaran ada tempat wisata apa saja di Buleleng? Simak daftar tempat wisata di Buleleng yang sudah Keluyuran rangkum berikut ini.

1. Pantai Lovina

Pantai Lovina

* sumber: www.traveloka.com

Jika kamu tertarik untuk melihat lumba-lumba wajib ke tempat ini. Tempat ini memiliki suasana yang masih alami. Saat pertama kali datang ke sana, kamu akan melihat deretan perahu yang siap mengantarkan pengunjung ke tengah laut untuk melihat pertunjukkan lumba-lumba alami. Perairannya yang cenderung tenang membuat pantai ini aman.

Selain bisa melihat lumba-lumba, kamu juga bisa menyelam atau snorkeling. Jika kamu menyewa kapal di sana, kamu akan mendapatkan sarapan pagi sambil menonton lumba-lumba. Menarik banget, kan? Waktu terbaik menyaksikan lumba-lumba adalah saat pagi hari.

  • Alamat: Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Rp110.000 untuk naik kapal

2. Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran

Jika kamu bosan dengan suasana pantai yang ramai, banyak orang berpesta dan berjualan, kamu wajib datang ke Pantai Pemuteran. Sebab, pantai ini masih sepi pengunjung dan menawarkan ketenangan. Kamu bisa bersantai dengan menikmati suasana pantai yang alami, serta aroma laut yang bikin rileks.

Kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berjemur, menyelam, atau menikmati keindahan bawah laut dengan perahu beralas kaca. Suasana yang sepi dan tenang ini akibat pantai yang dijaga dengan baik oleh warga setempat. sehingga kunjungan dan operator pun dibatasi.

  • Alamat:  Pemuteran, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam
  • Nomor telepon: 0821-4541-9676
  • Harga tiket: Gratis

3. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan

Jika kamu ingin mencari ketenangan di pantai, kamu juga bisa datang ke Pulau Menjangan. Pulau kecil ini tak berpenghuni, sehingga masih sangat asri dan alami. Tempat yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat ini dihuni oleh sejenis rusa liar. Keindahan air laut yang jernih pun menjadi daya tarik dari tempat ini.

Disarankan membawa makanan dan minuman jika datang ke tempat ini, karena kamu tidak akan menemukan warung makan. Kamu bisa melakukan snorkeling dan menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Jika kamu membawa anak-anak, sebaiknya menyewa kapal selam untuk bisa melihat alam bawah laut di pulau menjangan.

  • Alamat: Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam
  • Harga tiket: Rp300.000-Rp400.000 per perahu

4. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling

Bali juga memiliki air terjun yang memesona, salah satunya Air Terjun Aling-Aling. Meskipun tidak terlalu tinggi, air terjun ini memiliki suasana alam yang bersih dan asri. Karena tidak terlalu tinggi, kamu bisa meluncur dari atas air terjun layaknya bermain di prosotan. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi tebing-tebing yang indah.

Air terjun ini terbagi menjadi dua bagian, sebelah kanan memiliki aliran air yang lebih besar daripada sebelah kiri. Kamu bisa berendam, berenang, atau bermain air dibawah guyuran air terjun yang segar. Udaranya yang sejuk pun bikin betah, deh.

  • Alamat: Desa Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08.00-21.00 WITA
  • Nomor telepon: 0821-4407-2994
  • Harga tiket: Rp10.000

5. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit

Air terjun tertinggi di Bali ini memiliki ketinggian sekitar 48 meter. Arusnya yang kuat membuat air terjun ini terlihat indah. Udara di sana pun sangat sejuk, sehingga memancing wisatawan untuk datang ke air terjun ini. Kawasan hutan disekitarnya pun masih sangat alami, cocok buat kamu yang ini berpetualang.

Di sana, kamu bisa berenang, bermain air, atau sekedar berfoto. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya, karena terdapat toko oleh-oleh hingga tempat makan. Meskipun perlu menempuh jarak yang cukup jauh, tapi kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan oleh alam.

  • Alamat: Jl. Raya Bedugul - Singaraja, Gitgit, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam
  • Harga tiket: Dewasa Rp20.000, Anak-anak Rp10.000, Parkir mobil Rp5.000

6. Danau Buyan

Danau Buyan

Tidak hanya Danau Beratan, Danau Buyan juga menjadi salah satu danau terindah di Bali. Danau seluas 1.700 hektare ini dikelilingi hutan hijau yang lebat. Tempat ini cocok untuk tempat relaksasi dan menjauh dari hiruk pikuk kepadatan kota. Suasananya yang sepi membuat para wisatan tertarik untuk datang ke danau ini.

Salah satu danau tersembunyi di Bali ini juga memiliki area berkemah. Kamu juga bisa trekking motor trail, hingga bersepeda. Udaranya yang sejuk membuat danau ini nyaman dan bikin betah. Selain itu, danau ini juga mudah diakses.

  • Alamat: Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam
  • Harga tiket: Rp10.000

7. Desa Ambengan

Desa Ambengan

Desa Ambengan memiliki potensi wisata yang menarik. Kamu bisa menikmati suasana terasering persawahan yang indah, trekking, hingga berkemah. Terdapat salah satu air terjun yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini yaitu Air Terjun Jembong. Biasanya banyak yang berkemah di area air terjun tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa membeli kerajinan tangan warga lokal seperti keranjang hingga bingkai foto yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kamu juga bisa sekedar jalan-jalan keliling desa untuk refreshing sambil menikmati suasana yang asri di sana.

  • Alamat: Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam
  • Nomor telepon: 0857-3976-7040
  • Harga tiket: Rp10.000

8. Hidden Hills Wanagiri

Hidden Hills Wanagiri

Buat kamu pencinta foto wajib datang ke Hidden Hills Wanagiri. Ini merupakan tempat hits yang menyediakan beragam spot foto dengan panorama alam yang indah. Kamu akan menikmati pemandangan gunung dan danau. Udaranya pun sangat sejuk, jadi kamu akan betah berfoto-foto di sana.

Selain itu terdapat beberapa fasilitas yang disediakan, seperti pengamanan di setiap spot. Jika kamu ingin datang ke tempat ini disarankan membawa bekal dan membawa pulang sampah sendiri, ya. Sebab tempat ini tidak menyediakan warung makan, supaya tempat ini tetap terjaga kebersihannya.

  • Alamat: Jl. Munduk - Wanagiri, Wanagiri, Sukasada, Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 06.30-19.00 WITA
  • Nomor telepon: 0819-9996-4666
  • Harga tiket: Rp10.000

9. Gapura Bali Handara Kosaido

Gapura Bali Handara Kosaido

Jika kamu ingin mencari spot foto instagramable bisa datang ke tempat ini. Tempat yang ikonik ini berada di kawasana Handara Golf & Resort. Salah satu daya tarik tempat ini adalah gapura dengan latar belakang panorama khas Bali yang indah. Gapura ini dikelilingi tanaman hijau yang cantik, sehingga banyak diburu wisatawan yang ingin berfoto.

Gapura tersebut memiliki keindahan yang unik dengan ukiran tradisional khas Bali. Gapura yang eksotik ini kerap disebut sebagai “Gerbang kayangan,” lho. Selain itu, lokasinya dekat dengan tempat wisata yang populer, sehingga mudah dijangkau.

  • Alamat: Jl. Bali Handara Kosaido Golf Course, Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 06.00-19.00 WITA
  • Harga tiket: Rp20.000

10. Banyuwedang Hot Spring

Banyuwedang Hot Spring

* sumber: acdc-community-bali.blogspot.com

Jika kamu bosan ke pantai di Bali, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat wisata alternatif seperti Banyuwedang Hot Spring. Tempat pemandian air panas ini berada di tepi laut, sehingga kamu bisa berendam di air hangat sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Air panas di sana berasal dari sumber alami, sehingga mengandung sulfur dan belerang.

Air panas tersebut bermanfaat untuk menghangatkan tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit. Bahkan bisa mengatasi beberapa penyakit. Selain bermanfaat untuk terapi tubuh, berendam di tempat ini juga bermanfaat untuk terapi pikiran supaya lebih rileks.

  • Alamat: Pejarakan, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 07.00-21.00 WITA
  • Nomor telepon: 0823-4187-5070
  • Harga tiket: Dewasa Rp10.000
  • Anak-anak Rp5.000

Itulah 10 tempat wisata di Buleleng yang bisa jadi inspirasi buat liburanmu selanjutnya. Kira-kira tempat mana yang bikin kamu tertarik? Jika kamu tahu tempat wisata lainnya di Buleleng, silakan berbagi dengan kami, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram