Inilah 10 Tips Liburan ke Labuan Bajo Sebelum Beli Tiket

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 November 2021

Siapa yang tidak tertarik menghabiskan waktu liburan ke wilayah seindah Labuan Bajo yang terkenal dengan gugusan pulau dan pantai-pantai dengan pasirnya yang halus. Panorama alam yang memanjakan mata dan suasana menenangkannya membuat Labuan Bajo dijuluki sebagai destinasi wisata yang paling banyak direkomendasikan oleh para turis. 

Labuan Bajo merupakan wilayah yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini menyimpan banyak objek wisata yang sangat menarik bagi siapa pun, mulai dari wisata kelas atas sampai objek wisata budaya yang tidak kalah menarik. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke sini, simak tips berikut agar liburanmu semakin seru.

Baca juga: 10 Tips Backpacker Ke Labuan Bajo Yang Sangat Seru

1. Tentukan Lama Waktu Berlibur

Tentukan Lama Waktu Berlibur

Waktu adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat akan merencanakan waktu berlibur. Lamanya waktu berlibur berhubungan dengan biaya dan akomodasi yang harus dipersiapkan ketika sampai di lokasi. Sebelum melakukan persiapan lainnya, perkirakan berapa hari liburanmu di Labuan Bajo.

Menentukan lamanya hari juga akan berpengaruh terhadap objek wisata yang bisa kamu jangkau. Jika kamu mempunyai waktu liburan yang tidak begitu panjang, pilih objek wisata yang tidak begitu jauh dengan penginapanmu agar waktu tidak banyak terpakai di perjalanan.

Waktu liburan yang sempit bisa kamu gunakan untuk mengeksplorasi pulau-pulau di di sekitar Labuan Bajo dengan living-on board atau berkeliling dengan menggunakan kapal. Namun, jika waktu liburannya lebih panjang, kamu bisa jelajahi alam di pulau-pulau dan tempat wisata yang agak jauh. 

2. Tentukan Waktu Terbaik Kunjungan 

Tentukan Waktu Terbaik Kunjungan

Kalau kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Labuan Bajo, kegiatan apa sih yang ingin kamu lakukan di sana? Menyelam? Snorkeling? Atau trekking di pulau-pulau cantik di sekitar Labuan Bajo.

Jika kamu sudah mengetahui jenis kegiatan wisata yang akan kamu lakukan saat sampai Labuan Bajo, tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari waktu terbaik untuk melakukan kegiatan wisata di sana. 

Jika tujuannya adalah diving dan snorkeling atau menikmati keindahan bawah laut Labuan Bajo, waktu terbaik untuk berkunjung adalah di bulan Oktober-November. Di bulan-bulan ini air laut di Labuan Bajo Lebih tenang sehingga aman untuk para perenang ber-snorkeling.

Ketika air tenang, jarak pandang pun lebih bagus sehingga kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Biota-biota laut yang hidup di perairan Labuan Bajo pun akan tampak lebih jelas.

Dan jika kamu ingin menikmati panorama alam Labuan Bajo dengan cara menjelajahi pulau-pulaunya, berkunjunglah di bulan April-Oktober. Di bulan ini, wilayah Labuan Bajo mengalami musim panas. Matahari akan bersinar terik sehingga cahayanya membuat gugusan pulau menjadi lebih cantik.

3. Manfaatkan Promo Tiket Pesawat   

Manfaatkan Promo Tiket Pesawat  

Perkara transportasi tidak kalah penting dalam hal berlibur. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan waktu pemesanan tiket. Untuk Labuan Bajo, para wisatawan kebanyakan menggunakan transportasi udara.

Hindari pergi di musim liburan. Sebaliknya, pilih masa-masa di luar musim liburan. Biasanya harga tiket pesawat berada di harga rendah saat low season. Misalnya seminggu setelah liburan tahun baru atau musim liburan sekolah.

jika kamu ingin mencari tiket dengan harga yang lebih ekonomis, pesan tiket dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Cari informasi promo tiket pesawat dari aplikasi pemesanan tiket atau informasi diskon-diskon menarik dari maskapai yang mempunyai jalur penerbangan yang akan membawamu ke Labuan Bajo. Beberapa aplikasi menyediakan fitur tertentu yang akan memberitahukan harga tiket yang diinginkan.

4. Jika Ingin Lebih Hemat, Gunakan Jalur Darat

Jika Ingin Lebih Hemat, Gunakan Jalur Darat

Selain pesawat, ada jalur alternatif lain untuk mencapai Labuan Bajo. Jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa gunakan bus jurusan Bima. Lalu, menyeberang ke pelabuhan dan naik kapal ferry selama tiga jam ke Labuan Bajo.

Perjalanan ini memang memakan waktu yang cukup lama, namun jika waktu liburanmu lebih panjang, kamu bisa gunakan jalur transportasi ini dan menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan menuju Labuan Bajo.

5. Biar Lebih Seru, Cari Partner Liburan 

Biar Lebih Seru, Cari Partner Liburan 

Berlibur sendiri memang asyik, tapi akan lebih asyik lagi jika kamu mendapat teman untuk berbagi kesenangan dan membuat memori yang indah bersama. Maka dari itu, ajaklah 2 teman atau sahabat terdekatmu berlibur ke Labuan Bajo. Jumlah ini adalah jumlah yang pas, tidak terlalu ramai.

Jalan-jalan dengan tim kecil akan meminimalisir banyaknya biaya yang akan dibutuhkan selama perjalanan. Biaya penginapan, sewa kendaraan, biaya makan dan biaya lainnya bisa dibagi sehingga meringankan.

Selain itu, berlibur dengan tim kecil terasa lebih aman sehingga ketika mengalami kendala, proses menyelesaikan masalah akan lebih cepat.

6. Pilah-Pilih Hotel

Pilah-Pilih Hotel

Selain harga, faktor kenyamanan adalah salah satu yang jadi pertimbangan ketika memilih hotel atau pun penginapan. Di Labuan Bajo, banyak hotel dan penginapan yang menawarkan view laut yang indah dengan harga yang terjangkau.

Maka dari itu, sebelum memutuskan check-in, pilah-pilih hotel terlebih dahulu. Siapa tahu kamu sedang beruntung dan menemukan tempat yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Rekomendasi tempat menginap bisa kamu lihat di aplikasi booking hotel atau di internet.

7. Buat Rencana Perjalanan

Buat Rencana Perjalanan

Untuk menikmati keindahan Labuan Bajo, kamu butuh waktu paling sedikit 3 hari 2 malam. Dalam rentang waktu ini, kamu bisa mengeksplorasi beberapa objek wisata tanpa terburu-buru.

Bagi hari untuk melakukan aktivitas wisata di sana. Misalnya, hari pertama kamu isi dengan beristirahat dan mengunjungi tempat-tempat yang dekat. Goa Cermin atau Bukit Cinta bisa kamu jadikan referensi menarik.

Hari kedua, kamu bisa mengunjungi Pulau Padar, Pulau Kanawa, Pulau Rinca atau Pulau Komodo. Selain itu, kamu bisa melakukan perjalanan lintas pulau (island hoping). Hari selanjutnya bisa kamu gunakan untuk berwisata kuliner. Apa pun bisa kamu lakukan di Labuan Bajo.

8. Sewa Kapal dari Pemiliknya Langsung

Sewa Kapal dari Pemiliknya Langsung

Menikmati keindahan Labuan Bajo adalah pengalaman yang berkesan dan tidak akan bisa kamu lupakan. Maka dari itu, jika kamu berkesempatan ke pulau yang berdekatan dengan pulau Bali ini, gunakan waktumu untuk menjelajahi lautnya yang indah dengan menaiki kapal.

Untuk menyewa kapal, ada banyak agen perjalanan yang menawarkan jasa trip sailing. Namun, jika kamu ingin menghemat pengeluaran, sebaiknya sewa kapal dari pemiliknya langsung bukan dari agen perjalanan. 

Kapal-kapal ini bisa kamu temukan di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di Pelabuhan Pelni. Kamu bisa bernegosiasi mengenai harga kapal sampai kamu menemukan pilihan yang cocok.

9. Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Selama berlibur, pastinya kamu akan membutuhkan beberapa pakaian dan perlengkapan lainnya seperti alat mandi, produk perawatan kulit dan perlengkapan lainnya.

Iklim tropis di Labuan Bajo terbilang mempunyai suhu yang tinggi. Rata-rata udara siang hari paling rendah bisa mencapai 25,70C. Maka dari itu, pilih pakaian yang adem dan nyaman. Gunakan pula alas kaki yang nyaman dan mampu melindungi kaki saat kamu mengunjungi objek wisata dengan medan yang berat.

Sepatu gunung adalah pilihan terbaik dibandingkan dengan sneaker. Alas kaki seperti ini mempunyai sol yang mencengkeram permukaan tanah sehingga tidak licin. Sandal gunung pun bisa kamu gunakan selama medan permukaan tanah yang kamu lewati tidak begitu tajam.

Jika kamu adalah pelancong yang tidak bisa berjauhan dari ponsel dan koneksi internet, lebih baik bawa modem Wi-Fi portable. Saat berada di laut, beberapa provider kemungkinan tidak bisa menjangkau area tersebut.

Modem Wi-Fi portable menjadi alternatif penangkap sinyal sehingga ponselmu akan tetap terhubung dengan koneksi internet di mana pun kamu berada. Siapkan pula uang tunai cukup besar. Labuan Bajo bukanlah kota besar dengan fasilitas tarik tunai yang banyak.

Di tempat ini, mesin ATM tidak sebanyak di kota-kota lainnya. Jika tidak mau repot, sebelum berangkat, pastikan uang tunaimu cukup selama berlibur di tempat ini.

10. Bawa Lotion Anti Nyamuk, Obat Anti Malaria dan Tabir Surya

Bawa Lotion Anti Nyamuk, Obat Anti Malaria dan Tabir Surya

Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, pastikan kamu membawa P3K mini yang berisi kebutuhan obat yang kamu perlukan. Obat luka, obat penurun panas atau pereda nyeri serta gunting dan plester atau perban adalah isi P3K dasar yang biasanya dibutuhkan untuk pertolongan pertama.

Selain itu, tambahkan losion anti nyamuk dan obat anti malaria pada kotak P3K milikmu. Labuan Bajo adalah daerah endemik malaria. Demi melindungi diri, pastikan dua hal itu selalu ada di dalam tas P3K.

Di Labuan Bajo, tabir surya menjadi item yang sangat dibutuhkan. Di wilayah ini matahari terasa sangat menyengat. Oleh sebab itu, lindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV dengan menggunakan tabir surya.

Aplikasikan tabir surya merata ke seluruh wajah secara berkala. Jika dirasa perlu, gunakan topi dan kacamata untuk melindungi mata dan wajah dari terpaan sinar yang membuat silau.

Nah, siap bertualang ke Labuan Bajo dengan 10 tips di atas? Selain persiapan dana dan rencana perjalanan, kamu pun perlu persiapkan mental dan fisik. Jaga kesehatan sebelum dan selama berada di Labuan Bajo. Menikmati liburan saat badan sehat adalah hal yang sangat menyenangkan, bukan?

Aktiflah bertanya pada pemandu atau masyarakat sekitar untuk mendapatkan informasi mengenai lokasi dan hal-hal lainnya untuk mempermudah mobilitasmu selama liburan. Enjoy your holiday!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram