10 Universitas Islam di Dunia yang Cukup Bergengsi

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 14 April 2021

Universitas Islam menjadi salah satu lembaga pendidikan yang kerap menjadi pilihan bagi masyarakat tanah air untuk melanjutkan pendidikannya. Meskipun Indonesia terkenal memiliki banyak universitas Islam terbaik, namun banyak pula masyarakat tanah air yang lebih memiliki melanjutkan pendidikannya di universitas Islam yang ada di luar negeri.

Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin menempuh pendidikan di universitas Islam di negara lain, maka deretan universitas Islam yang akan dibahas kali ini bisa menjadi referensi yang cukup menarik bagi kamu. Berikut adalah daftarnya:

1. Universitas Islam Imam Muhammad Bin Saud (Arab Saudi)

Universitas Islam Imam Muhammad Bin Saud (Arab Saudi)

Salah satu universitas Islam ternama yang cukup bergengsi adalah Universitas Islam Imam Muhammad Bin Saud, yang berada di Riyadh, Arab Saudi. Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1953 ini memang cukup diminati oleh masyarakat dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Universitas ini diketahui memiliki jumlah mahasiswa lebih dari 24,000 orang, dan staf pengajar sebanyak 1300 orang.

Tokoh penting Islam yang diketahui merupakan lulusan universitas ini antara lain Prof. ‘Abdul-Rahman bin Nasir al-Barrak, Abd Al-Aziz Fawzan Al-Fawzan, dan Syaikh Saud bin Ibrahim bin Muhammad al-Shuraim, yaitu dikenal sebagai Imam dan khatib Masjidil Haram.

Sementara alumni asal Indonesia yang cukup terkenal antara lain almarhum Ali Mustahafa Ya’qub, yaitu mantan Imam besar Masjid Istiqlal, dan Yunahar Ilyas, yang pernah menjabat sebagai ketua MUI.

2. Universitas King Saud Riyadh (Arab Saudi)

Universitas King Saud Riyadh (Arab Saudi)

Saat ini, Universitas King Saud Riyadh sendiri adalah salah satu kampus terbesar dan bergengsi yang ada di Arab Saudi. Universitas ini kerap memberikan beasiswa penuh pada negara-negara Islam di dunia yang berminat menempuh pendidikan di sana. Universitas ini sendiri dikenal sebagai salah satu universitas yang kerap mencetak puluhan, bahkan ratusan tokoh penting di Arab Saudi.

3. Universitas Islam Internasional Islamabad (Pakistan)

Universitas Islam Internasional Islamabad (Pakistan)

Universitas Islam selanjutnya yang tak kalah bergengsi di dunia adalah Universitas Islam Internasional Islamabad atau dikenal IIU. IIU sendiri pertama kali didirikan pada tahun 1980, dan mulai menjalani direstrukturisasi sebagai Universitas Islam Internasional pada Maret 1985 oleh Presiden Republic Islam Pakistan.

Universitas yang berlokasi di Islamabad ini adalah salah satu lembaga pendidikan Islam terbesar dan cukup berkembang di Pakistan. Universitas ini diperkirakan mampu menampung sekitar 30.000 mahasiswa, dan sempat menempati posisi teratas menurut Komisi Pendidikan Tinggi Pakistan pada tahun 2012 silam.

4. Universitas Baghdad (Irak)

Universitas Baghdad (Irak)

Universitas Baghdad didirikan pada tahun 1957. Universitas ini digadang-gadang sebagai universitas terbesar di Irak dan terbesar kedua di Timur Tengah. Menurut British Times Rankings, yaitu lembaga yang memberikan peringkat terhadap 1.250 universitas di seluruh dunia. Universitas Baghdad adalah salah satu universitas yang memiliki peringat global terbaik kedua setelah Shanghai Akademik.

Meskipun di tengah konflik Irak yang cukup panjang, namun salah satu universitas Islam terbaik di Arab ini mampu menunjukkan kualitasnya. Hal itu diketahui dari perolehan nilai sekitar 802 dari 1000 yang telah dirilis oleh Times Higher Education World University Rankings pada tahun 2019 silam.

5. Universitas Al-Ahgaff, Yaman PPI Hadhramaut

Universitas Al-Ahgaff, Yaman PPI Hadhramaut

Universitas Al-Ahgaff adalah salah satu universitas yang bisa dibilang cukup muda. Meskipun begitu, namun universitas Islam yang didirikan oleh Al-Habib Mahfudz bin Abdullah Al-Haddad pada tahun 1994 cukup diminati oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Masyarakat Indonesia memang kerap memilih universitas yang terletak di kota Al-Mukalla ibukota provinsi Hadhramaut Yaman ini karena dipandang sebagai salah satu kota ilmu dan ulama yang sangat tepat dijadikan sebagai tempat mendalami ilmu agama Islam.

ISESCO atau Islamic Educational, Scientific And Cultural Organization sendiri telah dinobatkan sebagai Ibu Kota Budaya Islam sejak tahun 2010.

6. Iran University of Science and Technology

Iran University of Science and Technology

Iran University of Science and Technology atau disingkat IUST adalah salah satu universitas Islam lainnya yang cukup diperhitungkan di dunia. Universitas ini di ketahui terdiri dari 15 fakultas, dan salah satu universitas di Timur Tengah yang memiliki sekolah teknik perkeretaapian, otomotif dan sekolah teknik kemajuan.

Iran University of Science and Tecknology sendiri dikenal sebagai salah satu universitas berbasis sains dan teknologi terbaik yang masuk dalam daftar UniRank pada tahun 2021 silam. Universitas ini menjadi salah satu perguruan tinggi cukup menjadi idaman para lulusan sekolah menengah atas yang ada di Iran.

Nah, jika kamu tertarik untuk menempuh pendidikan di universitas Islam yang ada di luar negeri, maka IUST bisa menjadi referensi yang cukup baik.

7. Universitas Al-Qarawiyyin (Maroko)

Universitas Al-Qarawiyyin (Maroko)

Universitas bergengsi lainnya yang cukup memiliki banyak peminat adalah Universitas Al-Qarawiyyin yang ada di Maroko. Menurut Guinness World Records dan juga UNESCO, Universitas Al-Qarawiyyin adalah perguruan tinggi pertama di dunia yang masih digunakan hingga saat ini. Universitas yang  terletak di Fes, Maroko ini menjadi salah satu Institusi pendidikan terbaik dalam bidang keagamaan.

Universitas Al-Qarawiyyin mulai mengadopsi sistem universitas modern sejak tahun 1963. Beberapa alumni yang cukup terkenal dari universitas ini antara lain Allal al-Fassi, Leo Africanus, Abd el-Krim el-Khattabi, Ibnu Khaldun, dan Rabbi Moshe ben Maimon. 

8. Universitas Al Azhar (Mesir)

Universitas Al Azhar (Mesir)

Salah satu universitas terkenal yang cukup bergengsi di dunia selanjutnya adalah Universitas Al Azhar yang ada di Kairo, Mesir. Universitas ini dikenal sebagai salah satu pusat pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia. Universitas Al Azhar  berdiri sekitar tahun 970-972, yaitu pada masa kekuasaan dinasti Fatimiyah.

Selain dikenal sebagai universitas pemberi gelar tertua di dunia,  perpustakaan Al-Azhar menjadi perpustakaan nomor dua terpenting yang ada di Mesir setelah Perpustakaan dan Arsip Nasional Mesir. Al Azhar sendiri menjadi salah satu pencetak para intelektual yang cukup terkenal seperti Prof. KH. Irahim Hosen, dan Prof. Dr. M. Quraish Shihab.

9. Universitas Internasional Afrika (Sudan)

Universitas Internasional Afrika (Sudan)

Universitas Internasional Afrika adalah salah satu universitas favorit masyarakat tanah airair. Universitas ini terletak di ibu kota Khartoum, Sudan. Universitas swasta terbaik yang secara resmi berdiri sejak tahun 1986 ini merupakan perguruan tinggi pertama yang ada di Sudan. Meskipun usianya terbilang cukup muda, namun universitas ini telah banyak memiliki prestasi.

Universitas Internasional Africa menjadi salah satu perguruan tinggi yang kerap dipilih oleh mahasiswa dunia untuk mempelajari agama Islam, dan juga bahasa Arab. Seiring perkembangan waktu,  universitas Internasional Africa telah mengalami banyak perkembangan. Saat ini, kampus ini diketahui telah memiliki 16 fakultas.

10. Universitas Islam Madinah (Arab Saudi)

Universitas Islam Madinah (Arab Saudi)

Arab Saudi memang menjadi salah satu pusat pendidikan agama Islam yang cukup digemari oleh masyarakat dunia. Salah satu kampus bergengsi yang kerap dipenuhi para mahasiswa baru setiap tahunnya ini bernama Universitas Islam Madinah yang berlokasi di Prince Naif bin Abdul Aziz, Al Jamiah, Madinah.

Sejak berdiri pada tanggal 6 September 1961 silam, kampus yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Nabawi ini cukup diminati oleh masyarakat dunia, khususnya bagi muslim yang konsen terhadap ilmu syar’i. Saat ini, kampus yang diketahui hanya menerima mahasiswa beragama Islam dari seluruh dunia ini kerap melahirkan alumni ternama, baik di dalam dan luar negeri.

Demikian, 10 Universitas Islam di dunia yang cukup bergengsi dan diminati, yang telah kami rangkum. Universitas Islam menjadi salah satu perguruan tinggi yang mampu bersaing dengan kampus swasta lainnya. Nah, apakah kamu tertarik untuk memasuki universitas Islam yang ada di dunia? Jika tertarik, maka tulis alasanmu di bawah, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram