Makan Enak Sambil Ngobrolin Anime Jepang di Fuku Akiba

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah konsep Korean fan café hadir di Kota Kembang sejak beberapa tahun silam, kini para anime lovers juga bisa merasakan sensasi yang sama, lho. Baru-baru ini, terdapat sebuah restoran yang akan menyuguhkanmu sensasi makan ala Jepang yang dilengkapi dengan berbagai dekorasi bertemakan anime.

Restoran ini akan membuatmu merasa seperti berada di Negeri Sakura sungguhan. Namanya adalah Fuku Akiba. Restoran satu ini berlokasi di Jalan Progo, Kota Bandung. Bila kamu ingin mencoba sensasi makan ala Jepang dengan anime experience yang unik dan berbeda, kamu bisa banget mengunjungi restoran ini. Ingin tahu ada apa di Fuku Akiba? Simak ulasan tim Keluyuran soal restoran ini yuk!

Sekilas Tentang Fuku Akiba

Review Fuku Akiba_1 (Copy)

Baru saja dibuka pada tanggal 12 September 2020, Fuku Akiba nyatanya sudah menarik perhatian para otaku dan tentu saja siapapun yang ingin merasakan makan ala restoran Jepang dengan sensasi berbeda. Restoran satu ini mengusung konsep Japanese fan restaurant yang tak hanya berfokus pada menunya saja, namun juga pada dekorasi dan experience yang akan dirasakan para pengunjung.

Fuku Akiba memiliki tagline ‘let’s meet in Akihabara’ yang mana terinspirasi dari kawasan pusat elektronik Akihabara dan sekaligus merupakan surganya para otaku. Kawasan ini berada dekat dengan stasiun Akihabara di Tokyo sehingga dengan datang dan makan di Fuku Akiba, para pengunjung bisa merasakan sensasi seperti berada di kawasan Akihabara tersebut.

Menu di Fuku Akiba

Review Fuku Akiba_Menu (Copy)

Restoran Jepang ini memiliki berbagai macam hidangan ala Jepang yang bisa memanjakan lidah. Dimulai dari zensai atau makanan pembuka seperti takoyaki, okonimiyaki, dan torikage, lalu ada juga makanan berat seperti donburi dan ramen, nabe (sup klasik Jepang), dessert, skewers, serta tentu saja berbagai minuman khas Negeri Samurai.

Tim Keluyuran tentu saja tidak mau ketinggalan mencicipi menu-menu yang tersedia di Fuku Akiba. Karenanya, kami memesan beberapa menu makanan seperti Akiba Takoyaki sebagai zensai, ada juga Gyutataki Don dan Chicken Katsu Don dari line Donburi-nya. Konon, Chicken Kantsu Don adalah menu paling best seller di restoran ini.

Review Fuku Akiba_makanan (Copy)

Benar saja, pada saat kami mencicipinya, makanan ini terasa sangat gurih dengan potongan katsu ayam yang cukup besar dan nasi yang telah diberi saus khusus. Sementara Gyutataki Don menawarkan cita rasa cukup oriental dengan potongan daging sapi slice di atasnya yang bercampur dengan saus asam gurih.

Kalau dari line ramen, kami memesan Nanikotsu Ramen. Citarasa ramen ini tidak begitu kuat, namun tetap enak saat sampai di lidah. Kami juga memesan Sukiyaki Nabe yang merupakan sup manis Jepang dengan potongan daging, jamur shitake, tahu, sayuran, dan mie shirataki. Menu satu ini terasa menyegarkan dan sehat untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang berdiet.

Review Fuku Akiba_skewers (Copy)

Tak lupa juga kami mencicipi skewers yang tersedia di Fuku Akiba. Dari berbagai jenis daging, bakso ikan, dan seafood yang tersedia di etalase, yang kami pesan adalah Baby Shrimp, Jumbo Sausage, dan Ebi Kinchaku.

Oh iya, penyajian skewers di sini bisa digoreng dengan tambahan saus atau direbus dengan tambahan kuah. Pilih yang sesuai dengan seleramu, ya. Skewers ini sangat cocok kamu pesan ketika nongkrong bersama teman-teman sambil ngobrolin episode anime terbaru favorit kalian.

Review Fuku Akiba_minuman (Copy)

Tokyo Chocolate dan Ice Lychee Akiba adalah minuman yang kami cicipi. Kedua minuman ini terasa sangat nikmat dan cocok untuk menemai makanan yang kami pesan. Tak lupa juga kami memesan ocha yang bisa di-refill gratis. Dan terakhir, kami juga mencoba Milk Silky Pudding sebagai menu penutup.

Secara keseluruhan makanan maupun minuman di Fuku Akiba cukup beragam dan enak walaupun kamu tidak akan menemukan menu sushi di sini. Akan tetapi, kami sangat menyukai Chicken Katsu Don yang merupakan menu best seller Fuku Akiba, serta Milky Silky Pudding yang terasa manis, lembut, dan meleleh di mulut.

Tempat dan Susasana Fuku Akiba

Review Fuku Akiba_pajangan (Copy)

Selain pantas disebut sebagai Japanese fan restaurant, Fuku Akiba juga bisa disebut sebagai restorannya para otaku. Konsep anime di sini sangat kental  dengan dekorasi dan furniture yang digunakan. Kamu akan menemukan gambar tokoh-tokoh kartun dan anime pada dinding, hingga beberapa anime figure dan figure stands yang dipajang.

Bahkan, kalau kamu pernah menonton anime Fairy Tale, Fuku Akiba punya koleksi lengkap Celestial Spirit Gate Keys, lho. Keren banget!

Review Fuku Akiba_suasana (Copy)

Fuku Akiba menggunakan meja dan kursi kayu sebagai furniture utama. Selain itu, ada pula deretan bar stool dengan meja tinggi seperti yang sering kamu temui di kedai-kedai ramen di Jepang. Desain interior yang digunakan Fuku Akiba ini seperti mengadaptasi konsep kedai-semi-restoran. Karena tidak terasa terlalu konvensional bila harus disebut sebagai kedai.

Review Fuku Akiba_suasana 2 (Copy)

Oh iya, para pelayan dan shefu di sini juga menggunakan Haori sebagai seragam mereka. Kamu bahkan bisa melihat langsung atraksi masak para shefu karena Fuku Akiba juga menggunakan konsep open kitchen di sini. Konsep ini benar-benar menambah Japanese experiences bagi pengunjung.

Fasilitas dan Lokasi

Review Fuku Akiba_Catatan di Akiba (Copy)

Pada deret bar stool, terdapat bagian dinding yang dinamakan ‘Catatan di Akiba’. Bagian tersebut merupakan wall of wishes. Kamu bisa menuliskan harapan-harapanmu di sana atau juga menuliskan harapan untuk restoran Fuku Akiba.

Review Fuku Akiba_Photobooth (Copy)

Selain menawarkan anime experience lewat pajangan dan lukisan dinding yang digunakan, terdapat fasilitas photobooth di restoran ini yang dilengkapi dengan properti barang-barang khas karakter anime.

Contohnya topi Monkey D. Luffy dari anime One Piece, buku Death Note, ikat kepala ninja Konoha milik Naruto, hingga neko headband. Properti ini bisa kamu gunakan gratis lho untuk berfoto. Menarik, bukan?

Fuku Akiba sebenarnya tidak begitu luas serta belum menyediakan fasilitas toilet dan mushola saat kami mengunjunginya. Tapi tetap terdapat lahan parkir kok yang letaknya di depan pintu masuk restoran. Tempat parkir ini dapat menampung beberapa mobil dan sekitar 5 motor.

Kalau dari lokasi, Fuku Akiba relatif tidak sulit untuk ditemukan. Restoran ini berlokasi di Jalan Progo No. 5 berdekatan dengan Sejiwa Coffee dan Jonas Banda. Tapi karena baru saja dibuka, restoran ini belum memiliki cabang di lokasi lain.

Fuku Akiba

  • Alamat: Jl. Progo No.5, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.
  • Jam operasional: Buka setiap hari, pukul 11.00 – 20.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp. 15.000 – Rp. 50.000
  • Nomor telepon: 0812-1202-0808

Sebenarnya, sangat disayangkan bila kamu ingin merasakan Japanese and anime experience di Fuku Akiba tetapi tidak datang langsung ke tempatnya. Namun, bila kamu hanya ingin memesan menu rekomendasi restoran ini, kamu dapat memesannya secara online kok.

Overall, Fuku Akiba adalah tempat yang mesti dikunjungi oleh para otaku dan penggemar Jepang. Kamu yang ingin merasakan sensasi makan dan nongkrong ala Jepang dengan konsep berbeda juga bisa kok menjadikan Fuku Akiba sebagai pilihan.

Gimana, tertarik untuk mengunjungi restoran satu ini? Bila iya, silahkan datang langsung ke alamat yang tersedia. Jangan lupa juga tulis di kolom komentar bila kamu memiliki pertanyaan atau info menarik lainnya seputar Fuku Akiba. Selamat berkunjung ke Fuku Akiba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *