Keluyuran / Tips Wisata di Korea / Pakaian yang Harus Dibawa Saat Liburan Musim Dingin di Korea

Pakaian yang Harus Dibawa Saat Liburan Musim Dingin di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Korea Selatan adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur dan berbatasan dengan beberapa negara seperti Korea Utara, Jepang, dan Tiongkok. Negara ini terletak di kawasan subtropis (wilayah beriklim subtropis di Korea Selatan adalah Busan, Changwon, Geoje, Jeju, dan Ulsan) dan memiliki empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Di antara keempat musim tersebut, yang paling membuat penasaran banyak orang yang tinggal di kawasan tropis adalah musim dingin yang bersalju. Sebagai salah satu tujuan wisata yang populer, Korea Selatan kini telah dibanjiri oleh jutaan turis dari berbagai negara termasuk Indonesia dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Karena tidak ada musim salju di negara kita, maka banyak orang Indonesia yang memilih liburan ke Korea Selatan saat musim dingin yang terjadi sejak awal bulan Desember hingga awal bulan Maret. Beberapa tujuan wisata paling populer di Korea adalah Seoul yang memiliki suhu rata-rata −5 hingga −2,5 ° C pada bulan Januari dan pulau Jeju yang suhu rata-ratanya adalah 2,5 °C di bulan yang sama.

Perlu kamu ketahui bahwa musim dingin adalah waktu paling kering di Korea Selatan. Di sana, kamu akan sering melihat langit biru cerah yang akan memanjakan hari-harimu. Dengan tumpukan salju di berbagai wilayah Korea, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga saat mengunjungi negeri KPOP tersebut (di Indonesia juga sebenarnya kamu bisa melihat salju, namun harus mendaki dulu ke puncak pegunungan Jaya Wijaya di Papua).

Mempersiapkan pakaian dan aksesoris musim dingin saat akan pergi Korea di musim tersebut adalah hal yang sangat penting. Agar tubuh kamu tetap nyaman dan hangat, setidaknya kamu harus menggunakan beberapa lapis pakaian (bagian dalam, tengah, dan luar) termasuk insulated jacket, topi musim dingin, dan sarung tangan. Semua bagian tubuh (kecuali muka) harus tertutup lapisan pakaian agar udara dingin tidak menyerangmu.

Nah, jika kamu sudah siap berkunjung ke Korea Selatan di musim bersalju, maka kamu perlu mengetahui dulu pakaian-pakaian apa yang harus ada dalam kopermu. Yuk, segera cek di bawah ini!

Pakaian Musim Dingin di Korea

1. Underwear

Midweight Base Layer REI

 

Agar bagian kakimu tetap terasa hangat saat berjalan-jalan di luar, maka kamu perlu menggunakan underwear semacam legging. Selain nyaman dan memberi kehangatan saat digunakan, celana ini juga mampu menyerap keringat dan bau sehingga kegiatan outdoor-mu tetap berjalan dengan baik. Ini bisa menjadi celana dalam lapis kedua yang kamu gunakan di musim dingin.

2. Kaos

Kaos Lengan Panjang

Baju kaos berbahan lembut sangat disarankan untuk digunakan saat musim dingin di Korea. Agar bagian tubuh lainnya seperti pergelangan tangan tetap hangat, sebaiknya kamu membawa kaos lengan panjang. Kaos bisa kamu pakai sebagai pakaian lapisan pertama yang nantinya dilapisi lagi dengan pakaian sejenis sweater. Gunakan kaos yang menurutmu nyaman digunakan, ya.

3. Sweater

Sweater

Sweater adalah pakaian yang perlu kamu bawa untuk dijadikan sebagai lapisan tengah. Menggunakan kaos dan jaket berinsulasi saja tidak cukup untuk menghalau udara dingin yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, bawalah beberapa sweater yang cukup tebal untuk membuat tubuhmu lebih hangat lagi. Karena nanti akan tertutup dengan pakaian lapis lainnya, bawa saja sweater yang sudah ada (tidak perlu repot-repot memikirkan model dan gaya).

4. Celana Panjang

Celana Panjang

Celana panjang ini nanti digunakan sebagai lapisan dari underwear yang dibahas di bagian pertama. Ada berbagai jenis celana panjang yang bisa kamu pakai saat musim dingin di Korea. Sebaiknya gunakan celana panjang yang tidak akan membuat gerak langkahmu kesulitan.

Pakaian Luar Musim Dingin

1. Insulated Jacket

Insulated Jacket

Insulated jacket atau jaket berinsulasi (jenis hardshell) sangat tepat digunakan saat musim dingin. Jaket jenis ini menawarkan lapisan isolasi yang mampu menghangatkan tubuhmu. Agar bagian kepalamu juga tetap hangat, pilihlah jaket berinsulasi dengan penutup kepala (mayoritas insulated jacket sepertinya sudah dilengkapi penutup kepala). Ada juga jaket jenis ini yang berbentuk panjang hingga menutupi bagian betis. Pilih insulted jacket terbaik di Bukalapak lewat link ini.

2. Topi Kupluk

Topi Kupluk

Aksesoris pakaian ini berguna untuk menghangatkan bagian kepala dan telingamu dari udara dingin yang menggigit. Model topi ini bermacam-macam, ada yang khusus pria, khusus wanita, dan unisex. Jadi, pilihlah topi kupluk yang terbaik dan ternyaman menurutmu. Silakan beli topi ini di Bukalapak lewat link ini.

3. Syal atau Selendang

Syal

Syal perlu kamu bawa untuk menjaga lehermu dari serangan udara dingin agar tidak terasa kaku. Walaupun jaket berinsulasi sudah menutupi bagian leher, namun terpaan udara bisa tetap masuk melalui celah-celah yang ada. Jadi, agar seluruh bagian atas tubuh tertutup sempurna (kecuali wajah), gunakanlah syal saat kamu sedang berada di luar ruangan. Sebaiknya bawa syal yang cukup panjang dan tebal, ya. Bisa beli syal khusus musim dingin di Bukalapak lewat link ini.

4. Sarung Tangan

Sarung Tangan

Agar tanganmu tidak kedinginan dan kaku saat mengunjungi Korea di musim dingin, maka kamu harus mempersiapkan beberapa pasang sarung tangan khusus musim dingin. Kamu juga bisa membeli sarung tangan khusus yang memungkinkanmu mengoperasikan layar ponsel pintar tanpa perlu melepasnya. Ujung jari sarung tangan jenis ini biasanya berbahan silikon. Silakan beli sarung tangan di Bukalapak lewat link ini.

Alas Kaki Musim Dingin

1. Kaus Kaki

Kaos Kaki

Untuk menjaga kakimu tetap kering dan hangat, gunakanlah kaus kaki sebelum menggunakan sepatumu. Pilihlah kaus kaki dengan bahan yang cukup tebal namun tetap memiliki kemampuan breathability yang baik. Agar jalan-jalanmu tetap nyaman, kamu bisa membeli beberapa kaus kaki khusus yang menawarkan bantalan tambahan. Untuk membelinya, bisa cek di Bukalapak lewat link ini.

2. Sepatu

Men Winter Boot

Kamu bisa memilih jenis sepatu tahan air untuk digunakan saat musim dingin di Korea. Sepatu model slip-on yang berbahan cukup tebal dan waterproof adalah salah satu pilihan yang bagus. Jika ingin sesuatu yang lebih menutupi bagian kaki, kamu bisa menggunakan sepatu boot khusus musim dingin (pria dan wanita).

Itulah beberapa pakaian dan aksesoris musim dingin yang perlu kamu siapkan sebelum berkunjung ke Korea (dan ke negara empat musim lainnya). Kamu bisa memilih model pakaian musim dingin yang sesuai dengan keinginanmu. Kunci agar kamu bisa melewati hari-harimu dengan baik saat berada di sana adalah dengan menggunakan pakaian berlapis. Cek Bukalapak di link ini untuk membeli sepatu musim dingin.

Minimal kamu perlu memakai tiga lapis pakaian agar tubuhmu tetap hangat saat beraktivitas di luar ruangan dengan suhu di bawah titik beku. Gunakan pakaian dengan bahan yang lembut dan cukup tebal agar udara yang dingin tidak masuk menusuk kulitmu. Bahan pakaian yang tahan bau lebih direkomendasikan agar kamu tetap nyaman beraktivitas lebih lama.

Jika kamu ingin mengetahui tempat-tempat wisata bersalju untuk liburan musim dingin kamu lainnya, kamu bisa membaca artikel Keluyuran yang ini: 10 Tempat Wisata Bersalju untuk Liburan di Musim Dingin.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar