10 Pura di Bali yang Menjadi Destinasi Wisata Favorit

Bali dikenal sebagai tujuan wisata andalan di Indonesia. Pulau Dewata ini terkenal sebagai pulau seribu pura karena di Bali banyak terdapat Pura yang juga menjadi destinasi wisata. Tentu banyak orang yang sudah mengenal Pura Tanah Lot atau Pura Besakih, tetapi masih ada Pura lain di Bali yang tak kalah menariknya.

Untuk kamu yang berencana akan berlibur ke Bali dan ingin tahu tentang Pura di Bali, jangan lewatkan artikel berikut ini ya!

1. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Salah satu Pura di Bali yang paling terkenal adalah Pura Tanah Lot. Keindahan pura ini sudah tidak diragukan lagi. Pura ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit para pengunjung yang datang ke Bali yang berdiri dengan megah di atas batu karang di lepas pantai.

Karena letaknya tersebut, Pura ini hanya bisa dikunjungi ketika air laut sedang surut karena jalan setapak untuk menuju Pura saat air laut pasang akan terbenam. Pura tersebut pun akan nampak seperti berada di tengah lautan.

Sore hari, saat air laut pasang dan matahari mulai terbenam merupakan momen yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Ketika matahari terbenam, tercipta pemandangan yang khas Pura Tanah Lot yang indah dan eksotis.

  • Alamat: Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121
  • Jam buka: 07.00 - 19.00 WITA
  • HTM: (Domestik) orang dewasa Rp20.000 dan anak-anak Rp15.000, (Mancanegara) orang dewasa Rp60.000 dan anak-anak Rp30.000
  • Biaya parkir: motor Rp2.000, mobil Rp5.000 dan bus Rp10.000
  • No. Telp: (0361) 880361

2. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur

Salah satu Pura di Bali yang heboh di dunia media sosial adalah Pura Lempuyang Luhur. Pura ini menjadi buruan para turis yang datang ke Bali. Mereka rela antre untuk berfoto di gapuranya yang tinggi dan ikonik sekali ini. Banyak turis yang berdatangan ke sini karena melihat foto-foto di instagram.

Pura Lempuyang Luhur berada di ketinggian sehingga wisatawan bisa melihat Gunung Agung dari kejauhan. Pura Lempunyang yang sering disebut sebagai Pura terindah di Bali ini dijuluki sebagai “Gates of Heaven” karena keindahannya.

Sebelum menapakkan kaki di pura ini, ada perjuangan yang harus dilakukan oleh mereka yang ingin berfoto di sini. Untuk sampai di lokasi puncak pura ini, wisatawan harus mendaki sekitar 1.700 anak tangga. Meskipun melelahkan tapi semuanya akan terbayarkan dengan keindahan pura ini.

  • Alamat: Bunutan, Abang, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem
  • Jam buka: 07.00 - 19.00 WITA
  • HTM: sukarela, sewa sarung Rp10.000
  • Biaya parkir: Rp5.000

3. Pura Agung Besakih

Pura Agung Besakih

Lokasinya berada di Desa Besakih, Karangasem, Pura di Bali ini bernama Pura Agung Besakih. Pura ini merupakan salah satu Pura yang menjadi destinasi wajib para wisatawan yang datang berkunjung ke Bali. Memiliki 18 pura pendamping, Pura Agung Besakih adalah pura terbesar di Bali.

Kalau ingin menjelajahi seluruh area Pura terindah di Bali ini, wisatawan akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Ada satu pura pusat yang berdiri dengan megah dalam kompleks Pura Agung Besakih, namanya Pura Penataran Agung. Untuk tiba di sini pengunjung harus naik anak tangga yang banyak.

Jangan khawatir, semua lelah akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa saat sampai di puncak. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Pura Pengubengan yang terletak di lereng Gunung Agung karena Pura ini memiliki pemandangan yang indah luar biasa.

  • Alamat: Jl. Gunung Mas Ds, Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem
  • Jam buka: 08.00 - 18.00 WITA
  • HTM: Rp30.000 domestik, Rp60.000 mancanegara
  • Biaya parkir: motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000
  • No. Telp: 0823-3919-8076

4. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

Pura di Bali selanjutnya yang menjadi salah satu destinasi wisata terindah terletak di daerah dataran tinggi Bedugul. Nama Pura ini adalah Pura Ulun Danu Bratan. Pura ini berada di tepi Danau Bratan yang memiliki air yang jernih. Wisatawan yang berkunjung akan merasakan atmosfer yang menenangkan.

Dikelilingi oleh barisan pegunungan hijau berselimut awan putih, Pura Ulun Danau Bratan sangat  memesona. Keindahannya  Pura Ulun Danu Bratan juga pernah diabadikan pada mata uang nasional. Ayo tebak, uang rupiah pecahan berapa yang memiliki gambar Pura Ulun Danu Bratan sebagai latarnya?

Selain menikmati keindahan puranya, pengunjung juga bisa berwisata air yang seru. Pemerintah setempat menyediakan fasilitas perahu yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mengelilingi Danau Bratan ini. Kalau berkunjung ke Pura ini jangan lupa bawa jaket karena di sini udaranya cukup dingin.

  • Alamat: Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan
  • Jam buka: 07.00 - 19.00 WITA
  • HTM: Rp15.000 - Rp20.000
  • Biaya parkir: motor Rp2.000, mobil Rp5.000 dan bus Rp10.000
  • No. Telp: (0368) 2033143

5. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul

Berlokasi di Kabupaten Gianyar, Pura Tirta Empul merupakan salah satu pura di Bali yang memiliki umur yang sudah cukup tua karena pura ini sudah dibangun pada abad ke-10. Sekarang ini pura tersebut sudah diakui sebagai salah satu warisan budaya nasional.

Di pura ini terdapat mata air yang tak pernah surut yang mengalir sampai ke kolam pemandian sehingga Pura Tirta Empul menjadi tujuan wisata pura di Bali. Di tempat tersebut, pengunjung dapat mengikuti melukat, yaitu ritual penyucian diri.

Tak hanya bisa mengunjungi kolam pemandian, wisatawan juga dapat berkunjung ke kawasan yang disebut dengan jeroan untuk beristirahat. Masyarakat Hindu Bali sering menggunakan jeroan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara.

  • Alamat: Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar
  • Jam buka: 08.00 - 18.00 WITA
  • HTM: Dewasa Rp30.000 dan anak Rp25.000
  • Biaya parkir: motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000
  • No. Telp: 0361 222387

6. Pura Alas Kedaton

Pura Alas Kedaton

Saat berkunjung ke pura di Bali ini, wisatawan akan disambut oleh suasana sejuk. Hal itu karena Pura Alat Kedaton yang terletak di Desa Kukuh, Tabanan ini kelestariannya sangat terjaga.Bahkan masyarakat sekitar pantang untuk menebang pohon secara sembarangan agar kompleks pura ini tetap hijau.

Hal lain yang menjadikan Pura Alas Kedaton ini ikonik adalah adanya ribuan kera dan kelelawar yang hidup di dalamnya. Jangan sampai lupa untuk membawa camilan untuk kera-kera kalau mau berkunjung ke Pura ini.

  • Alamat: Jl. Raya Alas Kedaton, Kukuh, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan
  • Jam buka: 09.00 - 17.00 WITA
  • HTM: Rp20.000 domestik, Rp30.000 mancanegara
  • Biaya parkir: motor Rp2.000, mobil Rp5.000 dan bus Rp10.000
  • No. Telp: (0361) 814155

7. Pura Taman Ayun Mengwi

Pura Taman Ayun Mengwi

Taman Ayun kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah taman yang indah. Di bagian luar Pura Taman Ayun ada halaman yang sangat luas yang memiliki tempok pagar dengan desain khas Bali. Sementara itu di bagian dalam area pura terdapat kolam air yang mengelilingi kawasan pura.

Pura Taman Ayun merupakan salah satu pura yang memperlihatkan keunikan juga keindahan dari arsitektur tradisional Bali yang  berpadu dengan pengaruh arsitektur Tiongkok. Untuk penyuka arsitektur Bali Kuno, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pura Taman Ayun Mengwi.

Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi pura Taman Ayun adalah mereka yang sebelumnya sudah berlibur ke objek wisata Bali utara dan Bali tengah. Pura Taman Ayun menjadi tempat persinggahan dalam perjalanan menuju ke Pura Tanah Lot atau ke Seminyak.

  • Alamat: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung
  • Jam buka: 08.00 - 18.15 WITA
  • HTM: Domestik Rp15.000 dan mancanegara Rp50.000
  • Biaya parkir: motor Rp2.000, mobil Rp5.000
  • No. Telp: (0361) 9009270

8. Pura Taman Saraswati Ubud

Pura Taman Saraswati Ubud

Pura Taman Saraswati merupakan satu objek wisata pura di Bali yang berlokasi di Ubud. Pura Taman Saraswati terletak di area pusat Ubud yang memiliki daya tarik berupa keindahan arsitektur serta kolam bungan teratai. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke sini tertarik berfoto dengan latar pura ini.

Di area Pura Taman Saraswati Ubud tiap pukul 19.30 ada pertunjukan seni tari Bali. Cara terbaik menikmati liburan di Pura Taman Saraswati adalah dengan berjalan kaki. Di dekat pura ini terdapat objek wisata lain yang bisa dikunjungi, seperti Istana Kerjaan Ubut atau Museum Puri Lukisan Ubud.

  • Alamat: Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar
  • Jam buka: 07.00 - 17.00 WITA
  • HTM: Gratis

9. Pura Menjangan

Pura Menjangan

Menjangan adalah destinasi wisata di Pulau Bali yang banyak dikunjungi oleh para penyuka diving karena memiliki spot diving terbaik. Namun di tempat ini juga terdapat sebuah pura yang terletak sekitar 76 km dari Kota Singaraja. Pura di Bali itu bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana.

Nama lain untuk pura ini adalah Pura Menjangan yang disakralkan. Patung Ganesha berwarna putih yang berdiri megah menghadap ke lautan lepas adalah salah satu pemandangan paling ikonik yang dimiliki oleh pura ini. Selain Patung Ganesha, di sini juga terdapat 7 titik sembahyang.

  • Alamat: Ds. Sumber Klampok, Gerogak, Kab. Bulelang, Bali
  • HTM: Domestik Rp2.500, asuransi Rp4.000 dan mancanegara Rp400.000

10. Pura Goa Gajah

Pura Goa Gajah

Jika umumnya pura di Bali dibuat di tempat yang tinggi, pura yang satu ini justru berada di tempat  yang menurun. Pura Goa Gajah adalah nama pura tersebut. Untuk bisa sampai di pura ini pengunjung harus menuruni jalan setapak sampai akhirnya menemukan Pura yang berbentuk seperti gajah.

Dibangun pada sekitar abad ke-11, pura yang memiliki bentuk seperti goa dan ukiran kepala gajah ini dahulu dipakai sebagai tempat untuk bermeditasi. Pura ini sempat terkubur sekian lama dan barulah di tahun 1923 ditemukan kembali.

Di sekitar pura juga terdapat goa yang memiliki nama yang sama. Selain itu, ada juga sebuah kolam pemandian serta Sungai Petanu yang letaknya tak jauh dari Pura ini. Keduanya tak kalah menarik dari Pura Goa Gajah.

  • Alamat: Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar
  • Jam buka: 08.00 - 16.00 WITA
  • HTM: Rp30.000
  • Biaya parkir: motor Rp2.000, mobil Rp5.000

Jika kamu penyuka seni dan budaya, wisata ke pura di Bali bisa menjadi pilihan. 10 Pura yang dibahas di atas bisa jadi rekomendasi untuk liburan di Bali. Pura mana yang sangat ingin kamu kunjungi? Apakah tertarik untuk berfoto di Pura Lempuyang Luhur seperti kebanyakan orang?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram