Inilah Tips Membeli Tiket Pesawat Murah ke Korea Selatan!

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 4 Oktober 2019

Semakin digemarinya drama Korea dan budaya Kpop, secara tidak langsung sangat berpengaruh terhadap pariwisata negara Korea Selatan itu sendiri. Bagaimana tidak? Para penggemar hiburan Korea dari berbagai negara kemudian memimpikan untuk dapat menginjakkan kaki secara langsung di negeri ginseng yang terkenal romantis tersebut.

Nah, bagi kamu yang juga berkeinginan mengunjungi negeri para oppa ini tentunya sudah mulai berhitung berapakah budget yang harus kamu siapkan untuk dana liburan selama beberapa hari di Seoul, Busan, Jeju dan sekitarnya. Cukup lumayan ya ternyata. Tapi, tahukah kamu bahwa pengeluaran terbesar dari liburan ke Korea Selatan adalah tiket pesawat?

Ya! Tiket pesawat ke Korea Selatan memang cukup mahal mengingat jaraknya yang cukup jauh dan memakan waktu perjalanan sekitar 6 hingga 7 jam. Namun, bagi kamu yang berencana untuk liburan ala backpacker, tidak perlu khawatir! Karena Keluyuran akan membagikan tips membeli tiket pesawat murah ke Korea Selatan agar kamu bisa lebih berhemat dan impianmu untuk terbang ke Korea Selatan akan lebih cepat terwujud. Berikut selengkapnya.

1. Berlibur pada Low Season

Sama halnya seperti Jepang, Korea selatan merupakan negara yang terdiri dari 4 musim, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Tentunya masing-masing musim tersebut memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Nah, jika kamu menginginkan tiket murah, biasanya harga tersebut bisa kamu dapatkan pada saat low season di setiap musimnya.

  • Musim Dingin

winter korea

* sumber: tourkekorea.net

Musim dingin di Korea Selatan berlangsung mulai dari awal Desember hingga akhir Februari. Pada dasarnya, winter sendiri selalu ramai dan merupakan musim yang diincar para turis khususnya dari negara tropis seperti Indonesia. Apalagi ditambah momen liburan natal dan tahun baru yang berlangsung cukup lama di akhir tahun, membuat harga tiket di bulan Desember menjadi sangat tinggi. Hampir tidak ada harga promo selama bulan Desember.

Nah, jika kamu ingin merasakan winter dengan harga lebih hemat, sebaiknya kamu mengincar tanggal pertengahan Januari hingga awal dan pertengahan Februari. Mengapa? Karena di tanggal-tanggal tersebut orang-orang mulai kembali bekerja setelah libur panjang, dan suhu di Korea pun memang lumayan ekstrim di waktu tersebut, yaitu bisa mencapai di bawah nol derajat. Dan pada akhir Februari harga tiket kembali melonjak karena mulai transisi menuju musim semi.

  • Musim Semi

cherry blossom korea*

Musim yang tidak kalah penggemarnya adalah musim semi. Pemandangan bunga sakura yang indah seperti di drama Korea bisa kamu temukan pada musim ini. Tidak heran jika pada bulan-bulan mekarnya sakura atau cherry blossoms, harga tiket bisa dibilang paling tinggi.

Musim semi di Korea berlangsung dari awal Maret hingga akhir Mei. Namun sakura hanya mekar di sekitaran awal maret hingga pertengahan April saja. Maka dari itu jika kamu berharap berlibur dengan musim semi yang sejuk namun dengan harga tiket murah, biasanya bisa kamu temukan di tanggal pertengahan hingga akhir bulan Mei. Meskipun sakura sudah rontok, namun suhu udara masih berada di angka belasan sehingga kamu seperti berada di Puncak Bogor.

  • Musim Panas

Namsan Park

Mulai dari bulan Juni hingga Agustus adalah musim panas di Korea Selatan. Inilah musim dimana tiket promo banyak dibuka. Namun perlu diingat bahwa musim panas di Korea Selatan bisa dibilang lebih panas daripada musim panas di Indonesia. Bukan hanya panas, namun juga lembap dan banyak nyamuk. Bahkan usut punya usut, orang Korea sendiri cenderung berlibur ke luar negeri pada saat sedang musim panas di negaranya.

  • Musim Gugur

autumn korea

Musim favorit lainnya selain winter dan spring, adalah musim gugur atau autumn. "Musim yang romantis" Begitu kata banyak orang. Hampir sama dengan musim semi, musim gugur adalah waktu yang sempurna mengunjungi Korea Selatan. Karena dengan cuaca yang sejuk, kamu pun bisa menikmati pemandangan gugurnya daun-daun berwarna kuning merah hijau kecoklatan yang sangat cantik. Dijamin foto-foto liburanmu akan sangat keren.

Nah di antara bulan september hingga november di musim gugur, awal hingga pertengahan bulan september biasanya masih termasuk low season. Bulan september merupakan peralihan dari musim panas sehingga pada bulan tersebut cuaca masih cukup hangat dan warna daun masih hijau segar. Bidiklah tanggal-tanggal di antara bulan september ini untuk mendapatkan harga termurah.

2. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

calendar

* sumber: unsplash.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tiket promo dengan harga termurah biasanya dijual dengan konteks early bird atau pembelian untuk jauh-jauh hari hingga hampir 6 bulan sebelum keberangkatan. Ya, meskipun begitu memang tidak ada salahnya untuk dicoba.

Berbekal niat traveling yang kuat dan kesempatan yang sulit untuk memperoleh tiket murah, tentunya kamu pun harus rajin berburu tiket promo dari beberapa bulan sebelumnya. Biasanya promo early bird ini tidak main-main. Bahkan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan harga promo untuk high season.

Lantas, berapakah kisaran harga promo ke Korea Selatan? Untuk harga ekonomi PP dengan maskapai full service biasanya rute CGK-ICN dipatok mulai dari 6 juta ke atas. Sedangkan untuk harga promo biasanya berkisar antara 3,5 sampai 4,5 juta rupiah.

Bagaimana dengan maskapai low cost carrier? Tentunya harga promo bisa lebih murah dari yang ditawarkan maskapai full service. Namun perlu diingat bahwa biasanya budget airlines tidak memberikan fasilitas bagasi dan makanan sehingga harus dibeli secara terpisah dengan harga yang juga lumayan. Jadi, perhitungkan dengan matang ya mana yang dirasa lebih menguntungkan.

3. Tiket Transit

plane interior

* sumber: unsplash.com

Untuk menyiasati budget tiket pesawat, tiket transit rasanya bisa menjadi solusi. Penerbangan direct memang memiliki kelebihan yaitu waktu perjalanan yang lebih singkat. Sedangkan untuk tiket transit, perjalanan menjadi lebih panjang karena kamu harus singgah terlebih dulu di salah satu atau beberapa kota sampai akhirnya tiba di destinasi tujuan. Namun dengan harga yang murah tentunya tidak menjadi masalah, bukan?

Selain dari harganya yang lebih murah, sebenarnya tiket transit memiliki kelebihan tersendiri. Biasanya waktu transit tercepat adalah sekitar 2 jam untuk berpindah pesawat, dan waktu transit paling lama bisa mencapai lebih dari 24 jam. Semakin lama durasi transit, umumnya akan semakin murah juga harga yang ditawarkan. Nah! Bagi kamu yang ingin traveling ke beberapa destinasi sekaligus, dapat memanfaatkan transit flight ini.

Untuk keberangkatan dari Indonesia sendiri, terdapat beberapa maskapai dengan tujuan Korea Selatan yang transit di beberapa kota, di negara berbeda, seperti Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, Manila, dan Hongkong. Sekarang tinggal bagaimana kamu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan flight transit agar dapat disesuaikan dengan budget dan rencana perjalananmu.

4. Ikuti Travel Fair

travel fair

* sumber: www.thejakartapost.com

Travel fair merupakan event tahunan yang digelar di beberapa kota dan diikuti oleh berbagai maskapai dan tour travel. Dalam pameran khusus traveling tersebut biasanya banyak sekali penawaran menarik khususnya tiket pesawat dan paket tour. Penawaran tersebut biasanya berupa cashback dengan kartu kredit Bank tertentu, promo early bird, atau happy hour dimana harga promo hanya dijual dalam beberapa jam saja.

Biasanya tanggal dilaksanakannya travel fair ini sudah dipublikasikan sejak jauh-jauh hari. Jadi pastikan tabungan kamu cukup ketika menghadiri travel fair ini. Siapa tau kamu berhasil berburu tiket super murah.

5. Ikuti Media Promosi Maskapai

airline logo

* sumber: www.tripprofessionalstravel.com

Tiket pesawat murah atau promo biasanya dijual dalam jumlah terbatas dan dalam waktu yang terbatas pula. Untuk itulah kamu wajib untuk mengikuti berbagai media promosi yang dimiliki oleh maskapai yang kamu incar, dan juga beberapa situs penjualan tiket terbesar agar kamu tidak kalah cepat begitu ada promo berlangsung. Kamu bisa mulai dengan mengikuti akun sosial media yang mereka miliki seperti instagram, FB dan twitter.

Kamu juga bisa mendaftarkan emailmu untuk mendapatkan newsletter tentang penawaran menarik yang sedang diselenggarakan oleh setiap maskapai.

Itulah tips-tips dalam membeli tiket pesawat murah ke Korea Selatan yang bisa kamu coba. Jika kamu memiliki tips tambahan, bisa tuliskan di kolom komentar ya! Selamat hunting tiket murah, dan semoga liburan kamu menyenangkan.

Oh iya, kalau kamu ingin mendapatkan tiket pesawat murah untuk liburan ke Jepang, kami punya tipsnya dan telah dirangkum dalam artikel 8 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah ke Jepang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram