Semerbak Se’i Bowl, Se’i Enak di Bandung yang Wajib Dicoba!

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada yang tahu apa itu Se’i sapi? Kalau kamu pecinta kuliner nusantara pasti sudah nggak asing dengan kuliner satu ini. Daging se’i adalah kuliner yang berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ternyata Kupang tidak hanya memiliki tempat wisata yang indah, namun juga memiliki kuliner khas yang lezat, yaitu Se’i Sapi.

Cara memasaknya pun unik, daging dimasak dengan cara diasapi. Kayu bakar menjadi alat yang digunakan dalam proses memasak daging ini. Penggunaan kayu bakar saat memasak daging ini memberikan cita rasa yang khas sekali, aroma dagingnya pun lebih wangi.

Sedikit cerita tentang daging se’i, kata se’i ini memiliki arti daging yang diiris tipis memanjang. Dan pada mulanya daging digunakan adalah daging rusa, tapi kemudian berkembang menjadi daging sapi dan daging babi.

Tapi tenang saja, untuk kamu yang nggak makan daging babi, sekarang banyak kedai se’i yang menggunakan daging sapi dan ayam alias halal. Nah, seperti salah satunya kedai se’i yang Keluyuran sudah cicip beberapa waktu lalu. Berbeda dengan cara penyajian se’i yang mungkin pernah kamu lihat, di kedai satu ini satu paket daging se’i dikemas di dalam bowl.

Penasaran dengan namanya kedainya? Namanya Sei Sapi Semerbak. Kalau ingin tahu lebih jelasnya lagi, yuk simak dulu ulasan dari Keluyuran berikut ini!

Menu di Sei Sapi Semerbak

sei sapi semerbak

Di Sei Sapi Semerbak ini terdapat 2 pilihan daging se’i yaitu sapi dan ayam. Dan ada 3 pilihan sambal yang enak banget rasanya, yaitu sambal korek, sambal matah dan lada hitam. Oh iya, untuk nasinya ternyata kamu bisa pilih mau nasi goreng atau nasi putih. Di setiap porsinya masing-masing sudah tersedia tumis daun singkong yang rasanya sangat khas sekali.

sei sapi semerbak 2

Karna penasaran dengan rasa dari sambalnya, Keluyuran pesan 3 porsi dengan sambal yang berbeda-beda. Nah, menu pertama yang dicicipi adalah se’i sapi sambal korek. Daging sapinya yang diiris memanjang disajikan di atas nasi panas dengan tumisan daun singkong sebagai pelengkapnya. Untuk kamu yang suka makanan pedas, pilihan sambal korek ini cocok banget karena rasanya pedas banget.

sei sapi semerbak 3

Lalu berikutnya adalah se’i sapi lada hitam, kalau menu satu ini adalah kebalikannya dari sambal korek. Kalau kamu ingin menikmati daging se’i tanpa rasa kepedesan, kamu wajib pesan yang lada hitam ini. Meski rasa sambalnya terasa kuat, tapi wangi dari daging asapnya nggak tertutup dengan rasa sambal.

sei sapi semerbak 4

Selanjutnya, Keluyuran mencoba daging se’i ayam dengan sambal matah. Seperti yang kamu tahu ya kalau sambal matah adalah sambal khas tradisional Bali. Rasanya jadi unik ketika daging ala NTT ini dipertemukan dengan sambal matah yang segar dan pedas ini. Daging ayam yang disajikan di sini pun dipotong memanjang dan dimasak sama seperti daging se’i sapi sebelumnya.

Kalau menurut Keluyuran sih, rasa ayamnya jadi unik karena wangi daging asap khas NTT ini cukup kuat. Nah, meski ada pilihan nasi gorengnya, kami memilih nasi putih saja karena ingin fokus dengan rasa daging dan sambalnya.

Bicara soal penyajian makanan, sesuai dengan namanya nih, setiap porsi makanan disajikan dalam bowl. Meskipun kamu makan di tempat atau dibungkus, penyajiannya sama dan rasanya pun dijamin tetap sama-sama enaknya kok!

Pasti kamu jadi penasaran kan berapa harganya? Harganya sangat terjangkau, lho! Kalau untuk se’i daging ayam 25rb dan se’i sapi 28rb saja. Oh iya, untuk minuman ada es teh manis, lemon tea, es milo yang harganya ngga akan bikin kantong kamu bolong. Hehe!

Lokasi

sei sapi semerbak 5

Sei Sapi Semerbak yang tadinya berlokasi di jalan Ambon No. 15 Bandung, tepatnya ada di dalam The Saparua. Dan untuk jam operasional Semerbak Se’i Bowl ini dimulai dari jam 10.00-21.30.

Untuk yang belum pernah kesini, The Saparua merupakan sebuah tempat yang menjadi salah satu pusat fashion dan kuliner kekinian di Bandung. Di sini kamu bisa berbelanja pakaian, sepatu dan aksesoris hingga menikmati kuliner yang enak di Bandung. Makanan yang tersedia di sini beragam, di mulai dari sate taichan, baso aci hingga ke tempat ngopi.

Bentuk tempat dari Semerbak sendiri adalah seperti sebuah kios makanan yang di foodcourt mall. Jadi, pesan dan bayar di kasirnya langsung ya. Kalau kamu ingin makan di tempat, disediakan cukup banyak meja dan kursi di area tengah The Saparua.

Untuk kamu yang bawa kendaraan pribadi, di area The Saparua ini sudah disediakan juga kok fasilitas tempat parkir mobil atau motor yang aman. Selain itu, terdapat juga fasilitas lain seperti toilet, mushola, dan kadang ada juga live music atau acara lainnya di sini. Jadi sambil menikmati Semerbak Se’i Bowl bisa ambil nongkrong menikmati suasana yang nyaman di The Saparua.

sei sapi semerbak 6

Nah, misalnya kamu nggak sempet untuk datang langsung, pesan melalui food delivery online saja. Kamu nggak perlu kuatir karena pesanan kamu tertutup rapat di dalam bowl sehingga nggak mudah tumpah dan panas makanannya pun masih terjaga.

Bagaimana pendapatmu setelah membaca ulasan se’i sapi/ayam di Semerbak di atas ini? Pasti jadi penasaran, kan? Untuk kamu yang belum pernah mencicipinya daging se’i sama sekali, kamu wajib banget mampir kesini karena rasanya nggak mengecewakan alias enak.

Nusa Tenggara Timur selain terkenal akan tempat wisatanya yang menakjubkan, tapi kulinernya pun nggak kalah menarik, Jadi sebelum bersiap liburan ke NTT, ada baiknya nih kamu coba dulu kuliner khasnya ini ya. Oh iya, kalau kamu sudah pernah mencoba Sei Sapi Semerbak ini, jangan ragu untuk membagikan pendapat kamu di kolom komentar bawah ini ya!

Update: Sekarang Sei Sapi Semerbak sudah pindah lokasi dan kini memiliki beberapa cabang di Bandung. Catat yuk info lebih selengkapnya berikut ini:

Alamat:

  • Jl. Sukanagara No.88 Antapani Bandung
  • Jl. Sukaraja No. 318 Bandung
  • Jl. Wayang No.2 Burangrang, Bandung

Jam buka: 09.00-21.00 WIB

No. Tlp: 082229872277

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Terima kasih sudah mereview sei sapi semerbak saparua. Kl bisa kita mengundang ke tempat cabang baru kita sei sapi semerbak antapani. Terima kasih ??

    1. Sukses selalu untuk Sei Sapi Semerbak! Nanti kita keluyuran kesana kak, terimakasih untuk undangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *