Ini Dia Perkiraan Biaya Liburan Ke Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara yang mulai banyak diminati oleh wisatawan. Jika dahulu negara Asia yang banyak diminati oleh wisatawan asal Indonesia adalah Singapura, Cina, Hong Kong, Jepang, dan Malaysia, kini Korea Selatan juga masuk ke dalam daftar negara yang mulai dilirik oleh wisatawan dari berbagai negara.

Apakah Anda berencana untuk turut berlibur ke Korea Selatan? Bagi Anda yang tidak mengikuti paket perjalanan wisata bersama agen tour and travel, maka Anda pasti akan membutuhkan persiapan yang matang dan runutan itinerary yang jelas selama di Korea Selatan.

Nah, Keluyuran akan memberi rekomendasi itinerary berserta dengan biaya liburan ke Korea Selatan selama 5 hari. Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk berlibur dengan hemat. Walaupun hemat, tetapi perjalanan Anda di Korea Selatan dijamin akan sangat menyenangkan.

Tiket Pesawat

biaya liburan ke korea

Pesawat adalah satu-satunya transportasi untuk berangkat dari Indonesia menuju ke Korea. Agar lebih mudah, kami akan mengambil kota keberangkatan di Jakarta, karena kebanyakan maskapai tujuan Korea akan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta.

Tips untuk menghemat biaya liburan ke Korea adalah belilah tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Bila perlu belilah 3-6 bulan sebelum keberangkatan. Karena Anda juga harus mengurus Visa ke Korea terlebih dahulu. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan jika ada event Travel Fair karena Anda biasanya akan mendapat harga yang sangat murah di event tersebut.

Biaya tiket pesawat dari Bandara Soekarno Hatta – Jakarta menuju ke Bandara Incheon - Seoul sangat bervariasi. Jika dibeli jauh-jauh hari atau membelinya ketika ada promo, maka Anda bisa mendapatkan harga di bawah 2 jutaan. Namun pada keadaan normal, harga tiket pesawat bisa mencapai lebih dari 4 jutaan.

Maskapai Air Asia biasanya menawarkan tiket yang cukup murah dibanding maskapai lainnya. Akan tetapi, biasanya Anda akan transit di Kuala Lumpur terlebih dahulu sebelum sampai di Bandara Incheon. Jika ingin menggunakan maskapai penerbangan Jakarta-Seoul yang tidak transit di suatu negara, maka coba pilih maskapai Garuda Indonesia, Korean Air, atau Asiana.

Pastikan Anda membeli tiket pesawat pulang pergi sekaligus. Ingat, jangan pernah memilih hari keberangkatan dan kepulangan pada akhir pekan karena harganya lebih mahal dibanding hari kerja. Silakan baca tips membeli tiket pesawat ke Korea untuk tips dan trik lengkapnya.

Visa

Visa korea

Ada yang mengatakan bahwa mengurus visa untuk ke Korea Selatan ini gampang-gampang susah. Padahal sebenarnya visa Korea ini cukup mudah jika dibandingkan dengan negara Eropa atau Amerika. Kuncinya adalah menyerahkan dokumen yang sesuai dengan persyaratan. Untuk itu, Keluyuran juga telah merangkum cara mengajukan visa Korea Selatan yang cepat dan mudah sebagai referensi Anda.

Proses pembuatan visa ini bisa memakan waktu sekitar 2 minggu, maka dari itu ajukan visanya dari jauh-jauh hari. Untuk menghemat biaya, Anda bisa mengurus visa sendiri dengan biaya sekitar Rp 550.000. Akan tetapi, bila Anda tidak mau repot, Anda bisa menggunakan jasa tour dan travel untuk mengurus visa dengan biaya sekitar 700 ribuan ke atas.

Penginapan

Penginapan di korea

Siapa bilang penginapan di Korea Selatan, khususnya Seoul, selalu dibandrol dengan harga yang mahal? Anda bisa memperoleh penginapan dengan harga yang miring dalam bentuk motel atau guest house. Ya, pilihlah 2 jenis penginapan tersebut karena harganya jauh lebih murah daripada menginap di hotel berbintang.

Di salah satu situs booking hotel ternama di Indonesia, ada banyak penginapan di Seoul dengan tarif di bawah 200 ribu rupiah per malam. Maka dari itu, dalam rincian biaya liburan ke Korea Selatan dari Keluyuran ini kami akan menghitung tarif penginapan dengan harga Rp 200.000.

Nah, bila Anda berlibur selama 5 hari, maka Anda akan menyewa penginapan selama 4 malam. Kalikan tarif penginapan murah di Seoul seharga Rp 200.000 sebanyak 4 malam, maka total Anda akan mengeluarkan biaya Rp 800.000 hanya untuk penginapan. Biaya penginapan ini termasuk murah meriah, asalkan Anda memilih penginapan yang biasa-biasa saja dengan fasilitas yang ala kadarnya.

Usahakan memilih penginapan yang dekat dengan stasiun subway agar Anda tidak perlu repot jika ingin pergi ke suatu tempat. Namun jika Anda terbiasa berjalan kaki, maka penginapan yang jauh pun tidak menjadi masalah karena harganya biasanya lebih murah dibanding penginapan yang dekat dengan subway.

Internet

wifi

Selain persiapan dokumen yang lengkap dan itinerary, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan saat liburan ke luar negeri yaitu jaringan internet. Dengan adanya jaringan internet yang baik, Anda bisa mencari tempat tujuan tanpa nyasar karena adanya bantuan googlemap atau Anda juga bisa berkomunikasi dengan teman atau keluarga melalui chat/ media sosial yang sedang hits zaman sekarang.

Untuk koneksi internet luar negeri, selain paket roaming, sewa travel wifi dari Indonesia merupakan salah satu yang dapat menghemat cost karena bisa patungan atau tethering sampai 5 gadget.Β  Saat ini sudah banyak provider yang menyediakan layanan sewa travel wifi dengan harga murah dan metode pengembalian yang mudah.

Makan

makan di korea

Saat berada di Korea, Anda tentu perlu makan, bukan? Nah, karena kali ini Anda berlibur ala Backpacker, maka Anda bisa mencari warung-warung kaki lima atau foodcourt sederhana saat berada di Seoul.

Nah, biaya untuk satu kali makan di Korea sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk menu makanan standar. Jadi, dalam satu hari Anda membutuhkan dana sekitar Rp 300.000 untuk makan. Cobalah untuk mengkalikan Rp 300.000 sebanyak 5 hari, maka Anda membutuhkan biaya Rp 1.500.000 untuk makan selama di Korea.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ini hanyalah simulasi biaya makan yang sedikit mahal. Jika Anda terbiasa makan dengan porsi yang tidak terlalu banyak, maka kami sarankan Anda untuk berbagi porsi dengan rekan seperjalanan Anda. Dengan sistem berbagi porsi ini Anda bisa menghemat biaya makan selama di Korea sebanyak 50%.

nasi instant

Tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk membawa bahan makanan dari Indonesia seperti mie instant, kecap, sambal, abon, dan lainnya untuk mengantisipasi jika makanan di sana kurang cocok dengan lidah dan perut Anda. Di sana Anda tinggal membeli nasi instant yang banyak dijual di minimarket terdekat seperti 7-Eleven atau GS25.

Transportasi

t money

Selama di Korea Selatan, Anda akan disuguhi dengan berbagai transportasi umum yang sangat lengkap. Jenis transportasi yang dapat ditumpangi untuk perjalanan dalam kota adalah subway dan bus. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa menggunakan taksi dengan harga yang cukup mahal. Sedangkan untuk perjalanan ke luar kota Anda bisa menaiki bus atau kereta.

Seluruh transportasi umum di Korea sudah menggunakan sistem elektronik sehingga Anda bisa menggunakan T-Money untuk pembayaran transportasi tersebut. Kartu T-Money ini bisa Anda dapatkan di bandara, stasiun subway, terminal bis, dan juga minimarket. Menariknya, kartu ini juga bisa digunakan untuk berbelanja di tempat-tempat tertentu.

Agar tidak merepotkan, Anda juga bisa memesan kartu ini sebelum berangkat ke Korea. Kemudian setelah di Korea Anda hanya tinggal mengambilnya saja di bandara. Anda bisa memesan kartu T-Money ini secara langsung melalui Klook di link ini.

Jangan lupa untuk selalu membawa peta ketika jalan-jalan di Korea. Peta ini sangat mudah didapatkan dan tersedia secara gratis di berbagai Tourist Information ataupun di penginapan. Secara keseluruhan, untuk mempersiapkan biaya penggunaan alat transportasi selama liburan 5 hari di Korea, Anda harus menyediakan dana sekitar Rp 800.000.

Tempat Wisata

Untuk memangkas biaya liburanΒ ke Korea Selatan, usahakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Seoul saja. Karena Anda juga harus menghemat biaya untuk transportasi umum. Nah, berikut adalah itinerary selama 5 hari di Seoul.

Hari 1: Setibanya di Seoul, Anda harus memastikan bahwa sudah memperoleh penginapan dengan harga yang miring. Bahkan, Anda bisa memesan kamar hotel di situs booking saat masih berada di Indonesia. Jadi, sesampainya di penginapan Anda hanya perlu check-in sembari menunjukan bukti pemesanan hotel.

Incheon Bridge

Nah, karena hari pertama Anda baru tiba di Seoul, maka kunjungi tempat wisata yang ada di dekat Bandara Incheon saja, seperti Chinatown, Jeondeungsa Temple, Incheon Bridge, dan Bomunsa Temple.

Hari 2: Setelah beristirahat semalam di hotel, Anda kembali memiliki energi untuk menjelajahi pulau romantis yang terkenal sebagai lokasi pengambilan gambar K-Drama, Winter Sonata. Ya, apalagi jika bukan Nami Island. Harga tiket masuk ke Pulau Nami sekitar 10.000 Won atau Rp 115.000. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan keindahan di Pulau Nami ini.

Gyeongbokgung Palace

Hari 3: Pada hari ketiga, kita akan mengunjungi Gyeongbokgung Palace, di mana istana kerajaan yang satu ini sangat terkenal di Korea Selatan dan sering dijadikan sebagai lokasi shooting film Korea.

Kami menyarankan Anda untuk membeli tiket terusan seharga 10.000 Won atau Rp 115.000 untuk bisa mengunjungi spot-spot menarik yang ada di kawasan istana ini tanpa perlu membayar biaya lagi. Di sini, Anda juga bisa berfoto dengan mengenakan Hanbok, pakaian tradisional Korea. Anda bisa membeli voucher penyewaan Hanbok ini melalui Klook di link ini.

Hari 4: Di hari keempat ini, Keluyuran akan mengajak Anda ke salah satu pusat wisata belanja di Korea Selatan, yaitu Myeongdong. Di tempat ini Anda bisa menemukan barang-barang dari brand lokal hingga internasional. Anda pun bisa membeli oleh-oleh untuk kerabat di tanah air. Biaya untuk membeli oleh-oleh bervariasi. Namun, jika Anda membeli oleh-oleh sederhana dalam jumlah banyak, siapkan uang setidaknya Rp 1.000.000.

Muuido

Hari 5: Hari terakhir berada di Korea bisa Anda manfaatkan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata terakhir, tetapi itu jika Anda mendapat flight sore atau malam. Kunjungi Pulau Muuido yang letaknya sangat dekat dengan Bandara Incheon. Spot wisata di pulau ini adalah pantai dan gunung. Walaupun tidak terlalu spesial, tapi Pulau Muuido ini bisa menjadi spot terakhir untuk menutup perjalanan Anda selama di Korea.

Total keseluruhan dari biaya liburan ke Korea ini adalah sekitar Rp 8.000.000, sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi dan Visa. Namun, Anda bisa membawa uang Rp 9.000.000 – 10.000.000 untuk berjaga-jaga. Jika ingin berpetualang, makan Anda juga bisa mengunjungi kota-kota lainnya di Korea seperti Sokcho, Busan, Gyeongju, dan lainnya. Bagaimana, tertarik untuk liburan ke Korea?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram