34 Makanan dan Minuman Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 19 Mei 2021

Bandung yang disebut juga kota kembang, merupakan surga bagi turis lokal maupun mancanegara. Dengan udara yang masih sejuk dan ditambah banyaknya tempat-tempat wisata murah namun indah, mengundang banyak minat bagi orang dari luar kota untuk menghabiskan akhir pekannya di Bandung. Selain suasananya, makanan enak di Bandung juga menjadi daya tarik wisatawan tersebut.

Mungkin kamu bisa mendapatkan berbagai makanan tersebut di kota-kota lain tapi rasanya pasti akan berbeda. Selain banyaknya tempat belanja murah seperti factory outlet yang berjajar di sepanjang pusat kota Bandung, makanan pun dapat dengan mudah kamu temukan.

Dengan harga yang terhitung murah dan rasa yang enak, jajanan khas kota Bandung membuat banyak turis ketagihan untuk kembali lagi ke kota kembang setiap liburan. Nah, sekarang ini ada deretan jajanan khas Bandung yang wajib dicoba untuk pecinta kuliner khas tanah sunda. Berikut adalah dafta makanan dan minuman khas Bandung yang wajib dicoba versi Keluyuran:

Makanan Berat

Ada beberapa makanan berat khas Bandung yang bisa kamu coba. Jumlah makanan ini bahkan sangat banyak. Namun, kami masukkan beberapa makanan khas Bandung yang terbilang populer. Berikut daftarnya:

1. Batagor

makanan khas bandung batagorSumber: https://www.tokopedia.com

Jajanan yang kepanjangan dari baso tahu goreng ini adalah salah satu makanan khas Bandung. Kamu dapat menemui tukang batagor hampir di setiap jalan di kota Bandung; di sekolah-sekolah, sekitaran perkantoran, atau pun di keramaian.

Tahu berbalut tepung adonan ikan tenggiri yang dimakan dengan saus kacang ini bisa dibilang masih menjadi primadona di antara jajanan-jajanan enak khas Bandung yang lain. Terdapat dua variasi batagor yang cukup digemari saat ini, yakni batagor kering dan batagor kuah.

Untuk menikmati batagor, kamu bisa memilih tempat jajan batagor yang sesuai dengan kantong masing-masing. Terdapat beberapa nama tempat jajan batagor ternama di Bandung yang wajib dicoba seperti batagor Kingsley, batagor Riri, dan lainnya.

Baca Juga: 10 Tempat Makan Batagor Enak di Bandung

2. Baso Tahu/Siomay

Siomay Benteng

Makanan khas Bandung lainnya yang dapat kamu coba adalah siomay atau baso tahu. Baso tahu atau siomay bisa dibilang merupkan batagor yang dikukus. Yang membuat baso tahu istimewa adalah adanya bahan makanan tambahan lain dalam satu porsinya.

Sebut saja seperti kentang, telur rebus, kol dan juga pare. Sama seperti batagor, baso tahu umumnya dinikmati dengan saus kacang dan sambal. Di Kota Bandung, ada banyak sekali tempat makan baso tahu yang enak. Dua di antaranya adalah Baso Tahu Tulen Situ Indah dan Baso Tahu Sinchan.

Baca Juga: 10 Penjual Siomay Paling Enak di Kota Bandung

3. Lotek

Ke Bandung tanpa makan lotek rasanya kurang lengkap, nih. Ya, jangan lupa coba makanan satu ini kalau kamu bertandang ke Kota Kembang. Lotek adalah makanan khas Bandung yang mirip dengan gado-gado. Bahan-bahannya berupa sayuran yang direbus dan dicampurkan dengan bumbu kacang yang sebelumnya telah diolah dengan cara di-uleg.

Biasanya, ada bahan makanan tambahan lain yang dimasukkan ke dalam lotek sebagai campurannya. Salah satunya adalah tahu. Tak jarang, lotek dinikmati dengan lontong, nasi putih dan juga kerupuk. Beberapa tempat makan lotek populer yang bisa kamu kunjungi di Bandung adalah Lotek Alkateri, Lotek Kalipah Apo, Lotek Macan dan Lotek Cilentah. Tertarik untuk mencoba lotek?

Baca Juga: 10 Tempat Makan Lotek dan Karedok Terenak di Bandung

4. Karedok

Selanjutnya, ada karedok. Bisa dibilang karedok mirip dengan lotek. Makanan ini tediri dari beberapa bahan utama berupa sayuran juga. Bedanya, sayuran pada karedok ini masih mentah dan segar. Beberapa jenis sayuran yang ada pada karedok adalah taoge, kol, kacang panjang dan masih banyak lagi.

Sama seperti lotek, karedok juga disiram dengan bumbu kacang. Dilansir dari Wikipedia, yang membedakan lotek dan karedok adalah penggunaan oncom bakar sebagai bahan tambahannya. Kalau tidak ada oncom bakar, maka makanan ini jadi lotek namun versi mentahnya. 

Lagi-lagi sama dengan lotek, karedok juga dapat dinikmati dengan nasi hangat atau lontong, beserta makanan pelengkap seperti kerupuk. 

5. Mi Kocok

Mie Kocok Mang Dadeng

Rasanya nggak ada yang nggak kenal dengan mi kocok, atau mie kocok, kan? Yap, hidangan satu ini juga adalah makanan khas Bandung yang populer. Saking populernya, sebuah brand mi instan terkenal di Indonesia mengeluarkan varian rasa mi kocok.

Mi kocok merupakan hidangan mi yang terdiri dari mi kuning, irisan kikil, bakso dan taoge. Bahan-bahan ini disiram dengan kuah kaldu sapi yang kental dan disajikan dengan bahan pelengkap seperti seledri, bawang goreng dan jeruk nipis. 

Di Bandung, terdapat beberapa tempat makan mi kocok terkenal, di antaranya Mih Kocok Bandung Mang Dadeng, Mi Kocong Mang Nanang Tea, dan masih banyak lagi. Kamu tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: 10 Kuliner Mi Kocok Paling Enak di Kota Bandung

5. Cuanki

Cuanki khas Bandung juga tak boleh kamu lewatkan untuk dicoba. Makanan ini terbuat dari campuran beberapa bahan seperti ikan, daging sapi, tapioka dan bumbu penyedap. Cuanki disajikan dengan kuah kaldu hangat yang lezat. Nah, biasanya dalam semangkuk cuanki ada bahan tambahan lain.

Sebut saja seperti siomay, tahu goreng, tahu rebus dan juga siomay goreng. Tak hanya dapat dinikmati dengan kuah kaldu bening, cuanki pun dapat kamu coba dengan tambahan saus, sambal dan kecap.

Nama cuanki sendiri kabarnya merupakan singkatan dari Cari Uang Jalan Kaki. Kenapa? Karena rata-rata penjual cuanki di Bandung menjual dagangannya dengan cara berjalan kaki dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Semangkuk cuanki bisa kamu nikmati dengan harga murah, yakni di bawah Rp20.000 per porsinya.

6. Kupat Tahu Padalarang

Selanjutnya, ada kupat tahu Padalarang yang merupakan varian lain dari kuliner berbahan dasar lontong atau ketupat. Berbeda dari kupat tahu Singaparna, kupat tahu Padalarang ini tidak diberi bumbu kacang, melainkan disiram bumbu yang terbuat dari santan berwarna merah menyala.

Kupat tahu khas Padalarang dibubuhi dengan soun atau mie putih , taburan bawang goreng dan juga tahu. Oh ya, kuliner lezat nan legit satu ini sudah ada sejak tahun 1956 silam dan rasanya tak pernah berubah. Resep kupat tahu Padalarang ini diwariskan secara turun-temurun oleh generasi pertama ke generasi kedua. Kamu sudah pernah mencobanya?

Baca Juga: 10 Tempat Makan Kupat Tahu Paling Enak di Bandung

7. Ambokueh

Sudah pernah coba Ambokueh? Ya, makanan satu ini juga adalah makanan non-halal khas Bandung yang menarik untuk dicoba.  Ambokueh terbuat dari bahan utama berupa tepung beras, tahu goreng, sosis babi dan masih banyak bahan lainnya.

Penjual ambokueh umumnya adalah masyarakat keturunan Tionghoa dan Sunda. Salah satu tempat makan ambokueh yang terkenal di Bandung adalah Ambokueh Kebon Jati yang ada di kawasan Kebon Jati, Kota Bandung.

8. Soto Bandung

soto bandung pak simon

Nah, selanjutnya ada Soto Bandung. Soto khas Bandung ini umumnya memiliki bahan utama berupa daging sapi, lobak dan kacang yang disiram kuah kaldu sapi. Tak jarang, ada tambahan makanan lain seperti tomat. Biasanya, Soto Bandung dinikmati dengan nasi hangat dan juga kerupuk.

Soto Bandung memiliki citarasa gurih dan lezat, meski tanpa santan. Kalau kamu tertarik untuk makan Soto Bandung, cobalah datang ke beberapa tempat makan Soto Bandung populer ini. Ada Soto Ojolali, Soto Simon, Soto Bandung M. Tarya, Soto AHRI dan Soto Sedaap Hj. Widodo.

Makanan Ringan/Jajanan

Selain membahas tentang makanan khas Bandung yang terdiri dari beberapa nama makanan beratnya, kami juga akan mengulas daftar makanan ringan atau jajanan khas Bandung yang menarik untuk kamu coba. Inilah daftarnya:

1. Cilok

cilok cepot

Dengan bentuk yang bulat-bulat kenyal, habis dalam sekali lahap, Cilok juga merupakan jajanan yang digandrungi di Jawa Barat khususnya di Kota Bandung. Walaupun Cilok sekarang ini lebih sering dijumpai di lingkungan sekolahan, tapi Cilok atau yang kepanjangannya ‘aci dicolok’ ini sudah banyak inovasi-inovasinya.

Cilok yang dulunya hanya berbumbu kacang, sekarang kamu bisa mencicipi Cilok dengan saus mayonnaise dan isian yang lebih beragam. Kamu dapat menemukan tempat Cilok yang terkenal enak di Bandung secara lengkap di sini.

2. Seblak

Seblak Mang Aru

Nama seblak kini makin populer. Tak hanya di Bandung dan Jawa Barat, namun juga di seluruh Indonesia. Seblak biasanya digandrungi oleh kaum hawa, karena makanan ini identik dengan citarasa pedas yang bikin kaget lidah dan perut.

Seblak biasanya terdiri dari bahan makanan seperti kerupuk basah, telur orak-arik, ceker ayam, sosis dan makanan lainnya. Semua bahan ini dimasak dengan saus pedas nan gurih. Hayo, jadi ngiler nggak?

Baca Juga: 10 Kuliner Seblak yang Paling Enak di Kota Bandung

3. Surabi

Sea 97 Food Kedai Surabi DurenSumber: http://www.reresepan.com/

Surabi atau Serabi memang bukan hanya ada di Bandung saja. Namun, makanan satu ini tak kalah populer di Kota Bandung. Dan surabi khas Bandung tidak kalah istimewa dari surabi yang berasal dari daerah lain di Indonesia. Surabi di Bandung umumnya dimasak pakai tungku, jadi aroma dan rasanya sangat khas.

Variasi rasa dari surabi ini umumnya ada dua, yakni yang manis dan yang asin. Kalau yang manis ada surabi kinca, atau surabi dengan gula merah. Sementara yang asinnya ada surabi telur.

Kini, varian rasa dari surabi semakin bertambah banyak. Tak hanya yang bercitarasa tradisional, sekarang ada surabi dengan aneka topping yang lezat seperti greentea, cokelat, durian, strawberry dan masih banyak lagi. Untuk surabi asin pun topping-nya beragam. Ada sosis, mayo, daging asap dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Penjual Surabi yang Paling Enak di Bandung

4. Bandros

Next, ada Bandros. Makanan ini punya citarasa manis dari gurih. Bandros umumnya terbuat dari campuran tepung beras, kerapa parut, santan dan daun sujji. Setelah dimasak sampai matang, bandros disajikan dengan taburan gula pasir.

Tak hanya bandros versi original, sekarang banyak sekali kue bandros yang disajikan dengan aneka topping seperti cokelat, greentea dan masih banyak lagi. Salah satu tempat makan bandros terkenal di Bandung adalah Bandros Cowboy yang ada di pusat kuliner Pasar Cisangkuy.

5. Peuyeum

Peuyeum Bendul

Sama dengan bandros, peuyeum juga populer. Terutama, di kalangan wisatawan. Biasanya, peuyeum kerap dijadikan buah tangan oleh para pelancong yang berlibur ke Kota Kembang dan Jawa Barat. Peuyeum sendiri merupakan tapai singkong yang diolah dengan cara difermentasi.

Tak hanya di Jawa Barat, khususnya di Bandung, Subang dan Purwakarta, peuyeum atau tapai singkong ini bisa ditemukan juga di daerah lain seperti Jawa Timur. Sudah pernah mencoba peuyeum yang manis, asam namun legit ini?

6. Cireng

Cireng Unyil

Cireng atau aci digoreng adalah jajanan khas Bandung yang berbahan dasar adonan tepung tapioka atau tepung kanji, yang dalam Bahasa Sunda dikenal dengan nama aci. Seperti namanya, makanan ini diolah dengan cara digoreng. Biasanya, cireng dinikmati dengan saus sambal, saus kacang atau cabai rawit.

Kini, sudah banyak menu cireng yang lebih bervariasi. Salah satunya adalah cireng isi. Cireng isi ini merupakan adonan cireng yang mengandung banyak isian seperti ayam, baso, sosis dan masih banyak lagi. Pengolahannya sama seperti cireng original, yakni dengan cara digoreng.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Penjual Cireng Terenak di Bandung

7. Ketan Bakar

makanan khas bandung ketan bakarSumber: https://www.pegipegi.com/

Kalau kamu sering berwisata ke Lembang, Puncak atau Ciwidey, pasti sering menemukan pedagang ketan bakar, bukan? Ya, makanan satu ini memang punya citarasa yang menggoda. Selain itu, menikmati etan bakar juga bikin perut kenyang.

Kenapa? Karena ketan bakar adalah makanan yang berbahan utama ketan yang memang mengenyangkan. Ketan bakar diolah dan dibentuk sedemikian rupa, kemudian dibakar dengan arang, lalu disajikan dan dinikmati dengan bumbu kacang.

8. Cimol

Ada Cilok, ada pula Cimol. Nama cimol merupakan singkatan dari aci digemol. Cimol berbahan dasar sama dengan cilok, yakni tepung kanji. Perbedaannya adalah cara membuatnya yaitu digoreng.

Bentuknya tetap bulat kecil-kecil. Setelah dibentuk, cimol kemudian digoreng lalu ditaburkan bumbu kering yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing; ada bumbu pedas, kacang, pedas asin, barbekyu, keju dan masih banyak lagi.

9. Cilung

Cilung masih termasuk dalam keluarga cilok dan cimol. Makanan ini juga terbuat dari aci atau tepung tapioka. Yang membedakan cilung dengan cimol dan cilok, adonan tepung kanjinya ini tidak dibentuk bulat, tetapi digulung saat dimasak.

Biasanya, cilung dimasak dengan beberapa bahan tamabahan seperti telur, saus atau taburan cabai. Bahan tambahan ini dimasukkan ke dalam adonan, kemudian digulung menggunakan tusuk sate. Cilung umumnya lebih lezat jika digoreng dengan menggunakan arang.

10. Cimin

Selanjutnya ada aci mini atau cimin. Serupa cilung, cilor dan cilok, cimin juga masuk keluarga jajanan aci khas Bandung. Bedanya dengan ketiga makanan tersebut, cimin dibentuk kecil kotak-kotak seperti dadu.

Setelah dibentuk dadu, adonan cimin ini kemudian dimasak dengan cara digoreng bersama telur orak-arik. Cimin biasanya dinikmati dengan aneka bumbu tabur seperti keju, barbekyu, jagung bakar dan lain-lain.

11. Cilor

34 Makanan dan Minuman Khas Bandung yang Wajib Dicoba 4

Anggota lain dari jajanan aci khas Bandung adalah Cilor. Nama cilor merupakan kependekan dari aci telor. Cilor juga berbahan utama tepung kanji yang dicampur dengan merica, garam, air dan tepung terigu. 

Adonan cilor diolah dengan cara direbus. Adonannya ini berbentuk bulat, hanya saja lebih kecil ukurannya ketimbang cilok. Adonan cilor yang sudah jadi ditusukkan ke tusuk sate berjumlah tiga buah, kemudian digoreng dengan telur sampai matang. Cilor biasa dinikmati dengan saus atau pun bumbu tabur.

Kue dan Makanan Manis

Setelah membahas jajanan dan makanan berat, sekarang giliran kue dan makanan manis. Kira-kira, ada apa aja, ya kue-kue dan makanan manis khas Bandung yang bisa dicoba? Ini daftarnya:

1. Colenak

makanan khas bandung colenakSumber: https://beritabaik.id

Terbuat dari peuyeum yang dibakar dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dengan gula merah. Namanya unik, Colenak atau dicocol enak. Sesuai namanya, rasa dari colenak ini memang enak. Citarasa manis dan legit akan meleleh di mulutmu ketika kamu memakan makanan ini.

Sekadar info, colenak termasuk salah satu makanan khas Sunda yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Sayangnya, sekarang pedagang colenak cukup sulit untuk ditemukan.

2. Kue Balok

Kue Balok Boebat (Copy)Sumber: https://pergikuliner.com/

Selain colenak, ada pula kue balok. Kue ini memiliki bentuk yang menyerupai balok, maka dari itu kuenya dikenal dengan istilah demikian. Kue ini kabarnya sudah ada sejak zaman Belanda masih menduduki Indonesia.

Zaman dulu, kue ini kerap kali dibuat untuk ransum karena bentuknya yang padat dan mengenyangkan, serta tahan lama. Sejak awal kemunculannya, kue balok disukai masyarakat. 

Dan hingga kini, kue ini masih eksis. Penjualnya sangat mudah ditemukan di kota Bandung. Salah satu yang paling terkenal adalah Kue Balok Mang Didin yang tempat jualannya berada tak jauh dari Bandara Husein Sastranegara.

Baca Juga: 10 Penjual Kue Balok Paling Enak di Kota Bandung

3. Permen Susu Pangalengan

oleh-oleh khas bandung yang tahan lama permen-susuSumber: http://panglima-komunikasi.blogspot.com/

Permen susu khas Pangalengan juga wajib untuk kamu coba. Permen dengan rasa manis yang bisa bikin ketagihan ini telah ada sejak awal tahun 70-an. 

Permen susu karamel khas Pangalengan ini awalnya dibuat oleh seorang warga lokal karena banyaknya stok susu dari para peternak. Susu-susu tersebut kebanyakan menjadi basi dan terbuang begitu saja.

Maka dari itulah, ide mengolah susu sapi menjadi permen susu karamel ini tercipta. Kudapan manis ini dibuat dengan cara memanaskan susu selama setidaknya kurang dari lima jam. 

Setelah selesai, adonan permen ditunggu hingga dingin, lalu dituangkan ke dalam cetakan sampai adonan tadi membeku. Terakhir, adonan permen dikemas dan siap dipasarkan. Ada yang sudah coba permen susu karamel ini?

4. Wajit Cililin

Wajit Cililin juga adalah salah satu makanan khas Bandung yang tidak boleh terlewatkan, nih. Wajit Cililin adalah kudapan manis yang terbuat dari beras ketan, vanili dan gula aren. Wajit Cililin sudah tersohor ke seantero Jawa Barat, lho.

Cara pembuatan dari Wajit Cililin ini sangat mudah. Pertama-tama, semua bahan untuk membuat wajit tadi dimasukkan kedalam sebuah wadah berisi air, lalu dipanaskan dan diaduk hingga rata juga mengental.

Setelah selesai, adonan didinginkan dan kemudian dibungkus dengan menggunakan daun jagung yang sudah mengering. Wajit Cillin pun siap disantap. Penganan manis ini akan semakin lezat bila dinikmati dengan teh atau kopi.

5. Kalua Jeruk

Kalua jeruk adalah oleh-oleh khas Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kalua jeruk telah ada di Ciwidey bahkan sebelum stroberi muncul dan menjadi salah satu makanan khas daerah tersebut.

Kalua jeruk sendiri pertama kali dibuat oleh warga lokal Ciwidey pada tahun 1920-an silam. Kalua jeruk merupakan camilan ini digemari banyak orang, bahkan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno juga sempat datang untuk membeli kalua jeruk khas Ciwidey ini.

Kalua jeruk berbahan utama jeruk bali yang awalnya hanya memiliki dua rasa saja, yakni gula aren dan original. Ayobandung menuturkan, kalua jeruk atau manisan jeruk ini kini sudah memiliki banyak varian rasa. Mulai dari vanilla, mocca, melon hingga stroberi.

Awalnya, kalua jeruk juga hanya dijajakan di rumah sang pemilik usaha, sekaligus pemilik resepnya. Namun kini, camilan dengan citarasa manis nan legit sudah dijual di toko secara langsung.

6. Awug

Awug adalah makanan khas Bandung yang memiliki citarasa manis. Makanan ini terbuat dari campuran bahan berupa kelapa dan beras ketan. Awug dimasak dengan cara dikukus menggunakan panci kukusan berbentuk lancip. Dalam Bahasa Sunda, panci kukusan ini dikenal dengan nama aseupan.

Penjual awug sangat mudah ditemukan di Kota Bandung. Umumnya, penjual makanan ini menggunakan tenda kaki lima. Harga seporsi awug tidak begitu mahal. Bahkan, ada pedagang yang membandrol satu porsinya dengan harga Rp10.000 saja.

7. Gurandil

Makanan manis khas Bandung lainnya adalah gurandil. Gurandil ini berbahan dasar tapioka, garam, air, kelapa parut dan gula pasir. Makanan ini punya rasa yang hambar. 

Tetapi, cara makan gurandil-lah yang membuat rasanya menjadi berbeda. Ya, gurandil biasanya dinikmati dengan gula pasir agar citarasanya menjadi manis. Selain gula pasir, gurandil juga biasa dinikmati dengan taburan kelapa parut.

Minuman

Selain aneka makanan, baik yang berat, ringan dan manis, tak ketinggalan, kami juga akan membahas tentang minuman khas Bandung yang menggugah selera. Apa saja minumannya, ya? Simak list-nya di sini:

1. Es Goyobod

Minuman segarSumber: https://merahputih.com/

Minuman segar ini erbahan utama santan, es serut dan gula cair. Bahan lain seperti hunkwe dan kelapa parut juga kerap ditambahkan pada minuman satu ini. Es goyobod kabarnya berasal dari Garut, Jawa Barat.

Minuman ini bisa dibilang punya citarasa yang tidak hanya segar, tapi juga manis. Es goyobod cocok untuk dinikmati dengan makanan ringan seperti gorengan dan pas untuk diminum saat cuaca panas. 

Di Kota Bandung, salah satu penjual es goyobod yang tersohor adalah Es Goyobod Kliningan yang ada di kawasan kliningan, Buah Batu. Satu gelas es goyobod yang menyegarkan hanya dibanderol dengan harga Rp5.000 saja.

2. Bandrek

Selanjutnya ada bandrek. Berbeda dengan Es Goyobod yang pas untuk dikonsumsi saat cuaca panas, bandrek cocok untuk diminum saat hujan turut atau cuaca dingin melanda. Minuman ini dapat memberikan efek menghangatkan pada tubuh, lho.

Tak heran, karena bandrek terbuat dari beberapa bahan yang dapat menghangatkan suhu badan. Sebut saja jahe, gula merah, serai, merica dan masih banyak lagi. Saat ini, sudah banyak bandrek yang dijual dalam bentuk kemasan instan, sehingga tak sulit untuk mencari minuman satu ini.

3. Bajigur

Serupa dengan Bandrek, bajigur juga terkenal sebagai minuman yang dikonsumsi saat cuaca sedang dingin. Bajigur adalah minuman tradisional Sunda yang berbahan dasar santan dan gula aren. 

Meski sudah tersedia kemasan instan dari bajigur, hingga kini, masih banyak penjual bajigur keliling yang menawarkan dagangannya, utamanya di malam hari. Para penjual bajigur biasanya menawarkan dagangan lain yang dapat dinikmati dengan minuman ini. Ada pisang, ubi, dan juga kacang rebus.

4. Es Lilin

Next, ada es lilin. Es lilin Bandung telah ada sejak setelah Indonesia merdeka. Bentuk dari es lilin ini beragam. Ada yang berbentuk memanjang dan dibungkus dengan plastik, ada pula yang diberi stik.

Es yang satu ini umumnya terbuat dari minyman seperti aneka jus buah. Namun kini, ada banyak varian lain dari es lilin. Salah satunya adalah es lilin dengan rasa teh hijau.

5. Es Cendol

Es Cendol BetawiSumber: http://www.blogspot.com

Nama es yang segar ini tak hanya populer di Indonesia saja. Es cendol bahkan populer sampai ke negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Salah satunya Singapura.

Es Cendol adalah minuman segar yang terdiri dari bulir tepung beras berwarna hijau, santan, es batu  dan juga gula aren. Minuman ini biasa dinikmati saat cuaca panas. 

Di Kota Kembang, ada beberapa penjual es cendol yang terkenal. Salah satunya adalah Es Cendol Alkateri yang berada tak jauh dari Lotek Alkateri.Tak seperti biasanya, es cendol di sini diberi pewarna merah muda yang mirip dengan es goyobod.

6. Es Oyen

Satu minuman segar khas Bandung lain yang harus kamu coba kala berkunjung ke sini adalah es oyen. Nama dari es oyen sendiri diambil dari pemiliknya, yakni Pak Oyen. Serupa dengan es campur, es oyen ini memiliki beberapa bahan berbeda.

Di antaranya ada alpukat, melon, kelapa muda, sirup, agar dan pacar cina. Semua bahan ini diberi tambahan susu kental manis. Tak jarang, buah durian juga ditambahkan ke dalam sajian segar ini.

7. Susu Murni

Susu KurmaSumber: atmojoe.com

Kalau kamu ke Bandung, khususnya ke Pangalengan atau ke daerah Lembang, kamu akan menemukan banyak penjual susu murni. Ya, karena kedua daerah tersebut terkenal sebagai penghasil susu murni.

Karena itulah, susu murni tersohor menjadi salah satu minuman khas Bandung. Susu murni Bandung biasanya punya beberapa varian rasa. Ada stroberi, melon, kurma, cokelat dan masih banyak lagi. Minuman ini cocok untuk disajikan hangat mau pun dingin.

Kalau kamu mengaku orang Bandung  tapi belum mencoba makanan yang ada di atas ini rasa-rasanya tidak mungkin ya. Bandung memang terkenal dengan keunikan dan kreativitas masyarakatnya dalam berbagai aspek. Dan salah satu aspeknya yaitu makanan atau jajanannya.

Jika kamu bukan orang Bandung, tentunya harus mencoba dulu jajanan yang disebutkan di atas. Jajanan tersebut juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman. Untuk yang mau berbagi seputaran jajanan dan oleh-oleh Bandung yang wajib dicoba, silahkan tulis komentar di bawah ini ya. Selamat berburu makanan khas yang enak di Bandung!

Selain makanan di seantero Bandung, Keluyuran juga telah membahas mengenai makanan khas Sunda secara keseluruhan dari berbagai daerah yang ada di Jawa Barat. Selengkapnya bisa Anda simak dalam artikel 10 Makanan Khas Jawa Barat ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram