10 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Bikin Kangen

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau sedang berlibur, pastinya salah satu yang akan dicari adalah kuliner khas tempat tersebut apalagi makanannya bukan makanan biasa. Maksud dari bukan makanan biasa adalah makanan yang unik, entah dalam penyajian, proses makannya atau bahkan rasanya yang unik.

Dari banyaknya tempat, Bandung adalah salah satu kota yang memiliki makanan unik. Kamu bisa menemukan makanan ini secara mudah ketika berkunjung ke Kota Kembang. Nah, berikut beberapa ulasan makanan khas Bandung yang masih jadi primadona sampai sekarang ini, semoga nggak pada ngiler yaa.

1. Surabi

serabi oncom pedas

* sumber: www.pesona.travel

Semua udah pada tahu pasti surabi itu bentuknya seperti apa. Surabi merupakan makanan khas Bandung yang di buat dari tepung, hingga Surabi ini sangat mirip dengan pancake. Akan tetapi perbedaan antara Surabi dengan pancake adalah Surabi di buat dengan di bakar di atas tungku dan biasanya ukuran Surabi sangat tebal.

Peralatan yang di gunakan untuk membuat Surabi ini ialah tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat.  Rasa yang tercipta pun akan berbeda jika dimasak di tungku. Saat ini banyak sekali varian topping yang bisa kamu pilih untuk Surabi seperti misalkan saja keju, pisang, coklat, durian, pizza, spagetti dan lainnya. Salah satu Surabi yang terkenal di Bandung adalah surabi imut atau Surabi Enhai yang lokasinya tidak jauh dengan kampus Akpar NHI (dibaca enhai).

2. Bandros

bandros

Makanan khas Bandung selanjutnya ialah Bandros. Bandros adalah sebuah makanan yang di masak dengan menggunakan cetakan cekung khas yang kemudian di beri kelapa parut, sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa yang sangat lezat.

Rasa yang miliki oleh bandros ini adalah gurih, akan semakin enak bila dimakan ketika masih hangat. Bandros dapat dijumpai dengan mudah di pinggir jalan kota Bandung atau juga di pasar-pasar tradisional.

3. Seblak

seblak makanan khas bandung

Mungkin makanan seblak sudah tidak asing di kalangan beberapa orang. Namun ternyata, seblak ini ternyata asli Bandung lho. Seblak sendiri sebenarnya adalah kerupuk yang direbus terlebih dahulu dan ditambahkan beberapa bumbu seperti kencur, cabe, bawang putih dan sedikit penyedap rasa.

Seblak sebenarnya biasa disajikan dengan rasa yang pedas, kalau tidak pedas berarti bukan seblak namanya. Khas-nya dari seblak ini adalah bumbu kencur yg cukup terasa dan juga cabe yang membakar lidah.

Dulu, seblak hanya terdiri dari kerupuk rebus dan telor, namun sekarang seblak disajikan dengan beberapa toping seperti ceker ayam, siomay, sosis, makaroni, batagor kering, bahkan cilok. Namun untuk cilok yang dibumbui seperti seblak mempunyai panggilan tersendiri yaitu Cilok Goang.

Seblak biasanya dapat ditemui di sekitar sekolah atau pasar karena biasanya yang membeli seblak ini adalah siswa-siswa atau ibu ibu. Tapi, jangan khawatir! Bagi kamu yang sedang mencari seblak enak di Bandung, Keluyuran telah merangkum 10 seblak enak di Bandung untuk kamu coba. Selengkapnya bisa dicek di sini, ya!

4. Tutut

tutut

Makanan Tutut juga merupakan makanan khas Bandung. Pada umumnya, tutut dimasak dengan bumbu yang pedas dan ditambahkan daun salam serta sereh agar bau amis dalam tutut itu sendiri agar hilang. Tutut sendiri memiliki rasa gurih yang sangat menggugah selera. Cara memakannya cukup unik, yaitu kita perlu menghisap ujung Tutut agar isinya keluar.

5. Combro dan Misro

Combro dan misro

* sumber: horemasak.blogspot.com

Bahan utama dari Combro dan Misro adalah dari singkong yang diparut. Jika Combro memiliki rasa pedas, maka Misro memiliki rasa manis. Misro sendiri merupakan singkatan dari amis di jero yang artinya manis di dalam. Sedangkan Combro adalah singkatan ‘oncom di jero’ yang artinya ada oncom di dalamnya.

Cemilan khas Bandung ini sangat mudah untuk dicari. Combro dan Misro dapat kamu temukan hampir di sepanjang jalanan kota Bandung, terutama di sekitar pasar-pasar atau pusat perbelanjaan di kota Bandung. Bahkan di sebagian tempat nongkrong di Bandung, makanan ini pun biasanya tersedia.

6. Es Lilin

 

es-lilin

* sumber: risyaaliefah.blogspot.com

Mungkin namanya sudah sering didengar oleh banyak orang karena ada lagunya. Es lilin adalah salah satu makanan khas Bandung. Makanan ini merupakan sebuah kombinasi antara gula, susu dan santan. Disebut es lilin karena es ini dibungkus dengan kantong plastik kecil dan panjang. Ketika es sudah jadi maka bentuknya mirip sekali dengan lilin.


Es lilin sendiri memiliki berbagai macam rasa. Rasa yang biasanya disediakan ialah Es Lilin rasa melon, leci dan strawberry. Es lilin juga enak disantap ketika ditambahkan susu kental manis. Makanan khas Bandung ini dapat ditemui di sekolah-sekolah atau terkadang lewat di depan rumah.

Meskipun saat ini sudah banyak bermunculan dessert kekinian di Bandung yang lebih modern, namun Es Lilin ini tetap mempunyai kenikmatan khas yang tidak tergantikan.

7. Bakso Goreng dan Tahu Bulat

tahu bulat

Makanan bakso biasanya dihidangkan menggunakan kuah, mie dan beberapa sayur-sayuran. Namun kini ada makanan yang bernama bakso goreng alias basreng. Basreng ini juga termasuk makanan khas Bandung.

Basreng biasanya disajikan dengan beberapa bumbu bubuk antara lain keju, pedas, balado dan lain lain. Basreng sendiri disajikan tidak dengan bentuk bulat namun sudah dipotong menjadi persegi panjang. Basreng mudah sekali ditemukan di pinggir jalan, sekolah dan pasar.

Sama halnya dengan basreng, tahu bulat pun memiliki kemiripan bumbu dengan basreng. Tahu bulat kini sangat populer dan semakin populer karena sudah beredar permainan ‘tahu bulat’.  Tahu bulat juga mudah ditemukan di sekitar sekolah dan juga disekitar pasar.

8. Batagor

Batagor Riri

Makanan yang satu ini memang suka bikin kangen para penikmatnya. Batagor yang merupakan singkatan dari baso tahu goreng ini merupakan jajanan sejuta umat yang hampir bisa kamu temukan di setiap sudut kota Bandung, baik yang di jajakan menggunakan gerobak maupun di food court pusat perbelanjaan.

Ada banyak sekali tempat makan batagor yang enak di Bandung. Jadi, jangan lewatkan jajanan enak yang hanya bisa dinikmati ketika kamu berkunjung ke kota Kembang ini.

9. Wajit Cililin

wajit cililin

* sumber: www.youtube.com

Berasal dari daerah di Kabupaten Bandung yang bernama Cililin, penganan yang terdiri dari olahan beras ketan dan gula aren ini memang memiliki rasa yang legit namun bikin ketagihan. Wajit Cililin juga termasuk makanan yang tahan untuk beberapa waktu yang cukup lama sehingga sering sekali dijadikan sebagai buah tangan.

Kamu dapat menemukan cemilan manis Wajit Cililin ini di pusat oleh-oleh khas Bandung yang biasanya berjejer di sekitaran terminal bis Leuwi Panjang atau Cicaheum, Pasar Baru, dan Pasar Kosambi. Jadi tidak perlu jauh-jauh pergi ke Cililin ya!

10. Colenak

Colenak

Makanan selanjutnya ialah colenak. Colenak memiliki kepanjangan dicocol enak. Colenak termasuk makanan khas Bandung yang legendaris karena Colenak ini sudah ada sejak tahun 1930an yang lalu.

Colenak merupakan sebuah makanan hasil pengembangan dari peuyeum yang pada saat memasaknya di bakar dengan menggunakan arang, setelah itu di beri gula merah cair yang tentu sangat kental dan di bubuhkan parutan kelapa. Makanan ini biasanya berada di daerah lembang dan daerah atas. Colenak biasanya ada pada jam-jam tertentu, berkisar antara sore jam 6 hingga tengah malam.

Nah, itulah 10 makanan khas Bandung yang akan membuat kamu kangen ingin kembali lagi ke kota yang penuh taman ini. Masih banyak makanan enak di Bandung lainnya yang bisa jadi referensi menu kuliner kamu ketika berada di sini. Dan jika kamu memiliki tambahan referensi lain, silahkan tambahkan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *