15 Pilihan Tempat Ngabuburit di Bandung yang Seru

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 13 April 2021

Memasuki waktu sore hari di bulan ramadhan, ngabuburit memang tradisi yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat kita. Ngabuburit sembari menunggu bedug maghrib memang paling asyik jika dilakukan bersama teman-teman. Ketika waktu ngabuburit ini diisi dengan saling berbagi cerita dan bercanda tawa bersama teman-teman, maka waktu akan terasa berjalan lebih cepat.

Untuk kamu yang berdomisili di Bandung dan sedang mencari lokasi untuk ngabuburit bersama teman-teman, beberapa ide tempat ngabuburit di Bandung dan sekitarnya ini bisa menjadi referensi yang tepat. Apa sajakah itu?

1. Alun-Alun Bandung

  • Alamat: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Review Alun-Alun Bandung

Sudah lihat wajah baru alun-alun kota Bandung? Indah dan lebih segar, ya! Menghabiskan waktu sepanjang sore sambil menantikan waktu berbuka disini memang pilihan yang paling tepat. Halaman mesjid yang sudah disulap menjadi hamparan hijau rumput sintetis yang bersih membuat kamu dapat puas bermain dan berkumpul sambil ngbrol bersama buah hati, keluarga, dan juga teman-teman.

Kamu diharuskan melepaskan alas kaki dan menyimpannya di tempat penitipan, atau kamu dapat membeli kantong kresek yang banyak dijajakan disana. Menjelang waktu berbuka, akan ada banyak sekali pedagang yang menawarkan jualannya mulai dari minuman, mainan, dan tentu saja makanan khas untuk berbuka seperti cilok, kolek, gorengan, sosis bakar dan masih banyak lagi.

Karena lokasinya yang berada di hadapan Mesjid Raya Bandung, kamu pun dapat langsung melaksanakan ibadah sholat maghrib, isya dan tarawih selepas ngabuburit dan berbuka puasa di sekitar lokasi ini.

2. Jalan Braga

  • Alamat: Jl. Braga, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Review Kawasan Jalan Braga

Tidak jauh dari lokasi Mesjid Raya Bandung, kamu bisa melanjutkan ngabuburit ke sebuah jalan yang sangat ikonik di kota Bandung.

Seperti halnya Kota Tua di Jakarta, jalan Braga juga memiliki atmosfir tempo dulu namun tetap asyik untuk ditelusuri. Selain banyak penjaja lukisan dan bangunan lama yang unik untuk dijadikan spot foto, di sini kamu juga akan menemukan banyak tempat nongkrong asyik seperti cafe dan resto yang bisa jadi opsi untuk tempat buka puasa.

Dan jika kamu kebetulan mampir ke jalan Braga pada pagi hari dan bukan saat bulan puasa, jangan lupa untuk menyempatkan sarapan mencicipi lontong kari Pak Dahilin yang berada di sekitar area jl Braga, ya!

3. Lapangan Gasibu & Gedung Sate

gedung sate
  • Alamat: Jl. Diponegoro, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Warga Bandung tentu sudah sangat akrab dengan tempat yang satu ini. Ya, Gedung Sate memang merupakan maskot kebanggaan bagi warga Bandung. Sementara itu, Lapangan Gasibu letaknya berada disebrang Gedung Sate ini. Di depan Gedung Sate biasanya banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan jajanan khas Bandung.

Nah, Lapangan Gasibu dan Gedung Sate ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat ngabuburit di Bandung yang menyenangkan. Di tempat ini, kamu bisa bercengkrama atau jogging bersama teman sembari menunggu bedug maghrib. Di tempat ini pula banyak diadakan acara-acara perayaan besar seperti halnya pesta rakyat, pasar tumpah, dan perayaan tahun baru.

4. Balai Kota Bandung

Taman Balaikota Bandung
  • Alamat: Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-20.00 WIB
  • Harga Tiket: Gratis

Review Taman Balai Kota Bandung

Salah satu tempat menghabiskan waktu bersama keluarga yang murah di Bandung adalah di Balai Kota Bandung. Khususnya pada bulan puasa, Balai Kota Bandung pastinya akan sangat ramai dengan warga Bandung yang sedang ngabuburit.

erada di tengah kota Bandung, Balkot Bandung ini mudah sekali untuk dijangkau. Di sini kamu bisa jalan-jalan santai menikmati pemandangan sekitar, duduk di bawah pohon yang rindang hingga berfoto di beberapa spot foto instagramable pun bisa kok!

5. Lapangan Tegalega

  • Alamat: Jl. Moh. Toha, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00- 20.30 WIB
  • Harga Tiket: Rp1.000 per orang

Tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal ketika ingin ngabuburit yang menyenangkan. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata umum yang menarik, kamu tetap bisa menikmatinya selagi menunggu waktu berbuka.

Tempat ngabuburit di Bandung yang bisa kamu jadikan referensi untuk menghabiskan waktu adalah Lapangan Tegalega. Di sini, tak hanya berdiri monumen Bandung Lautan Api yang akan mengingatkanmu akan sejarah kota Bandung, tetapi juga ada berbagai patung lampion dinosaurus yang akan sangat disukai anak.

6. Kiara Artha Park

  • Alamat: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 10.00- 18.00 WIB (Senin s.d Kamis, Sabtu, Minggu)
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang (Senin s.d Kamis), Rp30.000 per orang (Sabtu & Minggu)

Review Kiara Artha Park

Taman yang punya luas sekitar 2.9 hektar ini memadukan konsep bisnis, komersil, hunian dan wisata yang bertemakan taman kota, namun punya sentuhan yang sangat modern. Selain tampak jelas dari arsiteksturnya, fasilitas yang disediakan juga sangat modern dan menarik perhatian pengunjung.

Kamu dapat menemukan air mancur menari, kereta Trem khas Eropa, hingga Kampung Korea yang sejenak akan membawamu pada sensasi berada di Korea Selatan. Kebetulan, di sini juga berjajar kafe dan tempat makan yang bisa kamu datangi saat berbuka puasa, lho. Jadi kamu tak perlu repot-repot memikirkan tempat berbuka puasa lagi kalau datang ke sini.

7. Peta Park

Peta Park
  • Alamat: Jl. Peta No.229, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 07.00- 21.00 WIB (Selasa s.d Minggu)
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang

Salah satu tempat ngabuburit yang mesti kamu kunjungi di Bandung nih, Peta Park! Tempat ngabuburit satu ini memiliki konsep taman yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman nih. Di sini banyak spot menarik yang bisa kamu jadikan tempat berfoto ria.

Fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati dengan hanya membayar Rp10.000 per orang ini adalah taman tanaman hidroponik, playground, skywalk dan bahkan di sini ada area yang bisa kamu sewa untuk acara pernikahan.

8. Jalan Cibadak

  • Alamat: Jl. Cibadak, Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Selain Jalan Braga, Jalan Cibadak juga bisa kamu pilih sebagai tempat ngabuburit hingga waktu bedug tiba. Kamu juga dapat membeli aneka makanan halal untuk berbuka. Ada Soto Bandung Pak Simon yang lezat, olahan seafood ala Jepang di Kobe Teppanyaki hingga aneka hidangan berbahan dasar kerang dari Kerang Ajaib. Kamu juga bisa menghangatkan tubuh dengan kesegaran dari Sekoteng Jahe Cibadak.

9. Caringin Tilu

Caringin Tilu
  • Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40197
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 11.00 – 22.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp15.000, Rp25.000 (Camping)

Salah satu tempat wisata alam ini juga merupakan tempat ngabuburit yang cukup favorit di Bandung. Pasalnya, dari Caringin Tilu ini kita bisa mengagumi eksotisme Kota Bandung dari dataran tinggi. Caringin Tilu sendiri letaknya di Cimenyan, Bandung Timur. Jaraknya hanya sekitar 5 KM saja dari Saung Angklung Mang Udjo.

Di Caringin Tilu, pengunjung yang ingin ngabuburit dapat bersantai sembari merasakan udara sejuk dan angin nan sepoi-sepoi. Lantas, bagaimana jika ingin berbuka puasa? Di kawasan Caringin Tilu banyak saung-saung yang menjual makanan. Pada malam hari, Caringin Tilu ini menawarkan pemandangan Kota Bandung yang sangat mempesona.

10. Jalan Dipatiukur

  • Alamat: Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Rp5.000-Rp35.000

Kawasan Jalan Dipatiukur adalah salah satu jalan yang tidak pernah sepi. Selain dekat dengan berbagai kampus, Jalan Dipatiukur juga dekat dengan spot rekreasi Gasibu. Tak heran, jalan ini menjadi salah satu jalan tersibuk di kota Bandung.

Selain karena banyaknya hilir mudik kendaraan, Jalan Dipatiukur juga tempat banyak pedagang. Dari makanan hingga kebutuhan fashion bisa kamu temukan di kawasan ini, menjadikanya cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu menuju adzan magrib tiba. Kamu bahkan bisa sekalian berbuka puasa lho di sini.

11. Taman Makam Pahlawan Cikutra

  • Alamat: Jalan Cikutra, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Harga Tiket: Gratis

Bila ingin ngabuburit sambil mengenang bukti perjuangan kemerdekaan Indonesia, Taman Makam Pahlawan di kawasan Cikutra, bisa kamu sambangi. Selain merupakan tempat dimana ribuan pahlawan kemerdekaan dimakamkan, taman ini juga merupakan bentuk dedikasi pemerintah Indonesia terhadap para pahlawan perjuangan.

Kamu bisa tau nama-nama pahlawan yang dimakamkan di taman ini, sebut saja Prof. Dr. Moestopo., Dr. Danudirja Setiabudi dan masih banyak lagi. Selain makam, kamu juga akan disambut oleh dinding tinggi yang bertuliskan nama-nama pahlawan yang dimakamkan.

12. Taman Lansia

  • Alamat: Jl. Cisangkuy , Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Nah, kalau yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Taman Lansia awalnya merupakan fasilitas dari pemerintah kota Bandung untuk para lansia. Tapi, sampai sekarang, nyatanya taman ini banyak dikunjungi bukan hanya dari kalangan lanjut usia saja. Mulai dari anak-anak sampai muda-mudi juga sering menghabiskan waktunya di taman rindang yang penuh pepohonan serta sungai buatan ini.

Taman Lansia tentu bisa dijadikan spot yang menarik untuk ngabuburit. Kamu bisa bersantai, nongkrong, membaca buku hingga berolahraga.

13. Kawasan Lanud Husein

  • Alamat: Husen Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 – 19.00 WIB (Mengikuti Jam operasional Bandara)
  • Harga Tiket: Gratis

Menikmati pemandangan pesawat yang terbang ataupun landing juga menarik untuk dilakukan dalam killing time saat ngabuburit. Tentu saja, tempat yang paling cocok jadi spot untuk menyaksikan pemandangan ini adalah kawasan landasan udara.

Di Bandung sendiri, spot yang cukup populer bagi orang-orang yang suka menyaksikan pesawat adalah Kawasan Lanud Husein. Bahkan, saat menjelang sore di bulan puasa, kawasan ini akan dipenuhi para pedangan kaki lima yang menjajakan takjil.

14. GOR Saparua

  • Alamat: Jl. Banda No.28, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Tidak ada anjuran untuk tak berolahraga selama bulan puasa, lho. Malah, menggerakan badan yang cukup selama puasa dapat meningkatkan aktivitas hormon insulin, jadinya tubuh akan lebih berenergi.

Bila ingin berolahraga saat puasa, kamu bisa melakukannya di GOR Saparua. Selai terletak di pusat kota Bandung, kawasan ini juga menyediakan berbagai fasilitas olahraga seperti jogging track, lapangan basket dan bulu tangkis, trek sepatu roda hingga alat-alat peraga olahraga sederhana. Gelanggang olahraga ini cukup ramai pengunjung lho, terutama pada pagi dan sore hari.

15. Teras Cikapundung dan Babakan Siliwangi

15 Pilihan Tempat Ngabuburit di Bandung yang Seru 1
  • Alamat: Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Cidadap, Bandung.
  • Jam Operasional: Senin – Kamis (10.00-20.00 WIB), Sabtu – Minggu (06.00 – 20.00 WIB)
  • Harga Tiket: Gratis

Review Teras Cikapundung BBWS

Berada di Jalan Babakan Siliwangi kamu bisa mengunjungi dua tempat seru sekaligus untuk ngabuburit yaitu Teras Cikapundung dan Babakan Siliwangi. Karena letaknya berdekatan, pastikan kamu mengunjungi keduanya. Dengan tiket masuk yang gratis, jangan heran jika tempat ini ramai sekali dikunjungi. Tentu saja! Kapan lagi liburan murah di Bandung?

Menawarkan suasana alam yang berada di tengah kota, kedua tempat ini cocok sekali untuk jalan-jalan santai melihat pemandangan dan berfoto berselfie ria. Jika waktu sudah mendekati adzan maghrib, kamu pun bisa mencari menu buka puasa di sekitar jalan Cihampelas, Cipaganti, atau Ciumbuleuit yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut.

Oh ya, di Bandung ada banyak taman-taman lainnya yang bisa dijadikan tempat ngabuburit. Untuk mengetahuinya, simak artikel 10 Taman di Kota Bandung dari Keluyuran.

Bandung menawarkan berbagai tempat-tempat menarik untuk mengisi waktu ngabuburit kamu bersama teman-teman atau keluarga. Rekomendasi tempat ngabuburit di Bandung ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata di bulan puasa bagi kamu untuk menanti adzan maghrib bersama orang terdekat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram